Setiap orang memiliki metode untuk menjaga berat badan ideal.

Mereka seringkali mengadopsi informasi tentang diet sesuai keyakinan masing-masing tanpa memahami dengan baik mekanisme kerjanya.

Direktur Jenderal Clinical Research Center di Medical College of Wisconsin di Milwaukee, Ahmed Kissebah, mengungkap salah satu mitos yang banyak dipercaya dapat meluruhkan lemak, yaitu dengan konsumsi jeruk.

Mitos yang berkembang selama ini adalah memakan buah jeruk, minum jus jeruk, atau mengonsumsi pil ekstrak jeruk membantu membakar lemak lebih cepat.

Padahal kenyatannya tidak demikian.

Kissebah, yang juga penasihat medis untuk kelompok penurunan berat badan, mengatakan, menambahkan elemen jeruk dengan porsi wajar dalam menu diet penurunan berat badan memang cukup bermanfaat.

Jeruk merupakan makanan rendah kalori yang dapat menciptakan sensasi kenyang. “Tetapi tidak ada makanan yang dapat menyebabkan lemak dibakar,” ujarnya.

Ia justru memperingatkan para pelaku diet agar tidak mengombinasikan konsumsi jeruk dengan daging, telur atau makanan mengandung lemak dan protein tinggi.


Kombinasi semacam itu hanya akan meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

Kissebah kemudian menyebut sejumlah mitos lain yang juga dianut para pelaku diet di banyak negara.

Kentang Menggemukkan


Banyak pelaku diet menghindari kentang. Padahal faktanya, kentang adalah makanan tinggi karbohidrat yang kaya manfaat.

“Kentang mengandung serat tinggi, vitamin C, dan beberapa jenis vitamin B,“ kata Kissebah.

Sebanyak 5 ons kentang yang dipanggang dan dikupas kulitnya mengandung sekitar 130 kalori.

Lebih rendah sekitar 20 persen daripada kandungan kalori dalam 5 ons nasi merah.

Sedikit makan susutkan perut

“Perut tidak dapat menyusut, tak peduli betapa sedikit makanan yang Anda makan,” kata Kissebah.

Membiarkan perut kosong hanya akan menghambat asupan nutrisi yang pada akhirnya memicu beragam keluhan kesehatan.

Makan sebelum tidur bikin gemuk

“Tidak ada bukti yang mengatakan bahwa makanan yang dikonsumsi pada malam hari menghasilkan lebih banyak simpanan kalori di dalam tubuh, daripada makanan yang disantap di siang hari,” kata Kissebah.

Yang terpenting adalah menjaga asupan kalori secara konsisten.

Salam

Referensi: Women’s health

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

60 responses »

Comment navigation

  1. ini baru pelangsing tubuh alami… mantab

    alami dan tanpa efek samping🙂
    salam

  2. kamil010290 says:

    nice info..
    makasih bunda..

    alhamdulillah, terimakasih juga🙂
    salam

  3. Asop says:

    Benar sekali Bunda, menjaga asupan kalori itu penting. Kalo saat malam hari, kita kan gak terlalu beraktivitas, jadi asupan kalori dikurangi lah.😀

    Setuju Sop, jadi lihat kebutuhannya juga ya🙂
    salam

  4. saya termasuk suka makan jeruk namun berat badan tetap saja tidak berkurang, tak begitu hirau tentang isu jeruk pelangsing tubuh

    yg penting tetap sehat ya Mas Narno🙂
    salam

  5. Kakaakin says:

    Hehe… ternyata banyak hal yang kita dengar selama ini ternyata cuma mitos ya, Bund😀

    hehehe….. ternyata gitu ya Kakaakin🙂
    salam

  6. Saya juga sedang menjalankan diet bunda,,, mitos itu juga yang harus dihindari… Karbohidrat, protein, lemak adalah makanan yang kita butuhkan,,, ternyata ada waktu dan jumlah asupan yang tepat untuk memakan ketiga jenis nutrisi tersebut. Alhamdulillah sudah tiga bulan ini saya sudah turun 8kg… tanpa olahraga rutin, Hanya jalan cepat di pagi hari selama 30 menit.

    Selamat ya Mbak Heny………..
    sukses dgn dietnya yg seimbang🙂
    salam

  7. Oyen says:

    Bunda, ini mah resep pas buat jenab, moga dia bisa melaksanakan dengan penuh kesungguhan🙂

    untuk Munaroh dan Oyin juga,Mbak Oyen🙂
    salam

  8. hohoho … makan malam jadi engga apa-apa yah …

    iya, asal tetap seimbang porsinya dgn olah raganya🙂
    salam

  9. Apakah juga bisa untuk diet? lemak jenis ini juga kah yang dimaksud?

    diet yg seimbang antara asupan dan olah raga
    adaalah yg terbaik🙂
    salam

  10. tutinonka says:

    Kalau yang pernah saya baca, yang bisa melarutkan lemak adalah apel. Tapi mungkin itu juga salah ya, Bunda?

    Ohya mohon maaf, apakah benar kentang seberat 5 ons hanya menghasilkan 130 kalori? Saya bayangkan, 5 ons (0,5 kg)itu banyak, dan 130 kalori itu kok sedikit ya …
    Kalau memang benar, berarti kentang memang cocok untuk diet …🙂

    yuuuk…. kita sering makan kentang Mbak Tuti🙂
    salam

  11. yusami says:

    berarti saya udah salah dunk….pantesan nggak turun-turun berat badan dengan banyak ngonsumsi jeruk.

    hehehe…… hrs tetap seimbang porsinya ya Mas🙂
    salam

  12. bunda, es jeruk satu ya. dibungkus, hehehe

    minum disini saja Agung😀
    salam

  13. BlogCamp says:

    Makin banyak memmbaca kadang malah membuat bingung ha ha ha ha. Banyak hal2 yang tak kita ketahui tentang kesehatan sehingga kita sering keliru memahaminya, apalagi terpengaruh oleh madzab2 “katanya…katanya..”.

    Akhirnya saya berkesimpulan bahwa makanan dan olahraga secara proporsional akan bagus bagi kesehatan.

    Tahun 1971-1974 adalah masa-masa dimana saya pada posisi postur badan yang langsing. Mengapa ? Makanan banyak tetapi tenaga kami terkuras untuk belajar dan berlatih. Lha habis makan kami harus lari kok mbak…hawanya lapaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaar terus je. ha ha ha ha.

    Jadi kalau mau langsing ya banyak lari….maksudnya olahraga…jangan langsung tidur. Gitu kaleeeeeeee.

    Minum jus jeruk setelah makan udang katanya juga gak boleh….bisa mati atau apa gitu…kok jadi malah takut.

    Lha kalau ada jamu susut perut itu gimana mbak ?? Perut ayam kaleeee ya

    Terima kasih atas infonya.
    salam hangat dari Surabaya

    setuju banget kalau soal itu PakDhe.
    selama kita makan dgn porsi yg seimbang , cukup kebutuhan gizi, juga olah raga.
    pastinya tubuh proporsional ya🙂
    contohnya : lihat aja PakDhe, dah punya cucu 3 , tapi khan tetap okeh gitzu lhoo………😀
    salam

  14. Rita Susanti says:

    Karena mitos yg terakhir itu Bund (makan malam menyebabkan gemuk), maka saya berusaha untuk tidak makan berat kalao malam, kalau lapar paling makan yg ringan2 aja seperti buah atau gorengan hehehe…

    padahal makan malam, gak menyebabkan gemuk,
    yg penting porsinya seimbang, tdk berlebihan ya Mbak🙂
    salam

  15. Info kesehatan yang amat penting,, menambah khasanah ilmu saya tentang kesehatan dan gizi Bunda🙂

    SAlam semangat selalu

    Alhamdulillah, Mas Joe, semoga bermanfaat🙂
    salam

  16. Hariez says:

    setahu saya juga, jeruk itu buah yang mengandung vitamin c aja Bun untuk kelebihan lainnya, belum tahu Bun..padahal hampir tiap hari saya makan jeruk:mrgreen:

    senang sekali bisa menyapa Bunda lagi di sini😀

    salam hangat

    Apa kabar Mas Riez?
    senangnya didatangi sahabat lama😀
    yg penting , seimbang gizinya ya Mas🙂
    salam

  17. Irawan says:

    kayanya sangat bertentangan dengan penelitian yang sudah dilakukan para peneliti lain… entah mana yang benar… karena aku sendiri makan tidak peduli dengan ukuran perut…

    yang benar pastilah hasil penelitian para ahli yg bertahun2 itu
    dibanding dgn mitos2 🙂
    salam

  18. saya mah gak pernah diet bunda, soalnya gak punya masalah dengan lemak😀
    kalo saya diet makin kurus nie badan😀

    enak dong, yg penting sehat , kurus atau gemuk gak maasalah ya🙂
    salam

  19. TuSuda says:

    Iya bunda, konsumsi makanan harus bergizi dalam porsi yang seimbang, agar tetap ideal berat badannya.

    jadi, betul ya yg bunda tulis disini, Bli dokter?🙂
    salam

  20. ummumarwa says:

    bunda pernah baca ‘Gadis Jeruk’?
    novel karya Jostein Gaarder.. bagus sekali bunda
    ga nyambung ya bunda…🙂

    belum baca Ummu😦
    nanti mau cari dan beli deh di gramedia
    terimakasih utk infonya ya Ummu sayang🙂
    salam

  21. fety says:

    wuah baru tahu ttg fakta ini, bundo. btw, tampilan wp yang baru ini mmg bisa dibuat untuk menyembunyikan komentar yah, bund? atau ditambahkan pernak=pernik yang lain, bund? pengen tahu..

    gak kok Mbak, sama saja dgn yg theme yg lainnya.
    caranya: masuk ke dasbor, klik tool,pilih diskusi, disitu bisa di centang pilihan utk menyembunyikan komen .
    semoga bunda nerangin nya jelas ya🙂
    salam

  22. dykapede says:

    Yang ini yang banyak dicari oleh saya “proses penggemukan badan”😀 tink tink…

    tukeran yuk…. kalau mau gemuk😀
    salam

  23. Selama ini kita beranggapan, jeruk bisa membakar lemak mungkin karena ada rasa asam pada jeruk. Bermanfaat Bunda, untuk merubah anggapan yang kurang tepat selama ini.

    alhamdulillah, terimakasih ,Mas Nanang🙂
    salam

  24. Ian says:

    terlepas dari menggemukan ato tak, saia tetap suka jeruk🙂

    krn segar dan menyehatkan ya🙂
    salam

  25. aguskusuma says:

    klo saya paling sering minum jeruk hangat, Bundo.
    bkn karen diet, tapi karena suka aja

    wah, asik juga sih kalau jeruk hangat,
    bunda juga suka Mas Agus🙂
    salam

  26. vizon says:

    wah… berarti minum perasan jeruk di pagi hari bagi yang diet tidak bisa dibenarkan dong bunda…? saya pernah tuh disarankan untuk meminum itu di pagi hari sebelum makan apapun…

    terima kasih bunda atas infonya

    tapi gak sampai jadi sakit perut kan Nyiak?
    salam

  27. dwiewulan says:

    ternyata…. suka salah inpo… tx bun..
    salam kenal….
    aku add link ya…

    salam kenal juga Wulan
    silakan, kalau mau add link ini🙂
    salam

  28. citromduro says:

    kalau saya mengkonsumsi jeruk bisa tambah kurus bunda

    masa’ sih ? gitu ya Mas Citro
    jadi dikurangi aja biar gak tambah kurus🙂
    salam

  29. walah bunda… saya justeru malah mau gemuk bukan mau kurus… cara supaya gemuk neh badan gimana yaa bunda…😛 hehehe

    terima kasih bunda buat artikel nya bagus dan sangat berguna bagi org yang belum tw tentang mengkonsumsi jeruk ^^

    heheh………….kita tukeran yuk !😀😀 ( si bunda ndut nih )

    salam

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s