4 sehat 5 sempurna

pic. courtesy of : tipsdiets.org

Masihkah masyarakat salah kaprah dalam memahami slogan ”4 Sehat 5 Sempurna?
Salah satu penyebabnya adalah adanya buku pelajaran yang salah menjelaskan konsep pola makan sehat.
Mereka tahu vitamin itu penting, tetapi ternyata masih saja ada yang berpendapat, buah-buahan yang murah tidak bervitamin, sementara buah mahal itu bervitamin.
Yang paling mengkhawatirkan, ada juga yang berpendapat bahwa hanya dengan mengkonsumsi susu saja sudah cukup dan lengkap.

Ada sebagian dari kita tidak menganggap sumber karbohidrat selain nasi bisa dikonsumsi untuk menggantikan nasi.
Mi, misalnya, sering juga dianggap sebagai lauk .

Masyarakat kitapun jarang atau bahkan tak pernah mendapatkan penjelasan, bahwa diet seimbang meliputi olahraga, atau minum banyak air.
Ada beberapa buku menyatakan, anak harus minum susu karena kandungan gizi sayur berkurang saat dimasak.
Hal demikian bisa menimbulkan kesan, kandungan gizi susu tak berubah saat dimasak,.

Abstrak

Slogan “4 Sehat 5 Sempurna ” adalah konsep gizi paling dikenal masyarakat dan memberi arahan tentang pola makan sehat.
Konsep diet seimbang terlalu abstrak, teknis, juga bagi para ahli gizi.
Kita selalu mengatakan, ibu hamil harus jalani diet seimbang, penderita penyakit tertentu jalani diet seimbang.
Lalu apa pengertian diet seimbang ?
Jangan-jangan itu istilah yang tidak berarti apa-apa.

Saya bukannya menolak pelurusan pemahaman pola makan dan hidup sehat, tetapi para ahli gizi seharusnya memberi arahan pola hidup yang lebih konkret daripada memakai istilah ” diet berimbang ”.
Saya juga tidak mengatakan konsep 4 Sehat 5 Sempurna itu sudah bagus.
Namun, membuang konsep 4 Sehat 5 Sempurna dan menggantinya dengan konsep diet seimbang justru membingungkan.

Menurut saya istilah diet seimbang tidak memberikan acuan perilaku apa pun.
Adapun 4 Sehat 5 Sempurna setidaknya memberikan arahan perilaku.
Mungkin pengertian ’5 Sempurna’ itu yang perlu diganti, agar tidak menimbulkan persepsi, tidak minum susu itu tidak sehat.

 

 

 

Salam

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

31 responses »

  1. saya sih melihat 4 sehat 5 sempurna itu masalah keseimbangan intinya, biar tetep sehat sih,.. anyway just my opinion..

    • Keren says:

      Kurang nyambung bro, bunda bicara tentang masalah manajmen istilah, aku setuju kalau istilah diet seimbang memang justru jadi istilah yang ambigu dan cendrung abstrak yg mungkin banyak orang ngucap aja tapi dalam tataran praktisnya ndak jelas maknanya, jadi memang istilah 4 sehat 5 sempurna lebih aplikatif dan jelas makananya.

  2. Rio Saswono says:

    4 sehat 5 sempurna,wow…!!! sudah menjadi sesuatu yang wajib sepertinya. Tapi sayang masih banyak sekali saudara-saudara kita yang hanya bisa mendengarkan slogan yang hebat ini,namun untuk bisa menikmatinya sepertinya menjadi sesuatu yang sangat sulit sekali,miris…!

  3. Ardhi says:

    Setuju dengan kalimat berimbang untuk urusan gizi. Selain makanan, pola makan juga menjadi hal yang patut diperhatikan. Terkadang masalah utama disini, seperti susah menahan makan menjelang tidur.

    baju mango terbaru

  4. tata says:

    menurut saya slogan 4 sehat 5 sempurna itu udahh bagus tetapi mungkin masyarakat indonesia belum menerapkan dikehidupan sehari-hari. apalagi jika orang tua memiliki anak yang tidak suka memakan buah-buahan ataupun sayur-sayuran yang membuat bingung orang tua bagaimana asupan makan yang sehat untuk si anak.

  5. sekarang kan sudah ganti dengan nama : Gizi Seimbang, no more 4 sehat 5 sempurna hehe

  6. Maman Achman says:

    Menurut saya slogan 4 sehat 5 sempurna sudah bagus, hanya saja masyarakat kita belum mampu menterjemahkannya dengan baik, masih terpaku pada yang ada di slogan tersebut. Padahal masih banyak variasi-variasi menu lain yang bisa dibuat sendiri sesuai kemampuan masing-masing.

  7. Sunny says:

    iya nih bener.. terutama masih banyak sekali masyarakat yang makan mie sebagai lauk (saya pun terkadang masih melakukannya) terutama indomie.. padahal hal tersebut malah menjadikan tubuh kelebihan karbohidrat.. thank you infonya

  8. 4 SEHAT 5 SEMPURNA
    biar ttp sehat dan sempurna makanya lbh update lg ilmu nya.
    artikelnya bagus bu bermanfaaat bgt.

  9. Sepertinya akan terus salah kaprah ttg 4 sehat 5 sempurna apabila dari pendidikan yg mengenalkannya tidak di update ilmunya. karna saya ingat dl mengenal kata- kata 4 sehat 5 sempurna saat di bangku TK.

  10. Tausiah.us says:

    Kebanyakan masyarakat menilai semua itu dari luarnya saja bun, contohnya saja jika ada iklan tentang makanan instan yang memiliki kandungan yang sama dengan 4 sehat 5 sempurna, maka banyak di antaranya beralih pada makanan instan tersebut dan meninggalkan makanan pokok, padahal makanan pokok itu yang paling di perlukan bagi tubuh…

  11. Cuculutus says:

    sekarang masyarakat sudah semakin mengerti bahwa 3 sehat 5 sempurna tidak berlaku lagi. makasih atas infonya bunda

  12. iya kadang saya juga bingung menerapkan slogan 4 sehat 5 sempurna dalam kehidupan sehari hari, apalagi sekarang ada istilah diet seimbang makin bingung jadinya, seharusnya hal ini di jelaskan oleh para pakar gizi dan disosialisasikan secara masiv.

  13. Masih banyak masyarakat kita yang selalu mengkonsumsi mie sama nasi, padahal mereka tahu bahwa memakan mie sama nasi itu tidak baik bagi kesehatan.

  14. dalam hal ini saya sedari kecil bukan bukan penikut pakem 4 sehat 5 sempurna,kalau memang ada yang salah dengan itu ya sukurlah..

  15. emir says:

    menurut saya kalo dari nasi itu sudah berkarbohidrat tinggi jadi untuk penyeimbangnya tinggal kita beri lauk yang mengandung protein seperti daging ikan dsb.
    dan berbagai macam vitamin nya kita tinggal makan lauk pauk sayur2an yang bening hehehe

  16. Informasi yang menarik untuk diketahui..
    Terima kasih

  17. online says:

    Benar itu, saya juga beranggapan 4 sehat 5 sempurna itu cukup dengan mengkonsumsi susu dan vitamin, heheee.

  18. makasih admin untuk infonya,,, diet seimbang sangat sulit bagi saya soalnya dalam mengatur pola makan yang sangat susah,,,

  19. Terima kasih infonya. Untuk saya sangat sulit menerapkan diet seimbang dan olah raga teratur. Ada tips makanan murah apa yang baik untuk diet seimbang dan porsinya seperti apa?

  20. absolutely!! jangan lupa olahraga hehe

  21. aprab says:

    Setuju untuk statement ‘5 sempurna perlu diganti’… ada beberapa orang yg alergi susu. Dan (mungkin) ada beberapa alternatif makanan atau minuman yg nutrisinya setara susu tapi harga murah pastinya.

  22. cincin kawin says:

    4 sehat 5 sempurna , selogan itu hanya berlaku pada usaia dini antara umur 6 tahun – 20 tahun atau lebih, jika orang pada usia lanjut 4 sehat 5 sempurna sudah tidak berpengaruh, karna pada usia lanjut orang terlalu banyak pantangan makanan dan menjaga pola makan se minim mungkin, kesimpulanya 4 sehat 5 sempurna hanya bisa di terapkan pada masa pertumbuhan, ma’af hanya berkomentar jika salah mohon di koreksi. terima kasih.

  23. sobat bv says:

    saya nggak suka minum susu sehat-sehat jha, yang penting air putih jangan sampe ketinggalan…

  24. Susilo says:

    thanks infonya
    emang betul, harus tau konsep dan persepsi makan yg bener

  25. seovenia says:

    setuju sekali bunda.. memang dalam memahami itu memang sangatlah luas sekali..

  26. pakmay says:

    Tulisan yang mencerahkan bunda, tapi dilapangan masih banyak saya temukan bukan pada permasalahan 4 sehat 5 sempurnanya melainkan untuk mendapatkan 4 sehat masih menjadi permasalahan pada sebagian besar masyarakat kita.

    Salaman.

  27. Terima Kasih Infonya Mba

  28. Dalam 4 sehat 5 sempurna tidak terdapat olahraga ya? padahal olahraga itu penting🙂

  29. Dandy says:

    Dari Masih kecil sudah terdoktrin 4 sehat 5 sempurna😦

  30. mengenai obat diet yang saya sudah rasakan itu selalu ada implikasinya kalau dak sakit perut dan pusing, sebenarnya obat diet yang efektif dan tidak ada efek samping selain olah raga itu apa ya…

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s