Kopi tidak baik untuk kesehatan.

Rasanya anggapan ini sudah melekat di pikiran banyak orang.

Namun, kopi sudah menjadi minuman tradisional di berbagai negara di dunia sejak berabad-abad lamanya.

Apakah yang membuat nenek moyang kita memilih biji-bijian ini sebagai minuman?

Dan mengapa generasi nenek moyang kita relatif lebih terhindar dari penyakit-penyakit degeneratif?

Tidak ada warisan leluhur yang benar-benar jelek dan merusak.

Begitu pula dengan kopi.

Keburukan yang diekspos selama ini telah menutup kebaikan yang dimiliki minuman harum ini.

Kopi mengandung asam klorogenat (chlorogenic acid) yang bersifat antioksidan dan dapat mencegah diabetes.

Asam klorogenat berperan dalam memperlambat pelepasan glukosa di aliran darah, sehingga kenaikan gula darah dapat terkontrol dan produksi insulin tidak berlebihan.

Sebagai antioksidan, tentu Anda sudah hafal benar apa manfaatnya.

Ya, antioksidan berfungsi untuk menangkal kanker dan memperlambat penuaan pada kulit.

Tidak heran bukan kalau nenek moyang kita dulu tidak terlalu bermasalah dengan kulit dan penyakit kanker?

Segala sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik untuk kesehatan.

Ini yang harus Anda ingat dalam mengonsumsi makanan, termasuk untuk minum kopi.

Kafein yang didakwa menyebabkan penyakit jantung koroner dan stroke ternyata tidak terlalu bermakna jika dibandingkan rokok dan alkohol.

Untuk mengganggu irama jantung dibutuhkan jumlah kafein yang setara 8 gelas kopi atau lebih dalam sehari.

Sebagaimana pada teh, kafein juga dipercaya mampu menurunkan berat badan.

Jika kafein pada teh masih dianggap baik, mengapa tidak pada kopi?

Jangan khawatir, Anda boleh mengonsumsi kopi maksimal dua cangkir per hari (@125ml).

Tentu saja tanpa whipping cream, float dan gula yang berlebihan.

Jadi……..selamat menikmati kopi anda……

Salam

Referensi : medicine.net

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

58 responses »

Comment navigation

  1. Teppy says:

    wow… kopi memang mantaaaaabbb…
    thank you Un… sangat menarik d baca n yg pasti mementahkan anggapan bahwa kopi minuman berbahaya…

  2. Rully says:

    klo saya langganan “kopi aroma” khas kota Bandung.
    paling suka yg robusta.
    yup ternyata kopi banyak manfaatnya.
    konsumsi kopi yang penyajiannya alami.
    tau sendiri sekarang bertebaran aneka kopi dalam kemasan dengan berbagai merek yg dicampur cream, coklat, susu, dsb.
    makanya saya lebih suka tuk berlangganan “kopi aroma” saja.
    pernah saya posting di http://rullyeist.wordpress.com/2010/08/08/nikmatnya-kopi-aroma/

    emang enak ya kopi aroma , Rully?
    krn kalau ke bandung, ponakan bunda selalu nawarin minum kopi aroma,
    dan bunda tetep keukeuh , minum kopi tubruk K**** A**…hehehe….. 🙂
    kalau gitu lain kali, boleh deh nyobain 🙂
    salam

  3. citromduro says:

    kalau saya mungkin lebih dari 125 ml perhari bun
    tapi terkadang kopi bikin malas makan, itu yang menjadi kopi efeknya kurang baik terutama buat perokok yang suka ngopi dan malas makan seperti saya
    apalagi kopi paste 😀 😀 D:
    salam dari pamekasan madura

    yang paling enak kopi darat ya Mas Citro 😀 😀
    salam

  4. Nandini says:

    Saya punya aritmia, dan kopi hanya akan membuat denyut jantung saya makin tidak stabil.. jadi saya menghindari kopi Bunda… Kalo ada yang memberi saya oleh2 kopi lampung akhirnya saya berikan sama sahabat saya di Malang yang cinta mati sama kopi. 🙂

    gak usah dipaksakan kalau memang banyak mudhartanya dr pada manfaatnya Dini 🙂
    salam

  5. depz says:

    *langsung ke dapur nyeduh kopi* 😀

    sekalian utk bunda juga dibuatin khan ? 🙂
    salam

  6. Kedai Obat says:

    Alhamdulilah, banyak juga temannya sekarang 🙂

    jadi bisa ngopi rame2 ya 🙂
    salam

  7. Kedai Obat says:

    Alhamdulilah, saya jai tidak takut lagi minum kopi sekarang. Selain memang takarannya cuma 2 gelas, 125ml perhari, teman2 Blogger juga banyak yg minum Kopi.. Hehehe (Btw Bunda Juga Kan??)

    Ya Mas Andi, bunda minum kopi cuma sekali sehari pagi hari saja
    salam

  8. aldy~PF says:

    Dua cangkir satu hari? mana cukup bunda…

    utk Mas Aldy perlunya berapa cangkir dong ?
    mau nambah ya ………. boleh deh …….. 🙂
    salam

  9. hudaesce says:

    Terima ksih untuk info nya Bunda……..,

    sama2 Huda, Huda ngopi juga khan ? 🙂
    salam

  10. nanaharmanto says:

    Saya suka harum aroma kopi…. tapi sayang, saya nggak bisa minum kopi lagi… hiks, jantung jadi berdebarab nggak karuan, Bunda… 😦

    banyak juga kok Mbak Na orang yg cocok minum kopi,
    jadi ya jangan dipaksakan 🙂
    salam

  11. penghuni60 says:

    alias kopi pahit ya bunda???
    aku jg suka kopi tuh…
    slm knl bwt bunda, kunjungan pertamaku disini

    salam
    Penghuni60

    salam kenal juga………….
    terimakasih sudah mampir disini 🙂
    salam

  12. Oyen says:

    Oyen juga demen kopi Bun, tapi Kopi kagak demen ma Oyen 😦

    habisnya bau jengkol siy ,Mbak Oyen………….. :mrgreen:
    salam

  13. yayat38 says:

    alhamdulillah sudah bisa mengurangi. Kesimpulan diakhir agak menyejukkan Bun. Sekarang 2 gelas walau harus kental hihi. Awalnya saya menghabiskan 5 gelas sehari … sekali lagi alhamdulillah bisa mengurangi.
    Trims Bunda
    Salam hangat selalu 🙂

    wah, hebat Kang, bisa mengurangi dgn jatah yg turun drastis gitu 🙂
    perlu bunda tiru…………. (* kapan ya?*) 🙂
    salam

  14. ihsan says:

    Bunda, saya sangat merasakan manfaat kopi buat memaju konsentrasi dan semangat kerja.

    Alhamdulillah, rupanya Ihsan cocok minum kopi ya 🙂
    asal jgn terlalu banyak ya Ihsan 🙂
    salam

  15. fety says:

    bund, fetty ttp gak suka kopi karena klo habis minum kopi jantungnya berdebar-debar. jadinya mmg tidak pernah minum kopi lagi 🙂

    wah, padahal bunda paling suka tuh kopi susu di Jepang,Mbak Fety 🙂
    gurih dan enak rasanya ……………
    salam

  16. dina.thea says:

    Jarang minum kopi :D, kadang suka sugesti, minum kopi, langsung sakit perut

    bisa sugesti, bisa juga memang lambungnya gak tahan ya Dina 🙂
    salam

  17. hahaha…izinkan saya tertawa dulu ya bunda…ini akibat kopi yang saya minum jam 9 kemaren malam..jadi sekarang saya belum tidur..padahal nanti itu saya kuliah jam 7 pagi..hahahaha

    hussst………….udah dong ketawanya…………..ayo sana tidur…………
    katanya mau kuliah pagi…………. 😛
    salam

  18. akhmad fauzi says:

    Wah saya post koment nya habis minum kopi jadi ga bisa tidur – tidur bund…salam

    hehehe…………….ya terang aja, khan baru bangun tidur bukan, Akhmad ? 😀
    salam

  19. 'Ne says:

    wah jadi kepingin mencicipi kopi.. sebenarnya selalu tergoda dengan bau harumnya tapi saya kena magh jadi taku kalo mau minum kopi dan lagi biasanya dada jadi berdebar2 dan gak bisa tidur.. benar2 belum bersahabat dengan kopi.. tapi mungkin sekali waktu boleh juga sedikit2 ya Bunda ya hehe..

    gak usah dipaksakan ‘Ne , kalau memang lambungnya gak bisa menerima…………….
    cium harumnya juga cukup khan ? 🙂
    salam

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........