Tugas Pemandu Lalu lintas Udara (ATC=Air Traffic Control) yang tercantum di dalam Annex 2 dan Annex 11 Konvesi Chicago 1944, adalah ; mencegah tabrakan antar pesawat udara, mencegah tabrakan pesawat udara dengan obstacle, mengatur arus lalu lintas pesawat udara yang aman, cepat dan teratur.

Di dalam operasional penerbangan, salah satu bagian penting adalah peran pengatur lalu lintas penerbangan. Air Traffic Service atau pelayanan lalu lintas udara adalah pemanduan dan pengaturan pesawat terbang yang diberikan Air Traffic Control (ATC) dengan jalur khusus.

Layanan tsb berlaku untuk pesawat di ground atau yang sedang terbang/melintas dengan menggunakan jalur yang telah ditentukan.

Guna mendukung kelancaran pelayanan lalu lintas penerbangan, pada setiap pesawat udara dan bandara yang beroperasi harus dilengkapi dengan fasilitas komunikasi yang memadai.

Fasilitas komunikasi penerbangan tsb digunakan untuk komunikasi antara pengatur lalu lintas dan pilot/pesawat, selain itu, antara petugas lalu lintas udara dengan unit lain di bandara tsb maupun dengan petugas pengatur lalu lintas udara di  bandara lainnya.

air traffic control tower

Memang banyak yang  tidak tahu apa itu ATC. Sungguh ini suatu hal yang wajar, melihat tempat kerjanya yang berada di restricted area (daerah terbatas) di bandara manapun di dunia.

Bila anda mengantar saudara atau anda sendiri akan bepergian dengan menggunakan pesawat udara, anda akan dapat mudah menemukan bangunan tertinggi di bandara yang biasa disebut Menara Pengawas Lalu Lintas Udara.

Salam

Dari : Majalah Dirgantara dan FAA.

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

48 responses »

Comment navigation

  1. taruni says:

    i love ATC, and i’m the next ATC 😉

  2. farida says:

    bunda… apakah kemampuan di bidang Teknik komputer dan jaringan bisa membantu memahami cara kerja ATC?
    kalo matematika gmn?

  3. Frans says:

    keren bunda,,
    bunda tinggal dimana ya…?
    bun,saya baru lulus tes di ATKP surabaya nih bunda jurusan komunikasi penerbangan,,setau saya sih kan ada dua tuh,yang 1 PLLU (Pengatur Lalu Lintas Udara) kalo ga salah..
    nah,yang KP (komunikasi penerbangan) kan berhubungan langsung ke pilot ya bun,trus yang LLU brhubungan ke BMKG (meteorologi dan geofisika) atau lebih jelasnya gimana ya bunda…?
    mohon penjelasannya bunda…
    trus bunda punya gak sedikit buku pelajarannya atau kalau ada yg bisa di downloat bunda,biar saya bisa belajar sedikit sebelum masuk asrama…
    makasih bunda

  4. ardim says:

    I’m an ATC IAF,.. salam bwt para ATC / ATC IAF seluruh indonesia….

    • ardim says:

      saya bangga jadi ATC,. pekerjaan yg sangat mulia n menantang.. !! tetaaapp semangaaaaadd.. =)

  5. Aris Samsidi says:

    Ass.wwb.Saya tadinya menyangka Bunda lulusan dari Curug ATC Angkatan berapa gitu.Tenyata mantan dari dunia penerbangan bidang lain. Salut atas usaha mengenalkan profesi ATC. Mereka bekerja dibelakang layar,untuk menciptakan penerbangan yang aman teratur dan effisen.

    Salam dari pensiunan ATC Soekarno- Hatta.

    tulisan ini hanya sekedar ingin berbagi saja kok,Mas.
    oh ya kok gak ada alamat URL nya ya ?
    bunda jadi gak bisa berkunjung balik, Mas 🙂
    kita sama2 pensiunan dr dunia penerbangan ya ternyata 🙂
    salam

  6. rainbroccoli says:

    Sungguh tugas yang sangat berat dan mulia ya Bun… 🙂

  7. kyaine says:

    terjadi kesalahan sdikit saja bisa berakibat fatal ya bun. tentunya awak pesawat hrs mengikuti komando ATC spy penerbangan aman

  8. kakak saya seorang ATC bunda… menurut saya itu sebuah profesi yang memerlukan tanggung jawab besar dan perhitungan yang tepat… Sepertinya saya gak cocok jadi ATC… hehehe…

    dan juga tingkat stress yg tingggi lho 🙂
    salam

  9. sangsaka says:

    kira2 kalo supermen ketangkep radar ATC nggak ya Bun? 🙄

    gatotkaca aja ketangkep di ATC ,Kang 😀
    salam

  10. sangsaka says:

    kirain kalo di angkasa bisa terbang bebas Bunda… taunya ada juga yang ngatur… 😆

    kalau burung boleh bebs Kang 🙂
    salam

  11. munir ardi wp says:

    xd juga sampai setua ini belum pernah naik burung besi hkkss

    besok2 khan masih bisa Mas 🙂
    salam

  12. roxas doang says:

    he he he
    sekedar baca menarik
    jujur aku blom pernah ke bandara int
    (kok Curhat…^_^)

    Homepage [ <a href="http://blog.unand.ac.id/deswandhi084 ]

    mudah2an besok bisa sering ya Mas 🙂
    salam

  13. jumialely says:

    berkat mereka saya bisa terbang dengan aman bun….

    alhmdulillah, begitu berat ya tanggung jawab mereka ,Mbak 🙂
    salam

  14. monda says:

    pasti monitor di sekelilingnya banyak banget ya bun,
    ada berapa ATC di bandara internasional Bun, satu saja cukupkah?

    layarnya memang banyak, dan tiap orang bertanggung jawab pd monitor nya masing2 Mbak Monda.
    disetiap Bandara cukup hanya satu saja ATC nya 🙂
    salam

    • yoed says:

      salam mbak, sekedar meluruskan yg blm lurus, suatu ketdk lurusan klo bilang cukup 1 atc untuk 1 bandara. apa hrs ditongkrongin trs selama operation hours sendirian?? yg 2 jam ngontrol aja sdh rasa bebusa mulut, jumlah atc suatu bandara biasanya disesuaikan dgn jumlah pergerakan/traffic di bandara tsb dan hingga saat ini di beberapa bandara msh kekurangan sdm atc, mohon maaf klo bahasa sy kurang berkenan, sekedar biar ngga terlalu tegang, please check matsc.com for further info, tks.

Comment navigation

Leave a reply to ardim Cancel reply