12003197_10153585045428048_6750058358433812242_n

Judul : The Z’s Signatures
Penulis : Suse Herleni
Genre : Memoar
Halaman : 102 halaman
Penerbit / tahun: Indie,  2015.

Seperti kebanyakan buku yang bertemakan memoar, disini penulis dengan runtun mencoba memaparkan bagian demi bagian dari segala kegiatan sang tokoh yaitu Ayahanda penulis sendiri, yaitu Zumaidy.
Dan, dari sini pulalah akhirnya buku memoar ini menyandang judul “The Z’s Signature” .
Dimulai dengan tulisan mengenai peran Ayahanda sebagai pribadi, sebagai seorang suami, sebagai seorang Ayah dan juga sebagai seorang Kakek.

Ketika membaca buku ini, kita akan merasakan betapa hampir dari kita semua berharap,  mempunyai sosok seorang Ayah seperti Zumaidy.
Zumaidy dimata anak, istri, keponakan, menantu dan kerabat juga sahabat sahabat nya adalah sosok yang pantas untuk dijadikan teladan, karena mempunyai karakter dan kepribadian yang mandiri dan positif.

Sebagai anak rantau ( Sumatera selatan), tokoh Ayah ini digambarkan bersusah payah untuk menjadikan pendidikan adalah hal yang paling utama dalam hidup.
Yang mendedikasikan hampir seluruh hidupnya untuk berjuang , bukan hanya demi keluarga tercinta, namun juga untuk orang orang dekatnya. Perjuangan dalam memenuhi kebutuhan ilmu dan pendidikan sangat di nomor satukan dalam keluarganya.

“Lum tiduh, lah mimpi” ( belum tidur, sudah bermimpi) adalah ungkapan bahasa daerah yang cukup sering dilontarkan oleh Zumaidy, untuk mengungkapkan sesuatu yang telah diprediksinya.
Ungkapan ini menurut saya , sebagai salah satu penyemangat dalam kita memperjuangkan sesuatu yang menjadi tujuan (goal) dalam hidup.

Perjalanan hidup Sang Ayahanda Zumaidy diharapkan bisa menjadi inspirasi, bukan hanya bagi anak , menantu dan cucunya saja, namun juga bagi siapapun yang berkesempatan membaca buku ini.
Tampak sekali disini, betapa penulisnya berusaha menguraikan sosok Sang Ayah dalam bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti. Buku ini sangat ringan dibaca , tidak perlu mengerutkan kening untuk memahami kalimat kalimat yang tertuang didalamnya.
Mungkin yang bisa saya jadikan masukan untuk buku ini, masih ada beberapa kata/istilah atau bahasa daerah asal sang penulis, yang tidak seluruhnya mudah dipahami, jadi sebaiknya diberikan arti dalam bahasa Indonesia yang umum, agar memudahkan pembaca untuk mengerti.

Selebihnya, buku ini sangat menarik, dan layak untuk dibaca oleh siapapun.

Salam

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

2 responses »

  1. Titik Asa says:

    Jadi penasaran dgn keseluruhan buku ini nih Bunda,
    Coba saya cari di toko buku deh. Makasih reviewnya…

    Salam,

  2. Suse hereleni says:

    Terima kasih banyak karena
    sudah menyempatkan membaca buku The Z’s Signatures dan membuat reviewnya. It’s an Honor for me to have your review on my first book. Doaku selalu menyertai Bunda. Semangat terus ya Bunda 😘 #hugs

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s