Ramadhan_1434

Courtesy of :travelumrohhaji.net

 

Dalam menjalankan  ibadah puasa,  kita perlu menjaga agar kondisi kesehatan tetap prima.
Jika kesehatan tubuh kita tidak prima, kita mungkin akan “kewalahan” dalam menjalankan ibadah puasa.
Cuaca sekarang ini agak tidak menentu, kadang kalau panas, panasnya luar biasa.
Tapi bisa juga tiba tiba hujan turun dengan deras sekali..
Jadi, kita harus cermat dalam menjaga kondisi kita yang dalam keadaan lapar dan dahaga.

Nah, bagaimana cara menjaga kesehatan saat Puasa yang baik dan benar ?.
Kadang jika sedang berpuasa kita inginnya makan yang banyak biar besok siangnya tak terasa  lapar.
Metode seperti itu apakah benar atau justru malah salah? mari kita baca bersama-sama di bawah ini :

Cara Menjaga Kesehatan Saat Puasa

– Air Putih
Ketika kita berpuasa di disiang hari, tentu kita kekurangan cairan.
Maka dari itu kita juga harus mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh saat kita tak berpuasa atau di malam hari.
Pastikan kebutuhan cairan sudah terpenuhi, normalnya kurang lebih 8 gelas sehari.

– Konsumsi Buah Dan Sayur.
Perbanyak konsumsi buah atau sayur.
Karena makanan ini bisa mencukupi kebutuhan gizi dan vitamin kita.
Utamakan makan sayur dan buah saat sahur, hindarkan minum kopi atau minuman yang bersoda.
Karena minuman yang mengandung kafein dapat memicu tubuh untuk mengeluarkan  cairan di siang hari,  yang berakibat kita menjadi mudah dehidrasi.

– Menu Sehat
Jangan lupa untuk mengatur menu sehat,  baik saat buka puasa maupun saat sahur.
Menu sehat ini akan sangat membantu  dalam menjalankan ibadah puasa.
Menu sehat sangat banyak sekali dan sangat mudah ditemukan.
Silahkan tentukan sendiri menu sehatnya tergantung selera, yang penting masih memperhatikan kaidah kesehatan makanan.

– Olahraga Cukup
Meskipun sedang puasa, kita harus tetap berolahraga .
Olahraga bisa menjaga metabolisme tubuh tetap normal.
Sehingga keadaan tubuh secara keseluruhan masih terjaga.
Olahraganya  juga harus disesuaikan,  jangan berolahraga yang berat tapi olahraga yang ringans aja, jalan kaki atau joging ringan.

– Tidur Yang Cukup
Tidur juga menjadi faktor penting dalam menjaga kondisi kesehatan tubuh.
Kalau tidur kita kurang,  pasti badan akan terasa letih dan lesu.
Jadi kita  juga harus mengatur jadwal tidur yang tepat untuk menjaga agar kondisi badan tetap fit .

So……………..bagaimana,  sudah siap khan menyambut bulan  ramadhan dengan tips di atas ?

Semoga bermanfaat……

 

 

Salam

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

4 responses »

  1. Desy says:

    Yang pasti air putih sehari harus 8 gelas. waktunya bisa diatur 2 gelas sahur, 2 gelas buka, 4 gelas mau tidur

  2. Bashor Kaji says:

    wah untung saya selalu minim air putih. Semoga saja saya dapat selalu prima menjalankan puasa.

  3. alrisblog says:

    Bagi saya yang sulit itu olah raga, karena tubuh sudah terstimulasi dengan rasa lelah.🙂

  4. mas huda says:

    Alhamdulillah selama puada ini serasa makin sehat…. asal g tidur habis sahur sampai jam 9 pagi

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s