date-ramadan-debut-ramadan

Pic. Courtesy of : assabille.com

 

 

Saat memasuki bulan Ramadan dan berpuasa, tubuh kita menyesuaikan diri dengan kebiasaan saat berpuasa.
Perubahan jadwal makan dan tidur awalnya tentu akan mengganggu keseimbangan tubuh kita.
Bagaimana cara agar tubuh tetap bugar selama berpuasa?
Yuk simak beberapa tips berikut ini ……………………….

1. Makan sahur
Usahakan untuk tak melewatkan makan sahur.
Meski Anda mengantuk dan harus bangun di malam hari, namun makan sahur sangat penting untuk memberikan nutrisi yang cukup bagi Anda selama berpuasa.

2. Batasi asupan lemak
Batasi makanan lemak saat berbuka puasa.
Saat berbuka kemungkinan besar Anda akan langsung makan tanpa memikirkan kadar lemak yang dikandung makanan tersebut.
Makanan manis seperti kurma sangat cocok untuk menambah energi saat awal berbuka puasa.

3. Ikuti anjuran Rasul dengan aturan 1/3
Rasulullah SAW menganjurkan kita untuk mengonsumsi 1.3 makanan, 1/3 cairan, dan menyisakan 1/3 ruang untuk udara.

4. Konsumsi sayur dan buah-buahan
Buah-buahan segar banyak dijual selama puasa dan waktu berbuka.
Jangan lewatkan kesempatan ini. Pastikan Anda juga mengonsumsi buah-buahan yang kaya vitamin.

5. Berjalan setelah berbuka puasa
Setelah berbuka dan kekenyangan kebanyakan orang akan merasa malas dan mengantuk Untuk menyiasati hal ini, Anda bisa berjalan-jalan di sekitar rumah Anda setelah berbuka.
Tak perlu terlalu jauh.
Dengan berjalan dan merasakan perubahan suasana puasa akan membangkitkan kesegaran tubuh Anda, sehingga Anda tak malas untuk melakukan kegiatan selanjutnya.

6. Sholat tarawih
Selain sebagai bentuk ibadah, sholat tarawih juga memiliki manfaat kesehatan.
Ketika melakukan sholat tarawih, tubuh Anda melakukan banyak gerakan.
Ini akan membuat tubuh tetap segar dan aktif.
Selain itu, sholat tarawih juga bisa meningkatkan konsentrasi, stamina, serta menjalin silaturahmi.

7. Sempatkan tidur siang singkat
Para ahli menyatakan bahwa tidur siang tak harus dalam waktu yang lama.
Sekitar 15 menit tidur siang sudah cukup untuk membuat tubuh Anda segar kembali.
Carilah empat yang tenang dan sempatkan diri Anda untuk tidur siang.
Ini baik untuk mengganti jam tidur yang kurang di malam hari.

Tetap bugar dan berenergi selama berpuasa tidak mustahil kan?
Dengan mengikuti tujuh cara di atas, Anda bisa melaksanakan ibadah puasa dengan tubuh sehat dan penuh energi.

Semoga bermanfaat…….

 

 

 

Salam

Gambar diambil dari sini

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

4 responses »

  1. terimakasih bnyk bun untuk infonya
    kalau sy biasanya plus konsumsi habatussauda dan madu diwaktu sahur
    ktnya bgus untuk ibu yg msh menyusui agar tetap bisa menjalankan ibadah puasa dan produksi asi tetap lncr

  2. alrisblog says:

    Asupan lemak sangat banyak waktu berbuka, ada kolak dan goreng-gorengan. Ini yang godaannya sangat tinggi hehe… Saya alhamdulillah selalu konsumsi buah korma sewaktu berbuka puasa.

  3. MS says:

    mam.., kalau abis saur terus tidur malah suka mimpi yang aneh2 he..he…, makanya kuusahakan nggak tidur lagi, ya gitu nyuri2 bobok sebentar pas abis zuhur

  4. Lestarie says:

    Aku kelewatan sekali nggak sahur, Mak. Alhamdulillah nggak loyo. Wong lagi banyak kerjaan. Hihi. Makasih tipsnyaaa

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s