HiRes

Pic. Courtesy of : thekitchenskinny.com

 

Hanya jalan-jalan di mall bosan, mengunjungi museum juga sudah pernah, hmm… enaknya melakukan apalagi ya agar kegiatan bersama keluarga bisa menyenangkan tanpa menunggu musim libur sekolah?
Ini yang harus Anda tanamkan pada keluarga Anda, jangan menunggu hingga buah hati Anda libur panjang untuk menikmati berbagai acara seru yang bisa dinikmati seluruh anggota keluarga.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan saat akhir pekan.
Tidak perlu jauh-jauh keluar kota dengan dana yang besar, asalkan keluarga Anda kompak, ide seru ini bisa Anda lakukan.

1. Makan Malam Bersama

Terdengar sepele? Jangan anggap sepele kegiatan yang satu ini.
Saat makan malam, usahakan agar seluruh keluarga berkumpul dan makan dalam satu meja yang sama.
Hindari makan di depan televisi, di depan meja komputer, sibuk dengan gadget masing masing dan saling memisahkan diri.
Tidak bicara saat makan tampaknya menjadi tradisi lama yang boleh Anda tinggalkan.

Siapkan makanan yang disukai anggota keluarga, lalu mulailah obrolan ringan antar anggota keluarga bergantian.
Acara makan adalah kegiatan yang ringan, sehingga putra-putri Anda bisa bercerita mengenai sekolah atau teman-temannya lebih leluasa.
Anda juga bisa menceritakan sesuatu pada mereka.
Tentang harga cabe yang naik, atau suami Anda menceritakan sesuatu yang seru di kantornya.
Ini akan sangat menyenangkan.
Jika sudah selesai makan, buatlah semacam undian hom-pim-pah siapa yang akan cuci piring, siapa yang mengelap meja dan lain sebagainya.
Kegiatan ini tidak kalah menyenangkan dengan jalan-jalan di mall.

2. Mainkan Sebuah Permainan

Daripada main sendiri-sendiri di depan komputer, belilah sebuah papan monopoli lalu kumpulkan keluarga Anda.
Anda dan suami bisa menjadi satu tim, anak-anak Anda di tim yang lain.
Buatlah saling adu siapa yang akan menghasilkan uang paling banyak di akhir permainan.
Yang kalah, bisa mendapat hukuman menyanyi bersama satu tim atau hukuman lucu yang lain.

Dengan begini, Anda akan melihat bagaimana buah hati Anda saling bekerja sama.
Buah hati Anda juga bisa melihat kekompakan Anda dan suami dalam menghasilkan uang melalui permainan monopoli.
Jika sudah begini, siapa yang butuh game zone di pusat perbelanjaan?

3. Main Di Luar

Apakah cuaca pada hari minggu cukup cerah.
Bermainlah di luar rumah.
Bagaimana jika halaman tidak cukup besar, apakah tidak ada tanah lapang di sekitar rumah yang bisa Anda pinjam sebentar?

Mulailah untuk bermain basket atau mungkin suami Anda adalah pemain layang-layang yang hebat?
Belajarlah bagaimana cara bermain layangan yang benar dan ajaklah buah hati Anda untuk turut serta.

Jika tidak ada tanah lapang, duduklah di teras dengan seluruh anggota keluarga.
Anda bisa menceritakan kisah-kisah yang berhubungan rasi bintang dan kisah di balik rasi bintang tersebut (kisah dari bangsa Yunani).
Jika Anda tidak terlalu tertarik, bernyanyilah bersama seluruh anggota keluarga di teras rumah pada malam hari.
Tidak sulit bukan?

4. Nonton Film Bareng

Tidak ada waktu untuk menonton film di bioskop? Nonton di rumah saja.
Banyak persewaan kaset VCD/DVD legal yang bisa Anda kunjungi.
Sewa saja film bertema keluarga yang bisa di tonton seluruh keluarga.
Misalnya saja film fantasi THE SECRET OF MOONACRE, GOLDEN COMPASS dan lain sebagainya.
Film dari dalam negeri bisa juga menjadi pilihan Anda.

Bila anak Anda tidak suka obrolan di tengah film, jangan memulai obrolan, menonton lah dengan tenang.
Selesai menonton, Anda bisa mendiskusikan film yang baru di tonton.
Tanyakan komentar mereka mengenai film tersebut, akting pemainnya, kalimat apa yang mereka suka dan lain sebagainya.

5. Kejutan

Tidak ada yang lebih menyenangkan selain sebuah kejutan di akhir pekan.
Buatlah rencana akhir pekan dengan mendatangi sebuah tempat wisata yang masih berada di dalam kota.
Atau jika tidak memungkinkan, ajaklah keluarga Anda makan di sebuah restoran.
Banyak menu yang bisa dipilih bersama, ayam bakar utuh atau gurami goreng yang nikmat dan lezat jika di makan bersama seluruh anggota keluarga.
Pilih restoran yang nyaman, restoran lesehan akan lebih akrab ketimbang restoran fast food.

Mungkin sahabat sahabat punya kegiatan lain selain yg disebutkan diatas, untuk menikmati kebersamaan dengan orang orang dekat yang dicintai ??
Monggo, silakan berbagi disini…………..

 

 

 

Salam

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

15 responses »

  1. lucusob says:

    setuju, bahkan sekedar kumpul bersama sambil ngobrol” pun terasa istimewa.. .

  2. baiqrosmala says:

    halo bunda, salam kenal🙂 wah saya jadi keinget momen momen berkumpul sama keluarga saya dlu. Sekarang alhamdulillah sudah 5bln mengarungi rumah tangga sendiri dan postingan ini jadi inspirasi buat saya🙂

  3. kadang, pergi ke tempat yang nggak direncanakan sebelumnya, asyik juga lho bund. Thanks buat sharingnya

  4. Dak Milano says:

    Aku malah lebih banyak sendiri saat menghabiskan waktu/ weekend. Soalnya keluarga pada gak mau nemani aku memancing. Bosan katanya… hehe

  5. siswanto says:

    yang no 5 blum pernah ak cba tu!makasih masukanny

  6. Citra Indah says:

    Memang menghabiskan waktu bersama keluarga itu lebih menyenangkan di banding menghabiskan waktu bersama teman🙂

  7. tulisannya sangat inspiratif bunda. terutama bagi saya yang hubungannya lagi merenggang dengan orang tua dan saudara.

  8. banyak kehilangan waktu bersama keluarga untuk orang yang super sibuk dijaman sekarang ini,, jadi info ini sangat bermanfaat

  9. prih says:

    Terima kasih Bunda, ada banyak cara membuhul kebersamaan keluarga ya. Salam hangat kami

  10. hihi, bisa dijadikan alternatif bersama keluarga bun.

  11. dewitya says:

    Bener banet nih bun, udah jarang banget soalnya hihi terimaksih bunda tips🙂

  12. Klo disini lagi giat giatnya BBQ atau piknik Karena cuaca mulai mendukung, cukup hang at buat berkegiatan di kuat rumah

  13. mau nambahin nih bun….
    masak bersama hehe yummy yummy…

  14. Lidya says:

    nonton bareng sering kami lakukan bun

  15. Indahnya kebersamaan bersama keluarga, nikmat yg tidak bisa digantikan dengan materi.

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s