03-salt-sugar-packets-lgn (1)

Pic. Courtesy of : womansday.com

 

Ketika usia muda, kita bisa menikmati berbagai jenis makanan karena tubuh memerlukan banyak nutrisi untuk pertumbuhan.
Bagaimana jika usia kita bertambah?
Tentunya jenis makanan juga ikut berubah.
Pada usia lanjut, mulai 50 tahun ke atas, tidak semua makanan bisa disantap.

Makanan tertentu harus dikurangi porsinya bahkan dijauhi!
Berikut empat makanan yang harus dihindari saat menginjak usia 50 tahun, dilansir dari huffington post .

1) Garam

Terlalu banyak garam dalam makanan, akan berdampak negatif pada tekanan darah Anda.
Semakin tinggi tekanan darah, semakin besar tekanan pada jantung, ginjal, pembuluh darah dan otak.
Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan serangan jantung, stroke dan penyakit ginjal.
Jumlah garam yang Anda makan memiliki efek langsung pada tekanan darah Anda.

Meskipun Anda mungkin sudah tahu untuk menjauhkan keripik kentang, garam mengintai diam-diam dalam makanan lain, termasuk daging olahan dan keju, makanan beku, pizza dan bahkan sarapan sereal.
Hindari fast food dan buatlah masakan sendiri.

2) Alkohol

Minuman beralkohol berdampak pada hati.
Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian pada orang yang menyalahgunakan alkohol.
Dalam jangka panjang, alkohol meningkatkan risiko berbagai penyakit termasuk kanker payudara, kanker mulut, stroke, dan penyakit hati yang kronis.

3) Gula

Kebanyakan orang menghindari gula untuk menghindari kenaikan berat badan.
Para peneliti telah menemukan bahwa terlalu banyak permen bisa membuat usia Anda berkurang.
Ketika Anda makan gula – baik dalam bentuk setengah liter es krim, permen atau karbohidrat dalam menu makan malam – tubuh Anda mengubah gula yang menjadi glukosa.

Salah satu masalah kesehatan utama terkait dengan glukosa adalah diabetes.
Penyakit ini menyebabkan masalah kesehatan lebih lanjut seperti penyakit jantung, kerusakan ginjal atau kerusakan saraf.
Penderita diabetes juga dapat mengalami masalah pada kulit, mulut, dan tulang yang membuat tampilan tubuh lebih tua dari seharusnya.

4) Soda

Soda mengandung sirup jagung dengan fruktosa yang kaya radikal bebas.
Radikal bebas sendiri menyebabkan kerusakan jaringan, risiko diabetes, dan komplikasi diabetes.
Selain itu, soda mengandung asam fosfat yang menghilangkan kalsium dan magnesium.
Padahal, kedua nutrisi itu membantu sistem kekebalan tubuh agar tetap berfungsi optimal.

Usia yang semakin tua juga berpengaruh pada kesehatan.
Untuk itu jaga kesehatan Anda dengan membatasi pola makan.
Usahakan lebih memperbanyak konsumsi buah buahan dan sayuran segar.
Tak lupa lakukan olah raga ringan, paling tidak 30 menit setiap hari.

Semoga bermanfaat…….

Salam

 

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

13 responses »

  1. padahal kalau cuaca panas gini minum soft drink sangat enak sekali.
    menyegarkan…

  2. arisudono says:

    wah baru nyadar penyakit yang sering saya alami ternyata dari makanan yang banyak mengandung gula tho, makasih bunda, you are the best

  3. Triatma says:

    Tepat itu bu,sesuai dengan apa yang saya baca artikel dari postingan blog lain tentang kesehatan dan melihat betapa bahayanya minuman soda,seperti video di youtube yang minuman soda direbus sampai kering jadinya seperti adonan dodol dan adonan dodol hasil minuman soda itu yang masuk ke dalam tubuh kita,nikmat sesaat tapi sangat berbahaya.

  4. satukataku says:

    padahal paling sering konsumsi garam.. secara bawaan tekanan darah rendah, katanya garam bisa naikin tensi..

  5. Indah Juli says:

    Yang belum bisa saya kurangi minuman gula itu, Bunda😦
    Sharing Bunda jadi bertekad untuk mengurangi gula.

  6. dizaz says:

    Garam dan gula sepertinya sulit untuk dihindari Bund.

  7. Garam dan gula masih mengkonsumsi namun dalam jumlah yang dibatasi…

  8. Rully says:

    Iya, betul Mba Ysalma… bahkan ketika masak sendiri pun garam dan gula tak bisa dihindari untuk memenuhi rasa dan selera…:/

  9. ysalma says:

    Garam sama gula kayaknya agak susah nih Bund😦

  10. Lidya says:

    Garam ya masih sering saya konsumsi bun

  11. Anas Azhar says:

    berarti kita makannya ga ada rasanya donk )’: hehehe🙂 salam kenal ya

  12. Agung Rangga says:

    bener banget bun, harus lebih pilih-pilih makanan.
    saya juga lagi menjaga asupan makanan biar ga terlalu berlebihan…😳

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s