Inilah Menu Sarapan Yang Sehat Rendah Kalori.

Courtesy of : beritakapan.com

 

Kebanyakan dari kita punya pola makan yang tidak mengindahkan nilai gizi yang seimbang.
Nasi goreng yang serba berminyak, misalnya, kerap dijadikan menu sarapan.

Setelah itu, makan siangnya nasi padang yang juga cenderung berlemak.
Ada juga yang enggan sarapan dan memilih makan besar saat makan siang.

Setiap orang pasti punya kebiasaan yang berbeda dalam mengatur pola makannya,
meskipun demikian, tidak berarti kebiasaan itu tidak bisa diubah menjadi lebih baik.

Sarapan yang baik itu, misalnya, salad buah dan yoghurt, atau sereal.
Kelihatannya enggak “nendang” , tapi cukup padat karena semuanya mengandung low GI ( Glicemic Index : Indeks Glikemik adalah angka yang menunjukkan potensi peningkatan gula darah dari karbohidrat yang tersedia pada suatu pangan atau secara sederhana dapat dikatakan sebagai tingkatan atau rangking pangan menurut efeknya terhadap kadar glukosa darah, sumber : wikipedia.org).

Contoh makanan dengan GI rendah antara lain :
1. Biji bijian : beras merah, gandum, jawawut.
2. Kacang kacangan : kacang tanah, kacang kedelai, buncis, kacang panjang dll.
3. Biji tanaman : biji bunga matahari, biji labu, biji wijen dll.
4. Buah dan sayur : Sebagian besar buah dan sebagian besar sayuran.

Setelah itu, antara makan pagi dan makan siang kan ada jarak, cobalah nge-mil jam 10.00.
Jangan menunggu sampai lapar banget karena kalau kelaparan, kita cenderung akan makan banyak, dan makanannya cenderung high GI.

Cara lain untuk mengakali kandungan GI adalah dengan mengombinasikan jenis makanan GI rendah dan GI tinggi.
Misalnya, roti dengan cokelat (cokelat termasuk makanan ber-IG rendah) sehingga hasilnya adalah makanan dengan IG medium.
Supaya tidak bosan, cobalah membuat variasi makanan.

Buah yang Anda kudap sebagai sarapan, misalnya, juga bisa dicelup ke dalam dark chocolate yang dilelehkan.
Atau, ambil fruit soybar dan taburkan ke atas salad buah Anda.
Anda juga bisa menghaluskan fruit soybar-nya, lalu dijadikan taburan untuk es krim.
Atau, saat membuat muffin, fruit soybar yang sudah dihaluskan bisa dicampurkan di adonan muffin-nya.

Untuk Anda yang sedang berdiet, disarankan untuk tidak diperbudak oleh lidah.
Artinya, hanya mau mengonsumsi makanan yang cocok di lidah.
Makanan yang sehat biasanya yang cenderung tidak kita sukai.
Namun, setelah itu Anda akan terbiasa dan jadi menyukainya.

Semoga bermanfaat…….

Salam

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

18 responses »

  1. Sarapan bagi saya penting, walaupun sedikit…dan sarapannya tetap nasi heheh

  2. Variasi 53 says:

    Ijin Berkunjung Ke salah Satu blog Terbaik di Indonesia …..Sambil Melihat Lihat Informasi nya yang bagus bagus ….

    Variasi 53
    http://www.Variasi53.blogspot.com
    Variasi Motor dan Racing parts Motor

  3. Haryono says:

    kalau saya, ga pakai sarapan bun langsung aja sekalian makan siang.. ya sama seperti tradisi anak kosan yang lain bun, kalau anak kosan itu susah untuk makan yang bergizi dan teratur bun..

  4. prih says:

    Belajar sarapan sehat, terima kasih Bunda. Sy sarapan sekenanya, siang lah makanan full calori. Salam

  5. akbar says:

    terimakasih infonya😀
    setiap orang punya kebiasaan yang berbeda saat sarapan bahkan adapula yg tidak sarapan. entah itu karena tidak sempat atau karena tidak “bisa”. selain itu sarapan berasa tak lengkap tanpa nasi, serasa kosong😦

  6. arisudono says:

    thanks bunda, pantesan semenjak nikah sy jadi gendut banget, soalnya nasi goreng buatan istri wuenak banget, tp ternyata itu yang buat bsaya gendut, makasih makasihb bun

  7. wah informasi yang bagus bunda… terima kasih banyak ya… memang harusnya hari yang sehat dimulai dari sarapan sehat di pagi hari….

  8. yg penting gizinya bund

  9. Sebenarnya makan tiga kali sehari dengan nasi yang secukupnya sudah sangat sehat, pai tetap harus menggunakan sayur, walaupun sedikit.

    kemudian yang tak kalah penting adalah sport/olahraga

  10. jendelaopini says:

    Untuk pagi sebelum berangkat kuliah dan kerja biasanya sih saya cuma ditemani secangkir kopi manis, kadang-kadang masih sempat sarapan pagi, mungkin karena gak biasa makan pagi jadi gak selera.

  11. ysalma says:

    katanya kalau belum ketemu nasi belum sarapan Bund🙂

  12. Titik Asa says:

    Wah, saya tidak selalu sarapan pagi nih Bunda. Suka malas.
    Kalaupun sarapan pagi, menu saya nasi, telor dadar, goreng tempe + sayur. Sarapannya di warteg depan pabrik.

    Salam,

  13. rangtalu says:

    terima kasih infonya bunda, saya biasanya sarapan tanpa pandang bulu, apa saja yang terhidang di meja langsung disantap😀

  14. MS says:

    mau mulai sarapan sehat lagi deh, dulu sempat sarapan buah aja .., tp sekarang sarapannya amburadul

  15. monda says:

    sarapanku masih amburadul.., hedeeeh

  16. Alaika says:

    Oke, bunda sayang… Jangan sampai diperbudak oleh lidah. Siiip. Well noted.thx Bund, muuuuuach utk Bunda.

  17. Imelda says:

    pagi bunda… aku sekarang sarapannya hanya buah dan sayur satu piring. Kadang pakai dressing kadang cuma ditabur garam sedikit. Plus minum teh + perasan lemon. Dan hasilnya aku bisa tahan lapar sampai makan siang.

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s