tawaf02--anri+syaiful

Courtesy of : newsliputan6.com

 

Ibadah haji merupakan ibadah yang agung, yang menunjukkan tanda-tanda kekuasaan Allah swt, menyimpan rahasia yang indah, hikmah yang bermacam, keberkahan yang banyak, manfaat yang terlihat, baik itu dalam peringkat individu maupun masyarakat.
Diantara hikmah dan manfaat yang terkandung di dalamnya adalah :

1- Perwujudan ubudiyah kepada Allah swt,

Karena kesempurnaan makhluk ada pada perwujudan ubudiyahnya kepada Allah swt, setiap kali perwujudan ubudiyah seorang hamba bertambah maka akan bertambah pula kesempurnaannya, dan tinggilah derajatnya di sisi Allah swt.

Meninggalkan hartanya, keluarganya dan tanah airnya, sederhana dalam pakaiannya, terbuka kepalanya, tawadhu’ kepada Rabbnya, meninggalkan wewangian dan wanita, berpindah-pindah dari satu tempat ketempat lain dengan hati yang khusyuk, air mata yang mengalir, lisan yang selalu berdzikir mengharapkan rahmat Rabbnya, dan takut akan adzab-NYA.

Kemudian syiar jamaah haji semenjak ihramnya hingga melempar Jumrah Aqabah dan mencukur/tahalul ( Labbaika Allahumma Labbaika, Labbaika Laa Syariika Laka Labbaika )

Maknanya adalah : Ya Allah, aku tunduk kepada-Mu, melaksanakan perintah-Mu, bersiap mengemban amanah yang Engkau bebankan, karena mentaati-Mu, berserah diri tanpa paksaan atau keraguan.

2- Menegakkan dzikir kepada Allah swt

Karena dzikir merupakan tujuan yang paling agung dalam seluruh ibadah, dimana ibadah tidak disyariatkan kecuali karenanya, dan tidak manusia bertaqarrub dengan sesuatu yang menyerupainya.

Makna seperti ini nampak dengan sejelas-jelasnya dalam ibadah haji, tidaklah disyariatkan thawaf mengelilingi Kabah, tidak juga Syai antara Shafa dan Marwah, tidak juga melempar Jumrah kecuali untuk menegakkan dzikir kepada Allah swt.

” Supaya mereka menyaksikan berbagai manfaat bagi mereka dan supaya mereka menyebut nama Allah swt pada hari yang telah ditentukan”. [ QS Al Hajj : 28 ]

3- Keterikatan kaum muslimin dengan kiblat mereka.

Dimana mereka memalingkan wajah kearahnya dalam shalat fardhu mereka lima kali dalam sehari.

Dalam ikatan ini ada rahasia yang begitu menakjubkan, karena memalingkan wajah mereka dari menghadap ke barat yang kafir, atau timur yang atheis, sehingga kekal izzah dan kemuliaan mereka.

4- Bahwa haji merupakan kesempatan agung untuk menghadap kepada Allah swt.

Dimana dalam ibadah haji terkumpul berbagai ibadah yang tidak ditemukan dalam ibadah lain, dimana didalamnya ada ibadah yang lain seperti sholat lima waktu dan ibadah lain yang dilakukan dalam haji maupun diluarnya.

Namun wukuf hanya ada dalam ibadah haji, begitu juga bermalam di Muzdalifah, melempar Jumrah, menyembelih qurban, dan amalan haji yang lain.

5- Ibadah haji merupakan wasilah yang agung untuk menggugurkan kesalahan,dan mengangkat derajat : karena haji menghancurkan dosa yang sebelumnya.

Nabi saw berkata kepada Amru bin Ash ra : tahukah engkau bahwa Islam menghancurkan dosa yang sebelumnya, dan bahwa hijrah menghancurkan dosa sebelumnya, dan bahwa haji menghancurkan dosa yang sebelumnya (HR Muslim).

6- Ibadah haji memberikan cerita kenangan yang indah bagi yang mengalaminya, sehingga kita sering mendengar kisah mereka yang indah-indah ketika berhaji.

Dan banyak lagi rahasia dan hikmah dari  ibadah haji yang belum tersampaikan disini, semoga Allah swt memberikan haji yang mabrur bagi jamaah haji kita, juga memberikan kemudahan bagi mereka yang belum berhaji, aamiin………………

 

 

Salam

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s