aneka takjil

Courtesy of : news.detik.com

 

Anda harus waspada karena beberapa takjil, hidangan berbuka puasa dan kue lebaran ditemukan mengandung pewarna makanan berbahaya, yaitu pewarna tekstil.
Seorang pedagang mengaku bahwa Kolak Pacar Cina yang dia jual memakai pewarna kimia untuk membuat dagangannya lebih menarik.

Tidak hanya itu, sirup yang dipakai untuk dicampur dengan es ditemukan mengandung pewarna tekstil.
Hal ini disampaikan oleh Badan Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Jakarta.
Seperti biasa, pemakaian pewarna tekstil adalah warna yang lebih cerah dan murah.
Para pembeli biasanya tidak menyadari hal ini karena efeknya bagi kesehatan biasanya baru dirasakan dalam jangka panjang.

Bahan-bahan tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan, bisa menimbulkan alergi, batuk dan dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan gagal ginjal bahkan kanker.

Nah, untuk itu sebagai konsumen, diharapkan benar kehati-hatian kita dalam membeli takjil maupun kue kue lebaran.
Dibawah ini saya tuliskan beberapa tipsnya, silakan disimak :

TIPS:

Agak sulit mencari makanan mana yang mengandung bahan berbahaya, mana yang tidak.
Tips ini bisa menjadi patokan agar kesehatan Anda dan keluarga tetap terjaga.

Murah belum tentu sehat.

Hindari membeli makanan dan minuman dengan harga yang lebih murah.
Harga murah tidak menjamin makanan tersebut aman.
Penggunaan formalin dan pewarna tekstil dilakukan karena harganya murah.

Ketahui proses pembuatannya.

Akan lebih baik jika Anda memiliki langganan toko atau pembuat kue dan takjil yang telah Anda ketahui proses pembuatannya.
Dengan demikian Anda tahu bahan-bahan apa yang dipakai.

Pilih yang sudah memiliki label aman.

Akan lebih baik jika Anda membeli makanan atau minuman yang sudah memiliki nomor seri dari Dinas Kesehatan.

Masak sendiri.

Cara paling aman adalah dengan memasak sendiri takjil, masakan dan berbagai kue.
Memang lebih repot, tetapi Anda bisa memilih bahan makanan terbaik untuk keluarga Anda……..Setuju ……..???
Semoga bermanfaat……..

 

 

Salam

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

10 responses »

  1. prih says:

    Terima kasih Bunda diingatkan….
    Makanan yang paling enak adalah buatan Bunda di rumah sehingga butir masak sendiri menjadi daya pikat keluarga.
    Selamat tberakhir pekan Bunda

  2. kliatannya elang tuh kue nya, tp yang aman mah buat ajah sendiri di rumah jd lebih sehat🙂

  3. tips nya kalo ada sapu tangan / kain warna putih di tetesin makan atau es terus bilas pake air. kalo warna makanan kaga hilang berarti pake perwarna tekstil

  4. nanang says:

    sangat bermanfa;at

  5. Dafid says:

    Aduuh bun klo ud lebaran makan kuenya kadang ga bisa berhentiberhenti… klo ta’jil sih saya berbuka pakai buah aja.. biasanya pisang…

  6. jahat banget sampai dicampur pewarna tekstil

  7. susah sekarang cari makanan sehat

  8. andinoeg says:

    kita harus lebih berhati-hati memilih makanan untuk takjil, paling aman ya memang bikin sendiri bunda🙂

  9. Agung Rangga says:

    wah, harus lebih berhati-hati nih.
    makasih tipsnya ya bun.🙂

  10. Imelda says:

    setuju bunda…lebih baik masak sendiri🙂
    Semoga ibadah puasanya bisa genap ya bunda…

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s