Jus-Jeruk-Bali-54f

Courtesy of : minumansehat.com

 

Bulan puasa sebenarnya juga saat yang tepat untuk mengatur pola dan menu makan sehat.
Jadwal makan jadi lebih teratur, sehingga tubuhpun jadi lebih segar.
Bagaimana sih mengatur makanan yang sehat agar badan tetap bugar dan tidak lemas sepanjang berpuasa?
Saya punya tipsnya, dan sahabat sahabat juga boleh mencobanya :

Mix karbohidrat dan protein

Jangan takut gemuk karena karbohidrat, justru sebenarnya karbohidrat itu penting agar tubuh tidak lemas saat berpuasa.
Kuncinya adalah, pilih menu karbohidrat dengan angka GI (Glycemic Index) yang rendah agar gula darah naik perlahan dan kenyang bertahan lebih lama.
Nah, apa saja menu karbohidrat ber-GI rendah?
Anda bisa mencoba beras merah, oatmeal dan roti gandum.
Selain itu, protein juga penting untuk membantu tubuh kenyang lebih lama.
Jadi, pastikan selalu ada menu protein seperti susu, ikan, daging, dan kacang-kacangan.

Asupan air 10 gelas setiap hari

Karena tidak bisa minum saat berpuasa, Anda bisa mengatur asupan air setidaknya 10 gelas setiap hari.
Tak harus dalam bentuk air mineral, namun juga bisa lewat jus buah, teh, atau sup.

Awali dengan minum terlebih dahulu

Agar kadar gula meningkat perlahan, sebenarnya langkah yang tepat adalah minum teh manis hangat dengan 3-5 biji kurma terlebih dahulu, baru 10-20 menit kemudian berbuka puasa.
Tujuannya adalah agar gula tidak cepat naik dan pankreas tidak terkejut.
Hindari pula makan makanan yang digoreng dan bersantan, dan pilihlah menu yang dipanggang, atau dibakar saja.

Berolahraga ringan

Justru setelah sholat subuh, jangan langsung tidur lagi.
Berolahraga kecil di depan rumah sambil menghirup udara segar, maka tubuh akan lebih bugar.
Kalau perlu, lepas juga sandal dan berjalan di atas kerikil berukuran agak besar untuk melancarkan peredaran darah.

Apabila siang hari Anda mengantuk, cobalah untuk melihat tetumbuhan hijau dan bersenam-senam meluruskan badan sejenak.
Tubuh akan terasa lebih ringan dan Anda siap menanti berbuka puasa.

Semoga bermanfaat……..

Salam

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

3 responses »

  1. tips nya simpel banget jadi mudah di jalankan saat puasa. terimakasih tips nya🙂

  2. renata diah says:

    terima kasih tips nya bun.. semoga aku rajin olahraga deh biar puasa nya makin kuat🙂

  3. Walahh,, utk tips yg terakhir itu loch Bun🙂
    jangankan di bulan puasa, di bulan laen aje sulit kale merutinkan olah raga.

    Seminggu rajin,,, 3-6 bulan kagak..
    Gimana ya agar konsisten Bun?

    Salam setengahx2 jari🙂

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s