Ramadhan_1434

Courtesy of : republika.co.id

 

Berbagai masalah pencernaan sering timbul ketika menjalankan puasa, dari perut kembung, sakit maag hingga masalah lainnya.
Sebenarnya bukan karena puasa, tapi aktivitas setelah mengisi perut yang sering menjadi penyebabnya.
Kebanyakan orang tidak memerhatikan hal ini karena sepertinya telah menjadi kebiasaan dan aman-aman saja, namun beberapa aktivitas remeh ternyata bisa mengganggu sistem pencernaan.
Akibatnya, berbagai gangguan seperti perut melilit, perut kembung hingga susah buang air besar menjadi kendala aktivitas Anda.

Berikut ini beberapa hal yang tidak boleh dilakukan setelah berbuka atau sahur.

1. Minum teh

Hmm.. nikmat sekali setelah seharian berpuasa, kemudian Anda menutup acara berbuka dengan minum teh hangat.
Namun kandungan asam dalam teh akan mengganggu pencernaan protein dan membuat rasa tidak nyaman pada perut.

2. Makan buah

Buah sering dipilih sebagai pencuci mulut karena efektif menghilangkan aroma dan sisa-sisa makanan di rongga mulut.
Nyatanya, makan buah segera setelah makan menyebabkan perut kembung dengan udara dan menyebabkan rasa sakit pada perut.

3. Merokok

Sama dengan buah, beberapa orang memilih rokok sebagai pencuci mulut setelah makan, apalagi setelah menahan diri selama satu hari penuh.
Para peneliti menemukan kebiasaan merokok setelah makan menyebabkan kerusakan jaringan dan selanjutnya bisa mengakibatkan kanker.

4. Melonggarkan ikat pinggang

Perut kekenyangan membuat Anda ingin melonggarkan ikat pinggang setelah makan, namun ini justru bisa mengganggu dan menghambat pencernaan pada perut.

5. Mandi

Setelah bedug berbunyi, tanpa menunggu lagi Anda langsung berbuka dan setelah itu mandi untuk bersiap ke aktivitas berikutnya.
Mandi setelah makan menyebabkan aliran darah meningkat ke permukaan kulit sehingga sistem pencernaan menjadi kurang efektif.

6. Tidur

Saat tidur, pencernaan tidak tercerna dengan baik, dan ini menyebabkan gangguan lambung dan juga infeksi pada sistem pencernaan.
Akibatnya Anda bisa mengalami kegemukan dengan mudah, dan bahkan bisa terkena kanker usus.

7. Banyak berjalan

Langsung tidur setelah makan memang tidak baik, tapi langsung berjalan cepat dan berlari juga tidak baik untuk pencernaan. Sistem pencernaan tidak bisa menyerap nutrisi dengan baik ketika Anda langsung berjalan atau berlari, bahkan bisa mengakibatkan radang usus buntu.

Semoga bermanfaat ………

Salam

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

5 responses »

  1. Gun says:

    wah ternyata saya salah selama ini….

    gantian yuk, pada belajar seni psikologi

  2. prih says:

    Ikut belajar ….asam dalam teh akan mengganggu pencernaan protein…..
    Kembali diingatkan bertuahnya minum air putih nih Bunda, terima kasih banyak ya Bunda Ly

  3. Suse Herleni says:

    thank you untuk tipsnya Bunda…

    #hugs#

  4. Rivanlee says:

    eh baru tau bun kalo ngelonggarin iket pinggang gak boleh *manggut2*

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s