gandum-dan-tepung-gandum

Courtesy of : necturajuice.com

 

Tak hanya Anda yang ingin tahu jawabannya, hampir kita semua yang menjalankan ibadah puasa pasti ingin tetap bugar seperti biasanya walau seharian menahan dahaga dan lapar.
Sayangnya, berbagai multivitamin sudah dicoba, namun hasilnya terkadang juga tak memuaskan.

Ternyata, multivitamin sifatnya hanya membantu saja sebagai pendamping.
Tak bisa diandalkan secara penuh membuat tubuh tetap bugar sepanjang puasa.
Menurut Dr. Farouk Haffejee, dari Islamic Medical Association of South Africa, bugar tidaknya tubuh tergantung pada makanan yang kita konsumsi.

Bila kita dapat memilih menu-menu bergizi yang tepat, maka tubuh akan tetap segar dan tidak lesu meskipun sedang berpuasa.
Makanan apa saja sih yang harus kita konsumsi saat menjalankan ibadah puasa?

Tubuh terasa lemas sepanjang hari karena kita cenderung malas mengisi makan sahur dengan makanan karbohidrat kompleks.
Bahkan, beberapa orang hanya menyempatkan bangun sebentar untuk minum susu dan makan roti dan melanjutkan tidur.
Inilah yang kebiasaan yang membuat tubuh jadi lemas sepanjang hari.
Dr. Farouk menyarankan untuk mencukupi kebutuhan karbohidrat kompleks saat berbuka dan sahur.
Sumber karbohidrat kompleks antara lain padi-padian (beras, jagung, gandum), umbi-umbian, sagu, dan sebagainya.

Selain karbohidrat kompleks, kurma juga menu yang wajib dihadirkan selama berpuasa.
Kurma merupakan sumber terbaik dari karbohidrat, gula, potassium, magnesium dan fiber yang sangat dibutuhkan saat berpuasa.

Menu lain yang bisa Anda hidangkan selama Ramadhan adalah kacang almond dan pisang.
Almond kaya akan protein yang akan dibutuhkan oleh otak dan otot sebagai makanan.
Walaupun merupakan bagian dari kacang-kacangan, namun almond rendah kandungan lemak dan kaya akan fiber sehingga membantu memperlancar pencernaan.
Sedangkan pisang kaya akan potassium, magnesium dan karbohidrat.
Tak perlu takut gemuk saat mengonsumsinya sebagai dessert, karena sepanjang hari tubuh Anda akan membutuhkan banyak energi selagi puasa berlanjut.

Hindari makanan ini!

Agar tubuh tetap segar dan jauh dari segala macam penyakit saat berpuasa, beberapa makanan berikut disarankan untuk dihindari:

1. Gorengan dan makanan yang terlalu berlemak

2. Teh saat sahur.
Karena teh akan membuat tubuh melepas mineral garam lebih banyak, padahal sepanjang hari Anda akan membutuhkannya.

3. Makanan yang terlalu manis sebaiknya dihindari, walaupun tekanan darah turun, namun yang Anda butuhkan adalah istirahat cukup dan karbohidrat kompleks.
Bukan hanya gula saja.

Jadi, masihkah Anda akan memanjakan diri dengan makanan manis sepanjang puasa?

 

 

Salam

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

6 responses »

  1. Rivanlee says:

    di keluarga saya malah minumnya banyakan teh daripada air putih

  2. bisa jadi referensi saat ramadhan, thanks bunda

  3. andinoeg says:

    wah padahal saya tiap sahur pasti minum teh hangat. baru tahu kalau ternyata bisa membuat tubuh melepas mineral garam lebih banyak

  4. Lidya says:

    aku catat bun kadang aku minum teh saat sahur harus dihindari ya

  5. sunny says:

    Tak sabar lagi menunggu datangnya bulan suci romadhon yang insya alloh tinggal 3 hari lagi

  6. Aih, baru tahu agar menghindari gorengan. ) Info yang bermanfaat. Makasih, ya.

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s