highsnobiety.net

Internet dan berbagai social media tumbuh seolah melebihi jamur di musim hujan.
Tidak tanggung-tanggung pengaruh yang diberikan keduanya dalam kehidupan kita sehari-hari.

Jika dulu Anda hanya mendapatkan informasi  dari koran, majalah atau televisi, sekarang Anda bisa mengakses berbagai situs via internet.
Itu hanya satu contoh kemudahan dari internet, ditambah lagi dengan kehadiran ragam social media, Anda menjadi tidak mau jauh-jauh dari komputer atau melirik handphone yang terhubung dengan jaringan internet.

Tidak hanya itu, maraknya penggunaan telepon genggam dengan biaya yang lebih murah dibandingkan beberapa tahun yang lalu akan membuat Anda betah mengobrol berjam-jam dengan para sahabat.
Selesai?
Belum, karena bagi Anda yang sangat cinta dengan pekerjaan kantor, seolah waktu habis hanya untuk menyelesaikan pekerjaan.
Termasuk para ibu rumah tangga yang setiap hari sibuk dengan membersihkan dan merapikan rumah, rumah rapi, tetapi pakaian?

Semuanya seolah punya kehidupan yang membuat kehilangan waktu-waktu berharga untuk meningkatkan kualitas hidup.
Jika terus menerus seperti itu, berputar pada aktivitas yang sama setiap hari, bagaimana Anda akan meningkatkan kualitas hidup Anda?
Sudah saatnya untuk mengembalikan kehidupan yang benar-benar hidup dan penuh aktivitas bermanfaat.
Kehidupan sosial Anda harus tetap berjalan dengan cara-cara lama yang masih efektif untuk mendapatkan kualitas hidup.

Hitung Waktu Yang Terbuang

Sekali dalam sehari, hitung berapa lama Anda menatap layar komputer dan bersenang-senang di sana, Anda akan kaget dengan hasilnya.
Tidak masalah jika yang Anda lakukan adalah mencari berita atau artikel yang akan mengembangkan pengetahuan Anda.
Tetapi jika hanya menatap layar social media untuk membaca dan mengomentari status teman-teman Anda selama sekian jam.
Anda sebenarnya telah melewatkan banyak hal lain yang lebih bermanfaat dalam waktu yang sama.
Jangan sampai Anda melewatkan pesta pernikahan sahabat Anda karena terlalu asik dengan komputer.

Tinggalkan Sebentar Pekerjaan Rumah

Para ibu rumah tangga sering kali kedapatan memiliki rumah yang rapi, lihai memasak berbagai hidangan yang lezat, tetapi mereka sering melupakan bagaimana memanjakan diri sendiri.
Semakin ketat aturan Anda tentang rumah yang bersih, semakin sering Anda tidak menikmati hidup Anda sendiri.
Tinggalkan beberapa pekerjaan rumah Anda dalam waktu 30 hingga 60 menit untuk melakukan kegiatan yang lain.
Membaca koran, mendengarkan musik terbaru, membaca buku atau merawat rambut di salon, kenapa tidak?
Siapa tahu Anda bertemu sahabat lama dan mendapat beberapa kabar bahagia.

Kirim Pesan Singkat di Sela-Sela Tumpukan Tugas

Oke, Anda memilih untuk meningkatkan karir untuk membuktikan kemampuan dan mendapatkan kepuasan di sana, silahkan.
Tetapi selain usaha Anda sendiri, ada orang lain di belakang Anda yang selalu mendukung setiap keputusan dan langkah Anda.
Apakah orang-orang itu adalah orang tua Anda, saudara kandung Anda, sahabat dan pria yang Anda cintai?
Sudahkah Anda memanjakan mereka?
Tidak sulit bukan mengirim pesan singkat ” Shinta lagi rapat di gedung Top Hill, mama apa kabar?” atau “Aku sayang kamu, jaga kesehatan ya!” disela-sela rapat Anda? Percayalah, mereka pasti senang mendapat kabar dari Anda yang sedang sibuk-sibuknya.

Potong Waktu Chit-Chat di Telepon

Kebiasaan untuk menelepon seseorang berlama-lama juga bisa membuang waktu berharga Anda.
Sekalipun Anda atau si penelepon hanya berniat menanyakan sesuatu, biasanya obrolan akan mengalir pada hal-hal lain yang membuat jam mengobrol Anda bengkak.
Untuk mengurangi aktivitas chit-chat via telepon ini, Anda harus memilih waktu-waktu khusus.
Misalnya pada pukul 5 sore, di mana banyak orang memilih untuk beristirahat, pulang ke rumah dan lain sebagainya.
Sehingga Anda hanya akan bertanya sesuatu yang penting dan sungkan meneruskan obrolan.

Akhir Pekan Bersama Keluarga/Sahabat

Saat Anda memiliki waktu kosong di akhir pekan, luangkan waktu Anda untuk menjumpai keluarga atau sahabat secara langsung.
Sekalipun Anda sudah sering berinteraksi dengan mereka melalui social media atau melalui SMS/BBM, pasti akan menyenangkan bila Anda menemui mereka langsung.
Jangan lupa untuk meletakkan laptop atau handphone Anda.
Akan sangat tidak nyaman jika Anda menemui keluarga/sahabat tetapi Anda melirik handphone atau sibuk dengan laptop, ya khan?
Setujukah Anda, sahabat?

Salam

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

6 responses »

  1. Tips yang sangat bagus.. tetap buak tips seperti ini spuaya ahlah masyarakat kita jadi lebih bermartabat

  2. dionpdpion says:

    meditasi, buat lebih segar pikiran anda

  3. Lidya says:

    sekarang waktunya saya istriahat nih bun akanya bisa jalan-jalan ke blognya bunda

  4. aritunsa says:

    wahhh saya banget ini Bun, hihi. Meskipun menatap layar jadi pekerjaanku tapi bukan komen status orang, hehe..
    kalo saya tiap jumat bersama keluarga full, hari2 lain sih juga tapi waktunya gak full seharian😀
    salam

  5. Imelda says:

    untuk memanjakan diri aku belum bunda, karena sayang rasanya membuang uang untuk diri sendiri. Karenanya saya heran kalau melihat teman-teman di sini yang bisa secara rutin ke salon untuk facial malahan. Bayangin sekali facial bisa 1 juta yen. Ke salon potong dan cat pertama dan terakhir buatku yaitu waktu aku harus bayar 1,6 juta! Bah, mending uangnya untuk makan hehehe.
    Karena itu minimun 2 bulan sekali aku bertemu teman untuk lunch bareng. Kalau sempat juga mencari restoran dari berbagai negara, semacam wiskul.

    dan benar bunda soal telepon. Aku hampir tidak pernah mengangkat telepon dari orang hehehe. Apalagi kalau lihat namanya di display. Kalau ada waktu sih bisa angkat (dengan siap-siap waktu terbuang). Jadi biasanya aku cuekin telponnya dan menanyakan maksud dia telepon via sms/email.

  6. mechta says:

    Setuju, Bunda…. dan saya skg harus pintar2 bagi waktu agar tak kehilangan kehidupan sosial akibat pekerjaan… hehe…

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s