Edamame
123.rf.com

Jika Anda mengalami masalah pencernaan atau berisiko tinggi mengembangkan penyakit jantung atau diabetes, dokter mungkin akan menyarankan agar Anda memasukkan lebih banyak serat dalam menu harian Anda.
Serat adalah karbohidrat yang mudah dicerna yang hadir dalam makanan tertentu.
Jika Anda mencoba untuk meningkatkan asupan serat harian Anda, berikut adalah makanan yang baik untuk dikonsumsi.

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung banyak serat.
Menurut ahli gizi, kacang hitam dan kacang merah merupakan salah satu sumber serat terbaik.
Anda bisa mendapatkan sekitar 15 g serat atau lebih per 1 cangkir penyajian.

2. Berry

Buah-buahan merupakan sumber serat yang baik.
Menurut para ahli gizi, raspberry, blackberry , strawberry dan elderberry adalah sumber terbaik dari serat makanan, dengan 8 sampai 10 g serat per 1 cangkir penyajian.

3. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau adalah sumber makanan yang kaya akan zat besi, beta-karoten dan serat. Menurut para ahli gizi, sayuran hijau seperti bayam, lobak hijau, dan bit hijau, merupakan sumber serat terbaik.
Satu cangkir penyajian mengandung 4 sampai 5 g serat.

4. Jagung

Jagung mengandung banyak antioksidan.
Sekitar setengah cangkir biji jagung, mengandung 2 gram serat.
Popcorn (tanpa garam atau bumbu) juga merupakan makanan sumber serat, dengan sekitar 3,5 gram serat per tiga cangkir penyajian.

5. Alpukat

Alpukat merupakan sumber serat terbaik, dengan dua sendok makan per porsi alpukat memiliki sekitar 2 gram serat dan daging buah keseluruhannya mengandung sekitar 10 gram serat.
Alpukat juga merupakan sumber asam lemak tak jenuh tunggal yang dapat menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung.

6. Edamame

Edamame adalah sejenis kedelai berbiji besar berwarna hijau.
Setengah cangkir edamame dapat berisi hingga 11 gram protein dan 9 gram serat, tergantung pada merek produk yang Anda beli tentunya.

7. Beras merah

Jika Anda seorang pemakan beras putih, dengan tekstur kenyal dan rasa yang gurih, Anda tampaknya harus mulai membiasakan diri dengan mengonsumsi beras merah.
Setiap cangkir beras merah mengandung 3,5 gram serat.

8. Pir

Seperti kebanyakan buah-buahan dengan kulit yang bisa dimakan, pir adalah buah yang paling bergizi dan kaya serat ketika kulit mereka dikonsumsi secara utuh.
Sebuah pir mengandung sekitar 5,5 gram serat.

9. Brokoli

Kita semua tahu bahwa brokoli sangat baik untuk kesehatan.
Brokoli dapat mencegah kanker dan juga mengandung banyak serat .
Anda akan mendapatkan sekitar 5,1 gram dalam secangkir brokoli rebus.

10. Apel

Seperti halnya pir, apel adalah buah yang harus dimakan bersama dengan kulitnya.
Karena di situlah, nutrisi dari apel tersimpan.
Sebuah apel ukuran biasa mengandung sekitar 4,4 gram serat.

Inilah sepuluh makanan kaya serat yang baik untuk Anda konsumsi setiap hari.
Selamat mencoba!

 

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

3 responses »

  1. dari list di atas yang agak kurang suka beras merah bun

  2. Salah satu fungsi serat adalah dapat memperlancar pengeluaran sisa metabolisme dalam tubuh. Terimakasih sharingnya bun. Salam sukses

  3. Iksa says:

    Makanan kita umumnya banyak serat

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s