nurtrisijiwa.com

Berlibur sendirian bagi banyak orang mungkin terdengar sepi dan menakutkan.
Namun berlibur sendirian ternyata bisa memberikan banyak manfaat.
Generasi petualang biasanya berlibur dan bepergian sendirian untuk mencari jati diri mereka.

Di samping bisa mendapatkan petualangan, berlibur sendirian juga memberikan keuntungan besar bagi pikiran yaitu meredakan stres.
Berikut adalah lima manfaat berlibur sendirian bagi kesehatan pikiran dan mental  :

1. Menumbuhkan kesadaran

Bepergian atau berlibur sendirian bisa membantu Anda meningkatkan kesadaran, baik kesadaran terhadap keadaan Anda, lingkungan, atau masalah yang sedang Anda hadapi. Bepergian sendirian menjauhkan Anda dari gangguan.
Anda bisa lebih fokus pada diri sendiri dan membangun kesadaran terhadap semua panca indera Anda.
Melatih kesadaran dengan meditasi telah diketahui mampu menurunkan kadar hormon stres.

2. Menghindari depresi

Penelitian di Belanda menunjukkan bahwa berlibur bisa meningkatkan perasaan bahagia dan senang bahkan sejak delapan minggu sebelum berlibur.
Hal ini tentunya akan mencegah Anda merasa depresi.
Penelitian juga menunjukkan bahwa menghabiskan waktu untuk berlibur sendirian bisa menjauhkan seseorang dari depresi.

3. Temukan jaringan baru

Ketika bepergian sendiri Anda bisa menentukan dengan bebas apakah Anda ingin berjalan-jalan sendiri atau ingin berkomunikasi dengan orang di sekitar.
Meski akan menyenangkan untuk memiliki kenangan liburan bersama keluarga, namun Anda juga bisa membangun koneksi baru dengan orang yang belum Anda kenal selama perjalanan.

Bepergian sendirian juga membuat seseorang lebih mudah berkomunikasi dengan penduduk lokal, karena hal tersebut akan lebih susah dilakukan secara berombongan.
Interaksi sosial diketahui mampu meningkatkan fungsi kognitif serta menurunkan hormon stres.

4. Tak terikat jadwal

ketika pergi bersama rombongan, bisa dipastikan Anda akan memiliki jadwal bersama.
Ini terkadang membuat liburan terasa kurang memuaskan dan justru menambah stres.
Dengan bepergian sendirian Anda bisa mengatur waktu sesuka Anda.
Anda bisa bepergian ke manapun selama apapun Anda mau.
Ketika ingin istirahat, Anda bisa istirahat lebih lama.

5. Waktu untuk introspeksi diri

Melakukan perjalanan sendirian membuat seseorang semakin mengenal dirinya sendiri. Untuk itu benar jika berlibur sendirian adalah salah satu bentuk pencarian jati diri.
Bepergian sendiri, seperti halnya menulis diary juga bisa menurunkan tingkat stres.
Selain itu, ketika bepergian sendiri Anda memiliki banyak waktu untuk melakukan perenungan, refleksi diri, serta introspeksi.

Jadi, tunggu apa lagi? Jangan ragu-ragu untuk melakukan perjalanan dan liburan sendirian.

Selamat berlibur…………..

Salam

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

10 responses »

  1. saya lebih senang berlibur sendirian ketempat-tempat yang memang dibutuhkan ketenangan kayak museum, tempat2 bersejarah, pagelaran seni, etc. Tapi kalau untuk senang-senang apalagi bareng keluarga enaknya rombongan, rame-rame lebih seru!

  2. Walter Pinem says:

    saya beberapa kali pernah hampir traveling sendirian, tp masih banyak mikir soalnya ngga enak senang2 sendirian hahaha tp perlu dicoba juga nih, bunda. kali2 saya bisa ngerasain apa yg bunda tulis disini hehehe nice post😀

  3. nuansapena says:

    Saya setuju dengan pendapat bunda, kadang kita perlu rehat dengan orang-orang di lingkungan sekitar kita, tentunya dengan tujuan positif menghilangkan kejenuhan rutinitas, yaa seperti kegiatan memancing atau membaca buku atau novel di puncak gunung atau membangun silaturahmi.

  4. Suse Herleni says:

    Nice tips Bun! Jadi inget pernah liburan sendiri dulu, wkt masih single, tahun 1993. Modalnya peta di tangan, cukup bekel, dan nggak malu bertanya. tapi sekarang setelah ada keluarga, kayak berdosa kalau liburan sendirian nih…🙂

  5. Perlu di coba nih, tapi sayang belum waktunya libur bagi saya bun😀

  6. Lidya says:

    cocok sekali dicoba untuk saya ya bun

  7. Ibu Bedak says:

    Halo Bunda, terdengar menyenangkan ya libur sendirian. Pengen sebenernya bun, tapi faktor keamanan selalu membuat saya memilih liburan bareng x.x

  8. nh18 says:

    Tak Terikat Jadwal …
    Itu menurut saya yang terutama … !!!
    hahaha

    Salam saya

  9. Mood says:

    Belum pernah berlibur sendirian, biasanya berdua / beramai ramai sama kawan. Mungkin karena saya biasa liburannya naik gunung jadi kalo sendiri repot bawa alat alat seperti tenda, kompor, kantong tidur dan lainnya. Kalo ada temannya kan bisa berbagi dalam membawa alat alatnya.
    Tapi setelah membaca artikel Bunda, rasanya kepingin juga nyoba berlibur sendirian.

    Salam. .

  10. bunda lily…saya belum pernah nih liburan sendirian…bawaannya kalau liburan tuh mo pergi bareng sama keluarga…rasanya maknyuss deh kl sama keluarga…. hehehehe

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s