Saat Ramadan, banyak makanan tersisa yang terpaksa dibuang.
Hal ini terjadi karena makanan tidak bisa disimpan atau dimakan selama puasa.
Agar hal seperti itu tidak terjadi, coba simak tips mudah menghindari buang-buang makanan seperti berikut ini.

Jangan beli makanan saat terlalu lapar
Anda pasti suka memborong makanan sebelum berbuka ( lapar mata )
Yakin pada diri sendiri bahwa semuanya bisa dihabiskan.
Namun apa yang terjadi jika waktu puasa tiba?
Banyak makanan yang tidak bisa Anda lahap semuanya.
Sebagai pelajaran berharga, jangan ulangi membeli makanan saat terlalu lapar.

Menyimpan makanan dengan baik
Beberapa jenis makanan bisa disimpan dalam lemari es.
Bungkus dengan baik dan pastikan jangan disimpan terlalu lama.
Bedakan pula makanan yang harus dihabiskan dalam sehari atau bisa dinikmati hingga beberapa hari ke depan.

Memasak lebih sedikit
Nah, kalau Anda memasak sendiri hidangan untuk sahur dan berbuka, kurangi porsinya.
Mungkin pada awalnya masih ada sisa dari masakan Anda.
Namun lama-lama Anda pasti terbiasa dan menghindari kebiasaan membuang makanan.

Jangan terjebak penawaran di toko
“Beli dua dapat tiga!” Promosi seperti ini sangat gencar dilakukan berbagai produk makanan selama Ramadan.
Anda patut hati-hati dan tidak terjebak dalam iming-iming tersebut.
Sebab hal itu bisa membuat Anda belanja lebih banyak.
Kesempatan membuang makanan pun jadi semakin besar.

Merencanakan sisa makanan
Kesulitan mencicipi makanan saat puasa juga membuat seseorang sering menyisakan santapannya.
Kalau hal ini terjadi, Anda harus punya rencana mengenai makanan yang tersisa.
Coba olah kembali agar cita rasa dari masakan Anda lebih lezat.

Demikian berbagai tips mudah agar tak membuang makanan saat Ramadan.
Sebaiknya Anda benar-benar menghindari kebiasaan tersebut.
Sebab membuang makanan termasuk mubazir yang merupakan tindakan tercela, ya khan??!

Semoga bermanfaat……

Salam

Gambar diambil dari sini

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

27 responses »

  1. Wah artikel yg bagus nih, bisa buat dipraktekin utk hemat belanjaan tiap bulan agar gak bikin kantong cepet bolong…soalnya aq orangnya suka belanja, apalagi belanja jilbab dari PRODUSEN MUKENA KATUN JEPANG. karena jilbabnya nyaman, lembut dan adem. Makasih ya udah berbagi tips dan ceritanya…

  2. ndundupan says:

    Saya makan dirumah enggak pernah beli๐Ÿ˜€. makasih tipsnya bunda, bisa buat bunda dirumah. gak lama lagi kan udah puasa lagi๐Ÿ˜€

  3. Saya terkadang begitu, suka beli banyak makanan sebelum berbuka.. Soalnya lapar mata ditambah lapar perut..

    Tapi ujung-ujungnya, begitu waktu buka ya ga abis makanannya.. Untungnya makanan masih bisa dimasukin kulkas

  4. […] View original post here: Tips Membeli Makanan Di Bulan Ramadhan | Bundadontworry's Blog […]

  5. anna says:

    Ah iya.. Beli makanan pas sblm buka.. Semua2 pengen dibeli dah.. ๐Ÿ˜ž Mubazir.

  6. mei says:

    aku sering gak enak badan kalo kebanyakan buka puasa karena lapar mata mungkin.. ama Ortu sering dibuatin banyak makanan jadi sering undang adik tetangga untuk makan bersama, sedih mo nyisaiin. tapi tipsnya aku coba praktek nanti terima kasih bunda๐Ÿ˜€

  7. Bunda, blognya ciamik beut deh. Aku mau berbagi nh: mudah2an bermanfaat buat pengunjung setia blog ini. Resep: Bread Cheese Stick Ala Chef Marinka

    http://www.sayangi.com/gayahidup1/kuliner/read/3038/resep-bread-cheese-stick-ala-chef-marinka

  8. Aura Pelupa says:

    Kalau saya cukup air putih dan 3 butir kurma untuk buka, setelah terawih baru makan itupun secukupnya saja. Tipsnya kusalin bunda untuk isteri. trims

  9. Hadi says:

    Terimakasih tips ramadhan nya bunda..

  10. galz25 says:

    Hai bunda………….lama sekali aku tak berkunjung. Makasih banyak infonya ya bundaaaa….

  11. Anton says:

    Tipsnya sangat bagus Bun…salam kenal. ya Bun, ini perdana. Alhamdulillah..pola makanku saat Ramadhan biasa saja. Pas buka cukup minum dan kurma atau makanan yang manis. Pulang shalat taraweh, baru makan nasi secukupnya…

  12. ded says:

    Alhamdulillah klo saya makan secukupnya saja bun, masalah nya dengan anak perempuan semuanya pengen dibeli. Tapi untuk makanan tsb bs tahan lama.

  13. hehe,, kirain bakal muat ehh ternyata ngga ,, saya akan lebih irit lagi supaya gk mubajir

  14. trima kasih bun atas tips ya tapi kalau saya ada sisa makanan suka di kasih orang,,, gk papah kan bun?

  15. makasi infonya sangat bermanfaat sekali.
    membeli makanannya sesuai dengan bajet juga

  16. Idah Ceris says:

    “Jangan beli makanan saat terlalu lapar” unik juga nih, Bund.
    MEmang kalau sedang puasa tuh bawaanya pingin beli semua makanan yang menggiurkan lidah. .๐Ÿ™‚

  17. sari says:

    yang penting adalah jangan pernah membuang2 makanan walaupun bukan di bulan ramadhan…

  18. Rizal says:

    Syukurlah saya pria, jadi jarang belanja buat beli buka puasa ^_^
    Tapi kalau istri, ampun deh… berkali-kali diingetin ngga usah masak banyak-banyak, masih aja masak banyak. Untung di belakang rumah masih bisa pelihara ayam, jadi bisa bagi rezki sama mereka… hihihi

  19. Membuang makanan kata ibu saya sangat berdosa..apalagi makan gak dihabisin ooh bisa di basuhkan di muka ini…

  20. pa says:

    Betul bunda, membuang makanan di saat bulan puasa mengalami peningkatan, sebenarnya hal ini sangat di sayangkan, namun terkadang kejadian semacam ini tak ada unsur ke sengajaan, tapi berkat tips yang bunda tulis disini mudah-mudahan dapat kami terapkan di dalam kebiasaan kami sehari-hari terutama di saat bulan puasa, terima kasih bunda, selamat menunaikan ibadah puasa, semoga amal kita di terima oleh allah amin….

  21. yadisuciyadi says:

    tips nya sangat bermanfaat bunda.,.,.,.

  22. Lidya says:

    serba ingin dibeli Bun kalau bulan puasa padahal belum tentu dimakan semua ya๐Ÿ™‚ eh itu sih saya hehehe

  23. Gunt says:

    tips yang bagus. bleh menambahkan?
    1. pertimbangkan isi dompet
    2. pertimbangkan kesehatan
    3. pertimbangkan nilai ibadah, misalnya dianjurkan berbuka dengan kurma, buah-buahan yang tidak dimasak untuk keperluan berbuka. Juga jangan berlebih-lebihan.

  24. nyapurnama says:

    tips nya bermanfaat banget bunda, aku suka tuh kalap beli makanan kl sebelum buka x)

  25. LJ says:

    Inon tuh Mam.. klo laper, semuanya pingin dibeliiii…๐Ÿ˜›

    selamat pagi yang indah wat my lovely mamih.

  26. Artie says:

    terimakasih tipsnya bunda..๐Ÿ™‚

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s