Anak berbohong tidak sama dengan orang dewasa berbohong.
Apa saja alasan anak berbohong, berikut alasannya:

1. Takut Disalahkan
Anak berbohong dapat disebabkan karena ia memiliki pengalaman buruk tentang menghadapi kesalahan. Jika anak pernah dipojokkan dan merasa “terhukum” ketika bersalah, anak akan memilih opsi berbohong untuk menghindari hukuman, tanggung jawab, atau takut disalahkan.

2. Terlihat Lebih Hebat
Alasan lain ketika anak berbohong, ia ingin terlihat lebih hebat dari yang sebenarnya dan ini terjadi pada anak yang sering dibandingkan dengan anak yang lain.

Rasa kurang percaya diri membuat anak bereaksi ingin mencitrakan dirinya lebih dari yang ia miliki sekarang.
Apalagi jika ia berada di lingkungan peer (kelompok sosial) yang hebat.

3. Merasa Tidak Punya Pilihan
Pada pola asuh yang kontrolnya terlalu kuat atau orangtua otoriter, anak selalu berpikir kesalahan adalah sesuatu yang tidak terampuni.
Ketika melakukan kesalahan, anak pun menjadi selalu dibayangi ketakutan akan risiko kesalahan.

4. Tidak Ingin Kecewa
Bila orangtua senantiasa menanamkan ekspektasi yang tinggi, anak bisa saja berbohong ketika bereaksi terhadap masalah semata-mata karena tak ingin orangtuanya kecewa.

5. Tidak Dihargai
Prinsip orangtua yang hanya memedulikan hasil dan tidak mempertimbangkan proses ini membuat anak berbohong ketika ia merasa tidak mendapat reward yang cukup.

Salam

Gambar diambil dari sini

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

12 responses »

  1. mesin kasir says:

    betul banget itu bun

  2. mesin kasir says:

    betul banget tuh bun😀

  3. orangkepri says:

    tulisnya enak dan bermanfaat bagi yang baca… makasih ya dah dikasih kesempatan mampir and teruslah menulis yang bermanfaat bagi orang banyak

  4. mesin kasir says:

    ya bunda trims atas segala pengarahan untuk bimbing si kecil

  5. info yang bagus semoga bermanfaat buat kita semua.amien

  6. ini baru faktual,,,makasih udah berbagi🙂

  7. hani wahab says:

    sebenernya alasan ini nggak berlaku buat anak aja ya bunda, alasan orang dewasa berbohong juga biasanya seputar yg lima ini, thanks for sharing

  8. LJ says:

    eMak klo marahin Yudha kan suka serem gitu Mam.. jadinya Yudha biar gampang iya-iyain aja semua yang eMak bilang.. tapi besoknya dikerjain lagi.. hadehh, memang yg paling baik itu ajak anak berkomunikasi bukannya dimarahin sampai dia merasa terpojok trus akhirnya bohong.

    makasi sharingnya mamih sayang.

  9. nh18 says:

    Menurut pendapat saya …
    alasan nomer 1 dan juga alasan nomer 4 …
    Saya rasa paling sering kita jumpai …

    mudah-mudahan kita semua bisa lebih bijak dalam menyikapi hal ini … dan mencoba untuk meminimalisir hal ini

    salam saya

  10. Murtiyarini says:

    Thanks for Sharing. Jadi rambu-rambu buat saya juga.

  11. bunda sudah lama puteri ngga kemari..semoga bunda sehat selalu.
    sedang berusaha supaya bisa toleran dan ga terkesan otoriter dg anak nih bun…ada tipsnya ga?
    salam bun


    apa kabar Puteri? semoga selalu sehat ya, aamiin
    sama, bunda juga sudah lama gak bewe ke tempat Puteri 😳

    kayaknya bunda punya tipsnya Put,
    tapi…tunggu besok aja yaaa.sekalian di publish🙂
    ( sok iye banget nih si bunda)😛
    salam hangat untuk keluarga ya Put…..
    semoga selalu sehat ,aamiin

    Salam

  12. bunda lily…kasih tips gimana caranya membuat anak2 menjadi tidak bohong donk…. hehehehe

    insyaAllah ya Necky besok mudah2an sudah bisa bunda publish kiat2nya ….hehehe🙂

    salam hangat utk keluarga , semoga selalu sehat ,aamiin

    salam

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s