Pasta adalah makanan olahan yang berasal dari Italia.
Pasta dibuat dari adonan campuran antara tepung terigu, air, telur dan garam.
Dari adonan ini, pasta dibentuk menjadi banyak rupa.

img.sedikit tentang pasta/bundadontworry.wordpress.com

Penne pasta

Pasta dapat dikatakan sebagainya ‘nasi’-nya orang Italia dan telah menjadi bagian penting dari hidup mereka.
Sekarang ini, banyak sekali rumah makan, baik Italia maupun bukan yang menyajikan pasta sebagai salah satu menu utamanya.

Pasta berasal dari bahasa Italia ‘pasta alimentare’ yang berarti adonan bahan makanan.
Dalam arti luas, ‘pasta’ bisa berarti semua adonan seperti adonan roti, pastry, atau cake.
Dalam bahasa Italia, ‘pasta’ yang khusus sebagai pasta,  disebut pastasciutta.

Pasta dibuat dari tepung terigu semolina yang merupakan hasil gilingan biji gandum durum dicampur telur sehingga sedikit berwarna kuning cerah, dan bila dimasak dengan benar akan menghasilkan tekstur sedikit kenyal.

Pasta buatan Amerika sering dibuat dari campuran tepung terigu farina dan semolina,
sehingga memiliki tekstur lebih lembut yang cocok untuk dijadikan hidangan seperti kaserol.

Di luar negara asalnya di Italia, pasta biasanya dijual di dalam kemasan dalam bentuk kering.
Pasta kering dibuat di pabrik dengan menggunakan mesin ekstrusi yang mendorong keluar adonan pasta melalui lubang-lubang saringan.

Bentuk-bentuk pasta yang lain diperoleh dengan menggiling adonan pasta menjadi lembaran yang kemudian dipotong-potong atau dicetak.

Pasta segar buatan rumah tangga dan restoran dibentuk dengan tangan beberapa saat sebelum pasta direbus.
Pasta segar memerlukan waktu masak yang lebih singkat, namun tidak tahan lama disimpan karena kadar airnya yang tinggi.

Sedangkan pasta kering bisa tahan disimpan hingga tiga tahun atau lebih karena kandungan airnya yang rendah, sekitar 10% saja.
Ada juga pasta yang sudah dimasak dan tinggal dipanaskan dengan oven microwave yang sering dijumpai di bagian makanan beku pasar swalayan.

 

Jenis jenis  pasta

 

 

variety of pasta

Pasta terdiri dari berbagai bentuk dan ukuran.
Di Italia terdapat lebih dari 650 jenis pasta dan hampir setiap tahun tercipta bentuk yang baru.
Pasta yang berbentuk panjang seperti mie disebut spaghetti,
variasinya yang lebih kurus disebut vermicelli,
sedangkan variasinya yang lebih panjang dan pipih (seperti kwetiau) disebut linguine.
Versi tebal dari linguine adalah fettucine.

Nama jenis pasta biasanya diambil berdasarkan nama bentuknya dalam bahasa Italia.
Pasta berbentuk pendek disebut penne (pena), sedangkan pasta berbentuk kupu-kupu disebut farfalle.

Semoga bermanfaat.

 

 

 

Salam

Gambar diambil dari sini

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

10 responses »

  1. mesin kasir says:

    jadi kepingin😀

  2. mesin kasir says:

    hhmmm so delicious

  3. prih says:

    Aneka bentuk dan trio jagoan suka makannya (mereka buat scr sederhana, kadang plus sarden atau korned). Variasi asupan karbo nih Uni Ly. Salam kami

  4. Ani Mulyani says:

    kayaknya nikmat bunda…

  5. Lidya says:

    aku juga suka pasta buatan bunda, mau nambah malu hehehe ooops . Bunda aku gak bisa buat yang seperti itu bumbunya apa ya? Pascal sama Alvin suka loh makan pasta tapi ya standar rasanya kalau saya yang buat

    Terimakasih Lidya….🙂
    padahal itu si pasta fetucini bikinan bunda , kurang bumbu (garam) karena memang bunda lagi ngurangin konsumsi garam🙂
    pasti Pascal dan Alvin lebih suka buatan Mama Lidya, karena selalu pake bumbu cinta, dan jadi pasta terlezat ala Mama Lidya, iya khan ?🙂

    bumbunya sih cuma, bawang putih+bawang bombay di tumis pake minyak zaitun.
    tambah jamur + daging tuna pake minyak zaitun
    dan ditambahin daun parsley + keju kraft parut .😉

    Salam

  6. indra kh says:

    Cuman tahu dua, bunda: spaghetti dan fettucine🙂 Trims ilmunya

    padahal yang lainnnya juga enak rasanya Indra
    cobain deh ….🙂

    salam

  7. isnuansa says:

    Kenalnya cuma spagheti doang, Bunda. Yang laennya belom pernah nyobain kayaknya.😀

    apa kabar Mbak Is?

    senengnyaaa…..disambangi sahabat lama…🙂
    semoga Mbak Is dan keluarga selalu sehat ya, aamiin

    atuh lain kali dicobain Mbak, pasti doyan deh ….🙂

    salam

  8. nchiehanie says:

    Aku suka semua jenis pastaa ..
    duduk manis menunggu bunda masak pasta..

    heheheee…….dan, fetucini yang waktu itu bunda bikin

    pasti rasanya kurang bumbu ya Mo ….😀

    ( akh, jadi pingin malu nih) 😳

    salam

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s