Transit Lounge at Dubai Airport

Sebuah perjalanan panjang yang melintasi benua biasanya memerlukan transit — persinggahan sementara di bandara tertentu yang biasanya terletak di antara bandara keberangkatan dan tujuan.

Sebagai penumpang, yang kita ketahui umumnya hanyalah berapa lama dan tempat transit.
Banyak orang berkata, masa transit yang singkat itu bagus, karena kita tidak perlu menunggu lama mencapai tempat tujuan.
Tetapi tahukah Anda bahwa masa transit singkat itu justru membuat kita lelah?

Selain karena harus buru-buru mengejar pesawat, kita tidak akan sempat beristirahat dari ruang duduk pesawat yang sempit itu.
Bayangkan saja: kita hanya pindah pesawat untuk kemudian duduk tak bergerak lagi selama berjam-jam.
Masa transit yang cukup lama akan membantu kita mengatasi jet lag dan menikmati perjalanan.
Tetapi, sisi negatifnya, jeda panjang dapat membuat kita bosan dan lelah.

Berikut ini beberapa hal yang dapat kita lakukan selama transit:

Mandi

Hampir setiap bandara transit menyediakan kamar mandi, walau tak semua
diperlengkapi dengan alat mandi seperti sabun atau shampo.
Di Dubai,misalnya, terdapat dua jenis kamar mandi.
Pertama, yang gratis namun tanpa alat mandi.
Kedua, yang berbayar ($ 5-15, Rp 45-130 ribu) dengan alat mandi lengkap — sikat gigi, sabun hingga handuk.
Kita pun menjadi lebih segar dan rileks untuk melanjutkan separuh perjalanan yang tersisa.

Istirahat

Jika membawa selimut atau bantal kecil, Anda bisa mencoba merebahkan diri dan tidur di sudut-sudut bandara yang aman dan nyaman.
Beberapa bandara, seperti Incheon di Seoul, bahkan menyediakan tempat istirahat dengan kursi yang bisa direbahkan.
Ada pula beberapa kursi pijat tanpa bayar ( Changi Airport Singapore) .
Tetapi jika masa transit lebih dari 12 jam, sebaiknya Anda menyewa kamar di hotel transit.

Menyambangi dunia maya

Gunakanlah laptop atau telepon seluler Anda untuk tersambung ke Internet dengan fasilitas Wi-Fi gratis, atau gunakan komputer yang tersedia di bandara.
Daripada menelepon rumah, lebih murah chatting kan?

Membaca

Punya beberapa buku yang belum selesai dibaca?
Saat-saat seperti ini sangat cocok untuk membaca buku sampai habis!

Berkeliling bandara

Setelah berjam-jam duduk terus di pesawat, inilah saatnya berolahraga kecil!
Jalan-jalan keliling bandara yang besar bisa membunuh kebosanan.
Beberapa bandara punya museum atau kegiatan kebudayaan (misalnya, menggambar atau membuat kerajinan tangan).
Banyak bandara yang arsitekturnya menarik dan mengagumkan.

Keluar bandara

Bila ketentuannya memungkinkan, kita bisa keluar dari bandara dan menikmati lokasi di sekitar.
Periksalah terlebih dahulu di Internet, apakah kita bisa melewati imigrasi tanpa harus punya visa atau ketentuan lain.

Warga Indonesia yang transit di Hong Kong, Singapura, Istanbul, Bangkok atau Kuala Lumpur bisa keluar bandara tanpa harus menggunakan visa yang diurus sebelumnya.
Kabarnya, untuk Seoul dan Taipei kita bisa keluar imigrasi, asalkan menunjukkan visa negara tujuan seperti Amerika, Jepang atau negara Eropa dan punya tiket terusan.

Bercengkerama

Pergi berdua pasangan atau bersama keluarga?
Inilah saatnya Anda bersenang-senang dengan rekan perjalanan.
Bermain dengan anak, bercanda dengan istri atau teman, atau mengajak mereka makan di suatu tempat.
Nikmatilah perjalanan sesungguhnya.

Mengamati pesawat

Bagi penggemar dunia penerbangan, bandara adalah tempat yang menyenangkan.
Di sini dapat terlihat pesawat yang baru mendarat atau lepas landas.
Ada pula yang merapat ke apron lalu mengeluarkan penumpang.
Amatilah berbagai jenis pesawat, ambil foto pesawat maskapai tertentu dan upload ke Flickr.
Lumayan kan untuk ”killing time” sementara menunggu pesawat yang kita tumpangi berangkat dan membawa kita ke tempat tujuan .

Semoga bermanfaat.

Salam

Gambar dipinjam dari sini

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

15 responses »

  1. mesin kasir says:

    infonya penting bun

  2. mesin kasir says:

    wah kalo saya sih bund belum pernah transit, krn ribet suka yg langsung landas aja

  3. mesin kasir says:

    Bener Banget Bunda…

    Jempol Sepuluh Buat Bunda…

  4. anang says:

    bagus sekali tipsnya. .

  5. prasasti says:

    artikel tips yang menarik,sayang belum pernah transit..he,,he

  6. aswin says:

    tips yang menarik

  7. aku bunda saking keasyikannnya keliling bandara tiketnya ketinggalan sama hubby akhirnya aku diuber2 petugas bandara….lucuuuuu dan bikin maluu ke jadiannya he…he…

  8. vitta says:

    Can’t wait to do the tips hehe…
    Maksudnya mau dong jalan-jalan pake transit gitu *belumpernahsih*
    Ada tips untuk perjalanan darat by car yang lebih dari 5 jam, bun?

  9. anna says:

    aih keren sekali tips nya bunda…
    keliatan yah emang kalo bunda sering jalan2… mantan pramugari gitu lho…
    kalo saya sih kalo pas gak capek ya keliling… foto2..
    kalo pas capek… duduk dan tidur bunda…

    kalo transit sampe 12 jam saya belum pernah… maksimal ya 5 jam aja udah bosen banget.. hehe…

  10. usagi says:

    Malammmm mammm
    Baru sadar udah seminggu gak pernah bw ke rumah emaknyaaaa
    Miss you a lot mamm

    Tahu gakk anak mu ini kan gak betah diem ya,, jdi jangankan transit di krta atau di mana pun kalau nemu momen diem dan gak ngapa2in itu adalah bagian yg membosankan

    Cara menyelesaikannya adalah
    Ambil headset pasang kuping
    Bw,, dan chatting

  11. Batavusqu says:

    Salam Takzim
    Terima kasih bunda tipsnya, tapi kalau ke Makassar saya ga belum pernah transit bund. siapa tau nanti saya ke ambon transit di sana bisa memanfaatkan waktu istirahat
    Salam Takzim Batavusqu

  12. ded says:

    Cuma yang anehnya jika kita terbang ke Eropa, transitnya di Changi. Padahal menurut saya (sbg orang awam) sebaiknya di Turkey atau dipertengahan perjalanan.
    Apa karena pesawatnya SQ ya Bun..???

  13. Masbro says:

    Ow, ternyata masa transit yang sebentar semakin membuat kita lelah.. Ilmu baru buat saya, hehe.

    Sependapat dengan Mas Mabruri, tips nya luas Bunda, bisa kita terapkan di bidang yang lainnya.

  14. bener bun, jangankan yg pake pesawat, yang perjalanan semisal pake bus aja kalau istirahatnya cuman sebentar, kalau saya mending nda usah istirahat sekalian.
    sama juga kalau olahraga, lagi semangat2nya trs ada yg minta jeda beberapa menit malah bikin kendor lagi semangatnya….

    makasih bunda buat tipsnya,, bisa diterapkan dimana saja ko itu, ga harus perjalanan pake pesawat…🙂

    salaam

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s