Siapa yang tidak suka minum jus buah?
Warnanya cerah dan terang, rasanya manis, dan baik untuk kesehatan.
Tapi tunggu dulu, tidak semua ahli gizi berpendapat demikian.
Meski jus kaya akan vitamin, tapi jangan tutup mata pada bahayanya.

Yang Boleh
Bila Anda ingin memetik manfaat dari segelas jus,
para ahli gizi menyarankan  untuk mengonsumsi jus sayuran.
Kandungan likopen dalam tomat telah diteliti mampu mengurangi risiko kanker prostat.
Campuran beberapa jenis sayuran yang dijus juga menjadi sumber serat dan mengontrol rasa lapar.
Selain itu, kadar gula dalam jus sayuran lebih sedikit dan hanya mengandung sedikit kalori.
Cocok untuk mereka yang sedang diet.

Yang terlarang
Berhati-hatilah pada minuman yang termasuk dalam juice cocktail, juice drink atau juice flavored beverage.
Ketiga jenis minuman itu biasanya hanya mengandung sedikit buah asli.
Bahan utamanya adalah air, gula, dan sirup rasa buah.
Jus dalam kategori ini tak lebih baik dari softdrink,
yang tinggi gula dan kalori tapi rendah nutrisi.
Penelitian menunjukkan minuman ini akan menyebabkan kegemukan pada anak.

Pilih-pilih buah
Bagaimana dengan jus buah murni yang tidak ditambah pemanis?
Sebagian ahli berpendapat jus buah murni kaya akan vitamin C dan antioksidan untuk melawan penyakit.
Masalahnya jus buah secara alami juga sudah mengandung gula dan kalori.
Misalnya saja jus apel yang kadar gulanya setara dengan permen.
Demikian juga dengan semangka yang mengandung banyak gula.

Bila Anda khawatir pada kandungan gula dalam jus, pilihlah jus buah delima.
Meski banyak mengandung gula dan kalori, namun sangat kaya antioksidan.
Riset menunjukkan delima mengandung zat yang efektif untuk melindungi fungsi otak dan mencegah kanker.

Buah-buahan dalam keluarga berry, seperti cherry, blueberry, dan cranberry, sangat disarankan karena efektif meningkatkan sistem imun tubuh.
Beberapa studi juga menunjukkan buah berry mengandung anti peradangan dan anti kanker.
Minum jus cherry sebelum dan setelah berolahraga bisa mengurangi rasa sakit pada otot akibat aktivitas fisik.

Bagaimana dengan jus orange yang jadi favorit banyak orang?
Kabar baik, jeruk merupakan sumber vitamin C, yang merupakan juara dalam meningkatkan sistem imun.
Tak cuma itu, orange juice juga mengandung kalsium dan vitamin D untuk menguatkan tulang.
Sangat disarankan bila Anda mengurangi gula saat membuat jus ini.
Buatlah jus jeruk tanpa gula dan sertakan pula ‘ampas’ nya yang kaya serat.

 

 

Sumber : WebMD

Salam

Gambar diambil dari sini

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

10 responses »

  1. Hada Maulana says:

    Jus yang sehat adalah jus yang tanpa tambahan gula. Anda yang hobi minum jus dengan tambahan banyak gula, segera beralih ke jus tanpa gula dan rasakan khasiatnya.

  2. mesin kasir says:

    wahh kenapa yang enak yang di larang…?

  3. emonzo says:

    yang paling enak jus buatan sendiri karena bagaimana pun rasanya kita pasti blg enak,,walaupun hanya yang buat menyatakan enak,.,hehhe

  4. Lidya says:

    saya lebih suka jus yang dibuat sendiri (eh salah jus yg dibuat suami bun🙂 )
    kalau jus dalam kemasan rasanya aneh seperti ada rasa obatnya gitu

  5. katanya sih bagusnya gak pake gula ya bun.. tp sy walopun sering bikin sendiri masih suka pk gula nih bun..😀

  6. Orin says:

    Bunda apa kabaaaaar? *kangen*

    Paling tidak minum jus 2 hari sekali Bun, tapi masih beli di gerai jus sih, yg pastinya pake gula, tapi aku suka pesan gulanya ga banyak2 (masih bandel* hihihihi

  7. Iya Bun, makanya enakan jus buatan sendiri ya Bun, jadi kita bisa tahu apa saja bahan yang masuk, gulapun bisa diganti madu🙂

  8. vitta says:

    Jus duren bun, enaaaaaaak😀

  9. genthuk says:

    heeemmmm, sepertin bakal dikurangi nih jus pake rasa buah…..

  10. LJ says:

    Inon masih gak suka tu Maammm…😛

    yang paling baik jus buatan sendiri ya mam, agar bisa terhindar dari zat2 yang merugikan tubuh.. dan dpt diatur campurannya sesuai kesukaan kita.

    selamat pagi mamih sayang.

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s