” Ada beberapa alasan yang dapat diselesaikan dengan menikah, tetapi ada juga masalah yang justru baru muncul ketika menikah. Mengharapkan kebahagiaan ketika menikah, tetapi tak pernah bersyukur ketika masih sendiri adalah sebuah kesalahan besar “

Film “Up in The Air”

Ada begitu banyak orang yang tidak memiliki alasan yang bagus, untuk menjawab pertanyaan “mengapa belum menikah?”, padahal ia telah layak untuk menikah.
Merujuk pada kehidupan Ryan, tokoh utama dalam film “Up in The Air” ( yang diperankan oleh aktor ganteng George Clooney),
yang hidupnya selalu berpindah pindah dari pesawat ke pesawat, hotel ke hotel, dan memiliki pengamatan yang amat jeli kepada kehidupan pernikahan orang orang disekitarnya yang lebih banyak berakhir dengan perceraian ( baca: kegagalan),
saya punya alasan yang logis untuk menjawab pertanyaan diatas tersebut.

Dalam beberapa kesempatan, Ryan menyampaikan ceramah yang unik berjudul ” What’s in Your Backpack?” ( Apa yang ada dalam ranselmu?).
Dalam cermah itu dalam garis besar Ryan mengemukakakan pendapatnya yang lugas : ” Sederhanakan hidupmu, tak perlu memasukkan banyak hal dalam hidupmu, tak perlu membebani hidupmu dengan apapun”.
Dengan kata lain, Ryan mengajak kita untuk membayangkan , jika kita hendak berkelana dengan hanya dengan membawa satu ransel.

Umumnya, orang beranggapan bahwa kehidupan seseorang yang sudah mapan, sejahtera, dan sehat, pantas diimbangi dengan pernikahan yang baik.
Namun, sekali lagi, saya nyatakan, Ryan memiliki alasan yang bagus untuk tetap melajang dan bertualang sembari bekerja.

Akan tetapi, yang menjadi pertanyaannya adalah; sampai sejauh mana alasan itu bisa dipertahankan, terlebih ketika kesepian mulai mendera?
Mungkin, hanya Tuhan yang tahu – apakah ini juga alasan yang bagus??

 

 

 

Salam

Gambar diambil dari sini

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

9 responses »

  1. ” Ada beberapa alasan yang dapat diselesaikan dengan menikah, tetapi ada juga masalah yang justru baru muncul ketika menikah. Mengharapkan kebahagiaan ketika menikah, tetapi tak pernah bersyukur ketika masih sendiri adalah sebuah kesalahan besar “
    Saya suka quote ini.. senantiasa bersyukur di kala sendiri maupun saat sudah menikah. Semua orang selalu punya masalah, apapun kondisinya. kenapa harus diambil pusing?🙂 Jadi mending segera menikah aja, saya percaya bahwa akan lebih banyak kebahagiaannya ketimbang masalahnya kok. hihihi

    jualelektronikmurah.com

  2. Persiapkan KONTEN untuk melobi.
    Apa c konten? Setiap permasalahan komunikasi ingin menikah punya konten berbeda, tetapi biasanya yang seragam itu adalah soal tujuan.
    Keinginan selalu dilatarbelakangi oleh sesuatu tujuan, begitupun menikah.
    Apa tujuan dari sebuah pernikahan?

    Setidaknya ada 4 tujuan utama yang disebutkan dalam al-Quran dan as-Sunnah:

    1. Menjaga kesucian farj (kemaluan) dari perzinaan serta menjaga pandangan mata. (QS 24: 30-31)
    2. Melahirkan rasa tentram (sakinah), cinta (mawaddah) dan kasih sayang (rahmah). (QS 30:21)
    3. Mendapat keturunan, dimana anak akan menjadi Qurrata A’yun (penyejuk mata, penyenang hati) (QS 25:74)
    4. Memperbanyak ummat Islam. Seperti yang dipesankan Rosul, beliau akan membanggakan jumlah ummatnya yang banyak nanti di akhirat.

  3. Orang tua saya bilang, selalu ada jalan untuk kehidupanmu setelah menikah sekalipun, asal mau usaha dan kerja keras, pasti berhasil.

  4. menyederhanakan hidup bs bikin hidup kita juga gak terlalu beban kali ya bun

  5. ded says:

    Kata-kata bijak Ryan yang juga menjadi pedoman hidup saya selama ini sama Bun “Sederhanakan hidupmu, tak perlu memasukkan banyak hal dalam hidupmu, tak perlu membebani hidupmu dengan apapun”

  6. uni says:

    bunda, maaaaaf uni baru mampir lagi🙂
    wah dah agak lama aku nonton no film, yang jelas klo buat uni, sendiri ato berkeluarga, jalani saja dengan penuh semangat, ^_^, karena waktu tak pernah terulang🙂 dan terus melaju🙂

  7. Lidya says:

    hanya diri kita sendiri yang bisa menjawab ya bun sampai kapan bisa dipertahankan

  8. niken says:

    Sejauh mana alasan itu bisa dipertahankan…?
    Hanya kejujuran hati yang mampu menjawabnya…
    Salam bunda…

  9. terlepas dari pilihan sebagian orang untuk tetap menikmati kehidupan melajang, termasuk beberapa sahabat saya. Saya merasa yakin, sejujurnya dalam bilik hati mereka tetap merindukan kehadiran pasangan dalam kehidupannya. Karena ini adalah kodrat kehidupan manusia.
    Apa kabar Bunda ?

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s