Percaya atau tidak, segala sesuatu yang menimbulkan air mata itu tak selamanya buruk.

Seperti perpisahan, misalnya.
Banyak orang menangisi dan menyesali perpisahan, sampai-sampai tak jarang ada yang mengutuknya.
Perpisahan itu seperti sebuah kutukan, hukuman, sebuah hal negatif yang pantas diterima.

Benarkah perpisahan itu buruk?
Sebenarnya, kalau mau diibaratkan, perpisahan itu mirip dengan senja.
Iya, senja……….
Momen di mana matahari tenggelam setelah seharian menemani kita.
Ia kemudian tenggelam dan pergi meninggalkan kita.

Masih bingung?
Beberapa baris puisi ini mungkin akan mengubah persepsi Anda tentang sebuah perpisahan.

Senja

Perpisahan itu hendaknya sederhana seperti senja
Sekalipun menandakan akhirnya hari,
namun kecantikannya selalu memukau hati
Siapa coba yang tak terpikat kecantikannya?
Bukan aku, tak juga kamu
Kita tak mampu menolak pesonanya
Dan bukan duka yang tersisa,
namun sebuah asa untuk berjumpa kembali…

Dan demikianlah, terkadang kita hanya berpikir kalau perpisahan itu akan buruk dampaknya bagi kita.
Padahal, kita hanya terlalu takut dan menduga-duga saja.
Perpisahan itu tidak melulu seperti kita sudah kehilangan segalanya.
Bukankah dari setiap hal yang kita alami semuanya masih merupakan misteri?

Di balik setiap perpisahan, selalu ada hal-hal yang memang disiapkan untuk kita.
Entah sebagai ujian naik peringkat hidup, atau sebuah pengalaman yang akan membawa kita menuju kebahagiaan.

Di balik setiap perpisahan selalu ada kesempatan lain untuk bertemu.
Entah kapan dan di mana.

Di balik setiap perpisahan selalu ada pertemuan yang lain lagi.
Yang akan mengisi kembali kekosongan di hati.

Di balik setiap perpisahan mungkin ada air mata.
Tetapi air mata tersebut bukan sebagai tanda kekalahan,
namun sebagai pertanda Anda telah belajar sesuatu yang baru lagi.

Dan hendaknya perpisahan itu seperti senja.
Bukan duka yang tersisa, namun sebuah harapan baru yang tercipta.

 

 

 

Salam

Gambar diambil dari sini

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

24 responses »

  1. Citra Indah says:

    Dimana ada pertemuan pasti ada perpisahan , di mana ada perpisahan pasti akan ada pertemuan lagi😀

  2. nadja says:

    Saya juga baru belajar tentang perpisahan, Bun.
    Dua bulan lalu saya berpisah dgn janin di rahim & disusul dgn kehilangan Ibunda tercinta. Di bulan yg sama.
    Sakitnya masih terasa sampai sekarang.

    Membaca tulisan Bunda bs bkin saya sdikit tersenyum.🙂
    Love u Bun.

  3. afan rida says:

    Yang namanya perpisahan itu memang berat ya to bund?
    bahkan juga ada yang pernah bilang ‘jangan bertemu kalo gak ingin berpisah’
    wah lebay nih bund..

    tapi menurut saya perpisahan itu datangnya dari diri kita, bagaimana kita bisa mengikhlaskan, kalo ikhlas ya secara otomatis kita menjadi tidak terbebani dan malahan bisa mengingat dan menghargai sebeuah pertemuan dan perjalanan yang indah
    lebay lagi nih

    trims untuk sharing nya, ditunggu artikel yang lainnya

  4. Terimakasih, saya rasa artikel anda iini cukup inspiratif. sepuluh jari buat anda

  5. Oh Senjaku,
    penantianku akan hadirmu,
    rindu kian tak terbendung.

    Di hati ada malam,
    selalu menyelimuti jenuh,
    lekas pergi jangan kembali.

    Oh Senjaku,
    lepaskanku dari belenggu malam.

  6. ahmad fauzi says:

    Kunjungan siang sebelum pulang kerja..
    disetiap perpisahan ada kebahagiaan…
    😀

  7. sunarno2010 says:

    aku mesih setia ke sini, meski lama menghilang

  8. perpisahan itu hal yang sangat sulit bunda untuk saya🙂 tapi kita harus selalu tetap tegar untuk menjalaninnya mungkin ada yang lebih baik dari itu semua,, semoga sukses selalu bunda🙂

  9. ceritabudi says:

    Saya masih setia di sini Bunda..gimana kabarnya bunda

  10. Rasa kehilangan membuat mata hati kita tertutup akan sesuatu yang baru yang telah disiapkan oleh Nya. Karena kita lebih sering mengartikan perpisahan dengan kehilangan, maka selalu akan terasa berat. Dan menurut saya itu sangat manusiawi dan wajar air mata bisa menetes karenanya.

  11. Semua itu bagian dari takdir bunda, apapun kalau di sikapi dengan ikhlas dan sabar, selalu ada hikmah dan pengganti yang lebih baik untuk kita…

    Salam hangat bunda…🙂

  12. wahyud says:

    perpisahan bukan berarti “selamat tinggal”,, perpisahan harusnya berarti “sampai ketemu lagi” besok atau hari lainnya🙂

  13. Seringkali kita terlambat menyadari ‘indahnya’ perpisahan itu, Bund. Kita lebih cepat menangisinya ketimbang melihat sisi indahnya..

    Selamat sore Bunda, semoga sore ini lebih indah dari sore kemarin🙂

  14. Sukaaa sama puisinya bunda🙂

  15. dede6699 says:

    Perpisahan terkadang bertanya
    kapan kembali lagi dengannya
    dari tawa kini tiada
    hanyalah sedih tersisa
    namun seperti halnya senja
    perpisahan tak selamya duka
    akan datang harinya lagi bersama

    terimasih bunda,🙂

  16. teeta says:

    Perpisahan….? Kok sepertinya tetap ada kesedihan disana ya Bune, walaupun kt yakin perpisahan pasti terjadi didunia ini….الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِي. tetap yakin semua sudah diatur Allah dan ada hikmah disana….

  17. Lidya says:

    pagi bunda, perpisahan selalu tidak bisa dihindari ya bun

  18. bener banget apa yang di tuliskan dalam puisi ..
    perpisahan itu selalu indah juga…

  19. teppymaaruf says:

    “asa untuk berjumpa kembali”
    semoga harapan itu bukan suatu angan2…

  20. Percaya atau tidak, segala sesuatu yang menimbulkan air mata itu tak selamanya buruk.

  21. yustha tt says:

    Selamat pagi Bunda…
    Semoga senantiasa bahagia ya Bun…
    Tt tdk suka perpisahan. Tetapi jika mmg hrs berpisah, smg kita semua bs memandangnya sbg senja ya Bun…🙂

  22. LJ says:

    kita tetap bisa bersama di dalam doa mam.. itu yang lebih penting.
    saling mendoakan dalam kebaikan
    takkan terputus silaturrahim.. Insya Allah.

    i love u.

  23. Indah Juli says:

    Senang membaca tulisan ini, Bunda, karena saya baru saja mengalami perpisahan yang bagi saya terasa menyakitkan😦
    Setuju dengan kalimat “Bukan duka yang tersisa, namun sebuah harapan baru yang tercipta:)

  24. Sofyan says:

    Assalamu’alaikum Bunda, selamat pagi🙂
    Suka sekali sama kalimat ini ” Di balik setiap perpisahan, selalu ada hal-hal yang memang disiapkan untuk kita”, itu menandakan perpisahan juga bisa sebagai sebuah pelajaran yang bisa diambil hikmahnya

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s