Pernahkah Anda bertanya-tanya apa sebabnya si kecil hobi sekali bertanya, bahkan hal sepele pun ditanyakan?
Kadang harus diakui kadang capek juga kan dalam menjawab pertanyaan-pertanyaannya?

Mungkin kita sudah lupa atau tidak sadar bahwa saat kita kecil dulu, kita pun memiliki hobi yang sama, menginterogasi orang tua kita tentang segala hal.

Bersyukurlah bila anak kita tergolong anak yang aktif bertanya.
Hal ini menunjukkan bahwa sel otaknya bekerja dengan baik.
Usia emas atau perkembangan sel otak anak terjadi secara maksimal saat mereka berusia 0-5 tahun.

Pada usia ini, anak ibarat spons yang menyerap air yang ada di sekelilingnya.
Apa yang dia peroleh saat usia emas ini akan terekam dalam otak dan jiwanya.

Jika mungkin kita mulai merasa lelah dalam menjawab setiap pertanyaan yang mereka ajukan, ingatlah satu hal bahwa masa-masa bertanya ini akan segera berlalu.

Tanpa kita sadari, mereka akan segera beranjak dewasa dan tidak lagi banyak bertanya.
Jadi, hargailah momen penting ini!

Sedapat mungkin, jawablah pertanyaan mereka dengan jujur dan sesuai kebenaran yang ada.
Jangan pernah menyesatkan seorang anak kecil dengan jawaban yang dirasa ‘aman’.
Misalnya, duduk di ambang pintu, akan jauh jodoh ( seperti dulu orang tua dari sebagian kita pernah mengatakannya pada kita…) padahal, apa salahnya mengatakan dengan jujur, bahwa dengan duduk di ambang pintu, akan mengganggu lalu lalang kita sendiri.

Sebab jawaban kita akan mereka bawa dalam kepercayaan mereka hingga mereka besar nanti.
Anak usia dini percaya pada semua hal yang kita katakan.
Hal ini disebabkan mereka belum memiliki filter penyaring data, belum tahu tentang apa yang benar dan salah.

Jika kita sebagai orang tua tanpa sadar membalikkan hal yang benar jadi salah, dan sebaliknya, maka dapatkah dibayangkan akan jadi seperti apa mereka kelak.
So, speak the truth!

 

 

Salam

Gambar diambil dari sini

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

22 responses »

  1. daupakidz says:

    SETUJUUUU… Si kecil suka bertanya banyak hal?? Ternyata itu salah satu cara dia untuk belajar lho ..

  2. Computer Ok says:

    Rasa ingin tau yan g besar

  3. nice info bund, keep posting ya🙂

  4. that’s right Bund😀

  5. Oyen says:

    Iya, itu makanya jadi orangtua wajib pinter ya Bun, terutama wat ngarahin anaknya, kebayang kalo ortunya kagak ngarti apa2 dan gak mau belajar, doh! sayang usia emasnya terlewat begitu saja…

    semoga Oyen bisa menjadi ibu yang baik. Aamiin.🙂

  6. Orin says:

    Menjawab pertanyaan anak kecil lebih sulit Bun, harus ekstra hati2 ya

  7. arif says:

    terimakasih bunda,
    tips semacam ini benar-benar berguna buat saya (anak sy masih berumur 13 bulan)

  8. mh…bener banget…speak the truth…

  9. setuju banget bund……kita harus bisa mendidk anak dari mulai dini, salah2 ntar pas udah besar jadi susah mau di didik ny….alhasil kita sendiri yang repot…..

  10. didot says:

    wah harus hati2 nih berarti jawabannya,soalnya terbawa sampai dewasa ya bun?

  11. Maximum says:

    Sangat Setuju sekali Bunda.. Psikologis Anak sangat mendukung anak tumbuh berkembang kedepan,, anak aktif bertanya adalah anak yang cerdas dan ingin mengerti hal baru disekitarnya.. jadi orang tua yang baik adalah orang tua yang mau mengerti anaknya..

  12. yadi says:

    iya bun kita harus didik anak dari usia dini, biar kedepan nya menjadi anak yang pintar

  13. IchigoDewis says:

    yang jadi masalah bagi saya tuh ya..sebenarnya saya nggak tahu mereka ngomong apa..gak jelas, kadang timbul tenggelam suaranya, dan diulang2 sendiri..haha. bener2 kalo nggak nyanding lama, gak terlalu ngerti euy…tapi kalo di “iya” in doank, takutnya dia menanyakan hal yang tidak boleh dilakukan lalu dia merasa itu boleh dilakukan. gawat dah..:D

  14. marsudiyanto says:

    Nah kalau dikeluarga saya yang suka bertanya2 nggak cuma anak kecil Bun…
    Dua anak besar saya dan ibuknya yang tak kalah besarpun masih suka tanya2…

  15. dediyuliadi says:

    betul sekali, generasi kita (anak-anak) diciptakan pada jamannya nanti..

  16. Lidya says:

    Alvin nih bun masanya bertanya terus menerus

  17. anak yang bertanya kepada orang tuanya itu sebagai tantangan bagi orang tuanya tersebut😀 karna takut salah jawab dan takut di beri pertanyaan yang seharusnya si anak belum waktunya untuk di tanyakan !! dan itupun menjadi suatu hal yang baru untuk menjadi orang tua yang baik bagi anak nya !! waaahh jadi penasaran yah jadi seorang ibu yang mendidik anaknya hemmm !!!

    nice post bund !😀

  18. Nchie says:

    PAgi Bunda..

    Sebisa mungkin menjawab pertanyaan anak ya Bun..
    menikmati masa masa yang ada,..
    Kalo udah gede nanti, mereka mungkin jmasih nanya ga ya ?? hihi..
    udah beda topik ya..

  19. ded says:

    Kalimat yang paling tepat buat para orang tua, yang ini Bun “Tanpa kita sadari, anak2 sudah beranjak dewasa,tidak lagi banyak bertanya. krn itu hargailah momen penting ini”

  20. setuju Bunda, memang kita sebagai orang tua harus rela menjawab semua pertanyaan anak kita ketika masih kecil. itu merupakan moment yang sangat menarik.

  21. anak ku masi belum bisa ngomong. tapi kok malah sekarnag bapak nya yang suka nanya yah. malah kebalik. hehe

  22. Evi says:

    Kalau mau anak kita pintar dan memiliki rasa ingin tahu besar, kita gak boleh malas menjawab pertanyaan mrk ya Bun

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s