Anak kita adalah generasi cerdas yang akan membawa kehidupan yang lebih baik.
Dengan segala kecerdasan dan kemudahan yang mereka punya, jangan lupa sisipkan satu hal penting yang seringkali dilupakan, bersyukur.

Mengapa?
Karena rasa syukur adalah esensi dari kebahagiaan dan kebijaksanaan.
Wah sepertinya berat untuk menjelaskan hal ini pada anak yang masih berusia tiga tahun.
Berapapun kata yang kita keluarkan mungkin akan sulit untuk membuat dia mengerti saat itu juga.

Yah tentunya semua itu butuh proses.
Tidak hanya dengan kata-kata, tetapi hal-hal kecil yang sederhana, makna bersyukur itu dapat dengan mudah dimengerti oleh anak .

Beberapa hal yang bisa kita ajarkan atau lakukan misalnya:

1. Mengajarkan ia berdoa sebelum tidur dan saat ia bangun dari tidurnya.

Ajarkan saja doa singkat seperti saat ia berbicara pada kita.
Seorang anak berpikir sederhana, jika memang kita ingin memberikan dasar yang kuat, mulailah dengan kata-kata doa sederhana yang ia mengerti.
Ketika ia merasa sangat akrab, ia akan rindu untuk berdoa dan bersyukur.

2. “Ini sangat enak”, “Eumh…luar biasa”, kalimat-kalimat ini mungkin tidak asing bagi kita.

Mungkin suami pernah menggunakan kalimat ini untuk merayu saat kita memasak makanan kesukaannya dulu.
Nah, dengan sering mengucapkan kalimat ini, anak kita tentunya mengamati, dan mengikuti kebiasaan ketika menikmati dan memuji menu masakan yang mereka makan.
Makna yang terkandung tidak hanya sekedar kenikmatan makanan, tetapi rasa syukur karena masih banyak orang-orang lain yang tidak bisa menikmatinya.

3. Buka jendela dan ajak dia menikmati udara segar serta hangatnya sinar matahari.

Ada mungkin yang mengatakan ini kegiatan yang aneh, namun pernahkah kita berpikir bahwa udara yang kita hirup dan hangatnya sinar matahari itu sangat indah.
Hal kecil tersebut membantu mengajarkan anak untuk bersyukur atas hidup yang diberikan oleh Tuhan.

4. Pelukan dan ciuman,

adalah bentuk rasa syukur lain atas kasih sayang yang didapat di dalam keluarga.
Tidak banyak anak-anak lain yang beruntung mendapatkan kasih sayang yang melimpah.
Biarkan anak kita memeluk dan mencium kita, mengungkapkan perasaan kasih sayangnya.

Nah selanjutnya tugas kita untuk menemukan hal lain.
Sesuatu hal sederhana yang mengajarkan bagaimana bersyukur.
Anda adalah ibu yang luar biasa.
Anak Anda pastinya bersyukur memiliki ibu yang hebat seperti Anda

Salam

Gambar diambil dari sini

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

23 responses »

  1. Karena mensyukuri adalah salah satu bentuk untuk menambah kenikmatan yang telah kita miliki🙂

  2. Dengan bersyukur, kita bisa mengerti makna sebuah perjuangan hidup dimana tak semua orang juga mendpatkan seperti apa yang kita dapatkan🙂

  3. Anak saya cengeng, maunya di gendong sama Ibunya, jadi kasihan lihat Ibunya gak bisa gantian. salam Bunda

  4. IchigoDewis says:

    setuju banget terkait cara melatih anak2 kita untuk bersyukur…berdoa secara praktik juga sekaligus mengajari mereka untuk berdoa dan bahwa berdoa itu bagus dan seharusnya. karena dengan doa itulah kita wujudkan rasa syukur kita ^.^
    walau belum punya mecah dari orangtua, alhamdulillah diberi latihan berupa 4 keponakan yang karakternya beda2..hehe..walau jarang ketemu juga sih :d jarang pulkam euy..btw terimakasih bunda atas share ilmu mendidik anaknya…semoga lebih banyak share lagi bagi calon ibu2 dan ibu2 muda sekarang ini ^,^

  5. belajar bersyukur berati juga belajar menjadi rendah hati,

    makasih bund…🙂

  6. elmo280 says:

    hemmm,,
    betuulll bgt itu..

  7. bener banget tuh bund….saya setuju….nice banget lah bund bacaannya (y)

  8. bersyukur itu hal yang paling mudah yang bisa di lakukan oleh semua orang !
    dan dari hal sekecil apapun bila di syukuri akan menjadi suatu barang yang istimewa !!

    nice post bund😀

  9. yadi says:

    setuju bun dua jempol deh buat bunda, rtikelnya mantep,

  10. monda says:

    Ya bun, aku bersyukur meskipun punya banyak sekali kekurangan aku masih punya keluarga yang menyayangi

  11. ok bunda terima kasih

  12. trims pak sangat bermanfaat sekali artikelnya🙂

  13. betul sekali tip tipnya nih… bersyukut memang sudah harus diajarkan sejak kecil ya.. langsung diterapkan lah…

  14. Nh Her says:

    Betul sekali Bunda Ly …
    Bahkan dengan membiasakan mereka untuk berkata …
    Terima Kasih …
    setiap kali mereka mendapatkan sesuatu … apapun itu …

    Juga dengan bersedekah kecil …

    saya rasa juga bisa menanamkan rasa syukur di benak anak-anak

    Salam saya Bunda Ly

  15. Rijal says:

    Setuju bunda

    salam,

    Rijal Mukhlis (Fb: Rijal.bpm@gmail.com)

    I’m On YOu Tube:

    http://www.youtube.com/user/bigaddicted?feature=mhee

  16. bersyukur, memang sangat bagus diajarkan semenjak dini ya bun, agar kelak bisa menjadi suatu yg trbiasa dan memang menjadikan syukur itu bagian dari hidup kita.

    lama gak menyapa bunda… semoga selalu sehat ya bun.. aamiin

    dimulai dr hal2 kecil, agar terbiasa jadinya ya Ruri🙂
    bersyukur selalu mendamaikan hati kita

    alhamdulillah,bunda selalu sehat berkat doa dr Ruri🙂
    semoga Ruri juga selalu didlm barokah karynia NYA selalu ,aamiin
    salam

  17. banyak cara untuk bersyukur ya bunda… mendidik anak dengan baik adalah cara bagi orang tua untuk bersyukur

    sepakat denganmu Ajo Ramli ….
    salam

  18. luar biasa. bener bunda. aku sekarnag udah click nih baca blog nya bunda. karna udah punya anak. jadi tips nya langsung kena. entar mau ajarin ajak doa sebelum tidur juga. aku aja suka lupa doa kalo mau tidur. hehe

    alhamdulillah, kalau memang ada manfaat yg bisa diambil disini Bayu🙂
    semoga Bayu dan keluarga selalu sehat ya ,aamiin
    ( gak diajarin goyang2 ala Bayu khan? ) hahahaaa…😀😀
    salam

  19. Yunda Hamasah says:

    Menjadi ibu adalah anugrah ya Bun, apalagi bila kita bisa mengantarkan ananda menjadi generasi sholeh yang pandai bersyukur, tfs ya Bun…

    anugerah istimewa bagi perempuan ya Yunda🙂
    semoga kita sebagai ortu mampu menciptakan anak2 yg hebat serta sholeh sholehah ,aamiin
    salam

  20. Orin says:

    Dengan sering bersyukur, nikmat akan semakin bertambah, begitu katanya ya Bun?😉

    dan pastinya hati juga selalu damai krn bersyukur Orin syang🙂
    salam

  21. prih says:

    Anak-anak belajar dari keteladanan orang tuanya ya Uni, terimakasih ‘mengenal’ Uni Ly. Salam

    dan ternyata tdk mudah menjadi orang tua yg bisa jadi teladan bagi generasi penerus kita ini ya Ry🙂
    semoga DIA memudahkan kita utk hal ini ,aamiin
    bahagia rasanya mengenal mu Ry …..
    ibu yg hebat dan istimewa🙂
    salam

  22. Imelda says:

    betul sekali bun… kita sbg orang tua memang harus mengajarkan yang kecil-kecil begitu ya. Kalau tidak kita biasakan di dalam rumah, bagaimana anak-anak ini bisa berkembang dengan penuh rasa syukur ya.

    (sst bun, untunglah anak-anakku masih suka berkata, “Mama masakannya enak! Makasih ya”… dan tentu saja aku juga selalu berterima kasih setiap mereka membantu pekerjaan rumah. Thank you is really a magic word ya)

    sepakat banget Mbak EM …
    semua hal yg jadi teladan selalu berasal dr rumah…
    dari orang tua yg peduli dgn pembentukan kepribadian anak2 kita🙂

    ( so sweet …Kai dan Riku, anak2 hebat yg datang dr orang tua hebat pula pastinya )🙂
    salam

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s