Ya, itu adalah berkat terbesar yang bisa didapatkan oleh seseorang.
Dengan demikian, berkat terbesar yang dapat kita berikan pada orang lain tidak lain dan tidak bukan juga adalah kasih.

Di dalam kasih yang sempurna, ada banyak unsur-unsur yang mulia, di antaranya penerimaan apa adanya, keinginan untuk selalu memberi yang terbaik, juga kemauan untuk memaafkan dan meminta maaf.

Diampuni dan mengampuni/memaafkan  merupakan dua hal yang selalu diperlukan manusia, terutama jika menyangkut hubungan dengan orang lain.

Lalu, bagaimana supaya kita bisa mengampuni/ memaafkan?

Jangan pernah membandingkan kesalahan siapa yang lebih besar!

Jika kita terus mempersoalkan hal ini, maka pertikaian takkan ada habis-habisnya.
Hubungan akan tetap dingin dan kerukunan akan tetap berdiri jauh-jauh.

Jangan pikirkan apakah orang yang kita maafkan sudah menyesal atau belum!

Jika kita menunggu dia menyesal, maka itu adalah kebodohan kita sendiri.
Iya kalau dia menyesal, bagaimana jika dia tetap tidak merasa salah, apa kita mau menunggu dia menyesal dulu baru kita melepas maaf?!

Jangan pikirkan lagi hal-hal yang telah lalu, terutama hal-hal yang pahit!

Ada beberapa orang yang terus mengingat kesalahan orang lain, bahkan ketika orang itu sudah mati atau pindah ke kota lain.
Hmmm, benar-benar wasting time untuk yang satu ini!

Jangan pikirkan kenyamanan yang ‘menipu’!

Beberapa orang berpikir bahwa dengan memaafkan, maka orang yang dimaafkan akan keenakan, sementara Andalah yang akan menjadi pihak yang menderita dan dirugikan.

Pemikiran ini jelas salah karena memaafkan itu demi kebahagiaan kita sendiri.
Setidaknya tidak akan ada lagi kemarahan yang menggerogoti sukacita kita bukan?!

Setelah memaafkan, Anda tak perlu memaksakan diri untuk berhubungan lagi dengan orang yang telah melukai Anda.
Misalnya putus hubungan dan kontak dari mantan yang ‘ringan tangan’.

Namun, tentunya hal ini tidak berlaku untuk keluarga atau orang-orang yang jelas-jelas tak mungkin dipisahkan dari Anda.

Selain itu, ada kalanya orang yang kita maafkan perlu tahu bahwa dia sudah dimaafkan, agar dia tidak terus terperosok dalam rasa bersalah.

Tunjukkan dengan sikap hangat bahwa Anda sudah memaafkannya.

Sikap Anda berbicara lebih kuat daripada kata-kata Anda.

Lalu, bagaimana untuk minta maaf?

Minta maaf dengan tulus, tanpa embel-embel alasan atau pembelaan diri.

Hal ini lebih mudah diterima daripada jika Anda menyisipkan pembelaan diri di dalam permohonan maaf Anda.

Saat seseorang terluka atas sikap Anda, dia tidak tertarik untuk mendengarkan penjabaran Anda.
Dia hanya ingin mendengarkan pengakuan Anda bahwa Anda menyesal.

Jangan minta maaf dan memaksa untuk dimaafkan.

Mungkin saat Anda minta maaf, permintaan maaf Anda ditolak atau diabaikan. Jangan berkecil hati!

Yang penting adalah Anda sudah berani mengakui kesalahan.
Beri dia waktu untuk sembuh dari luka hatinya.
Sedapat mungkin tetaplah bersikap ramah padanya.

Jangan pernah menyerah untuk mengampuni dan minta ampun, karena selama kita hidup, maka dua hal itu akan selalu ada, datang silih berganti dalam hidup kita.

Salam

Gambar dipinjam dari sini

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

56 responses »

Comment navigation

  1. @maylafandri_38 says:

    Dengan kata lain Bunda, Tuhan saja Maha Memaafkan segalanya, kenapa kita yang hanya salah satu makhlukNya saja sulit memaafkan sesama?;)
    Makasih Bunda untuk pencerahan sore harinya

  2. aduh Bunda…. artikel ini merubah opini saya… dulu saya selalu sulit untuk memberikan maaf kepada orang, karena dia akan termaafkan apabila dia telah berubah, ternyata di artikel Bunda ini, justru sebaliknya memaafkan terlebih dahulu bukan menunggu dia berubah… sungguh hal ini menjadi terngiang-ngiang di telinga saya. Terima kasih Bunda… ^_^

  3. info mulia Bunda, love it

  4. Of course Bund! saling memaafkan itu INDAH bukan🙂

  5. Yunda Hamasah says:

    Aku tu Bun suka gitu, kalu minta maaf suka inginnya langsung dimaafkan aja🙂

  6. jovitagraficom says:

    Sangat sependapat saya bunda
    artikel disini sangat menarik semua

  7. ceritabudi says:

    minta maaf dan memaafkan itu sulit, namun wajib untuk dilakukan ya Bunda

  8. […] pake to be continued, nanti dimarahin Bundooo ) Like this:SukaBe the first to like this post. This entry was posted in Dongeng insomnia, […]

  9. Sadar diri mungkin bun.

  10. setuju bun, sangat mulia orang yang mampu meminta maaf dan memaafkan…salam kenal bun..

  11. Hihihi sippp Bun…
    Memaafkan harus ikhlas
    dan kalau minta maaf ya harus beneran juga ya hihi😀

  12. Kan kuingat baik baik Bun…
    dan kusimpan dalam hati🙂

    Mohon maap juga ama Bunda kalo aku punya salah yaaaa…
    *sambil cium tangan*

  13. odoy says:

    ikut nyimak bund artikel nya, makasih

  14. tricajus says:

    terima kasih pencerahannya…
    memang sesama manusia harus saling memaafkan🙂

  15. saya juga percaya bahwa dengan kita memaafkan orang lain maka semoga pintu maaf akan lebih mudah dibukakan oleh yang Kuasa atas segala kesalahan yang pernah kita perbuat maupun yang masih akan kita lakukan sepanjang hayat masih dikandung badan

  16. artikelnya bagus… lanjutkan yah…

    di tunggu kunjungan balik yah

  17. ysalma says:

    memaafkan dan meminta maaf sebuah pembelajaran tentang menafikan ego,
    harus terus di asah sepertinya sikap maaf ini nih Bund.

  18. […] mangap yee… baru hapdet… jadi malu *lupa mbikin emo malu…xixixixi Share this:FacebookTwitterEmailLike this:LikeBe the first to like this post. from → Uncategorized ← Heeee…. No comments yet […]

  19. ayankhermawati says:

    wah postingan yang bagus bunda,ada satu kalimat yang sangat saya sukai dalam tulisan itu
    “Di dalam kasih yang sempurna, ada banyak unsur-unsur yang mulia”,
    lam kenal bunda….

  20. fitrimelinda says:

    memaafkan dan minta maaf..hal yang sulit tapi membuat hati lebih tenang..

  21. karim says:

    Terima kassih atas masukannya..🙂
    Salam karimalamin.blogspot.com🙂

  22. wendhisasono says:

    pencerahan,thanks ya bun, kalimat sederhana yang susah untuk di keluarkan mulut dg tulus dari hati

  23. artikel yang memberikan banyak pencerahan untuk kita dalam kehidupan sosial di masyarakat

  24. wibspot says:

    makasih bunda….. akan ku lakuin tu sarannya…..

  25. Fiyaa says:

    pencerahan banget bunda.
    Terima kasih🙂
    pagi ini saya baru saja minta maaf dan dimaafkan🙂

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s