Siapa di antara kita yang tak pernah mengeluh?
Ah, hahaha… pertanyaan yang terdengar konyol di telinga kan?
Mengeluh, hal yang manusiawi dilakukan oleh kita, apalagi yang namanya masalah tak pernah memandang siapa kita, dan berapa banyak masalah yang sudah kita miliki, ia tetap datang dan datang…

 

Pernah suatu kali, saat berbincang dengan seorang teman, tercetus sebuah pertanyaan, “kenapa ya, manusia itu diciptakan penuh dengan masalah?”

Ya, pertanyaan yang bagus, kenapa harus ada masalah?

Termenung cukup lama memikirkan jawabannya, yang ada hanyalah perasaan tak karuan.
Merasa kecil, dihimpit oleh masalah-masalah besar tersebut.

Namun tak lama pertanyaan itupun terjawab.
Coba amati, mereka yang hidupnya di jalanan.
Tidur beratap langit dan di atas kasur trotoar.
Kira-kira berapa banyak masalah yang mereka punya?
Satu! Masalah terbesar mereka adalah ‘bagaimana mereka bisa makan hari ini’ Itu saja.
Kecil bagi kita, tetapi besar bagi mereka.

Kemudian, bandingkan dengan mereka yang hilir mudik, keluar masuk kantor.
Berapa banyak masalah yang dimiliki oleh mereka?
Persoalan pekerjaan, persoalan rumah tangga, soal asmara bagi mereka yang masih lajang, ribet soal pembayaran kredit, dan lain sebagainya.
Complicated bukan?

Saat ini mungkin kita berada di salah satu posisi seseorang yang memiliki sekian banyak masalahnya sendiri.
Bahkan, tak hanya melulu soal pekerjaan, tetapi juga orang tua yang hubungannya sedang kurang baik, kekasih yang tak kunjung melamar, suami/istri yang berselingkuh, belum juga mendapatkan pekerjaan, patah hati akibat dikhianati pasangan atau mantan yang terus menerus meneror.

Ah… rasanya jenuh sekali dengan semua permasalahan tersebut.
Tetapi, pikirkan lagi.

Tuhan itu sungguh MAHA ADIL , setiap orang diberi porsi masalah yang berbeda-beda, bukan hanya sesuai dengan kemampuannya, tetapi juga pengalaman serta pelajaran yang didapatkannya.

Semakin meningkat pengalaman dan pelajaran yang didapat, maka permasalahan akan bertambah berat levelnya, sampai kita dapat belajar dari masalah tersebut.

Terjawab sudah kan? mengapa masalah itu datang silih berganti dengan jumlah yang sangat besar.

Kuncinya, berusahalah sebaik mungkin dan ambil setiap pelajaran terkecil sekalipun dari setiap masalah.
Jangan lupa, tetap bersyukur karena masih diberi kesempatan untuk belajar banyak dari hidup kita saat ini.

“Tuhan, saya berjanji tidak akan terlalu sering mengeluh dan mempertanyakan mengapa begitu banyak masalah ada di dalam hidup saya. Karena semua permasalahan itulah yang mendewasakan dan membuat saya hidup.”

Salam

 

Gambar diambil dari sini

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

19 responses »

  1. Citra Indah says:

    setuju banget,,, temen-temen saya ada yang nanya kaya begitu😀

  2. Benar kata Bunda : ambillah hikmah dari setiap masalah. Itu yang akan mendewasakan diri kita. Nggak mungkin ada masalah tanpa ada jalan keluarnya. Salam kenal ya, Bun.

  3. susisetya says:

    Memang Allah maha adil, porsi masalah tiap manusia berbeda tetapi kita yakin setiap masalah pasti ada solusinya, kadang kita saling sangka satu sama lain tentang kesusahan dan permasalahan orang lain. Smohga kita diberikan jalan yang terbaik dan di ridhaoi oleh Nya. Amien

  4. memang masalah suka menjadi kendala buat semua manusia…
    tapi sering kali aku memperhatikan org” yg disekitar aku jika mereka punya masalah tuh selalu dilampiaskan nya ke keluarga nya masing masing..
    knpa bisa kaya gtu bun??

  5. arhsa says:

    Hidup adalah kumpulan masalah bunda, dan ternyata mati pun bukan akhir dari semua masalah (lari dari masalah). jadi, marilah kita nikmati saja semua masalah yang ada, toh Tuhan tidak akan membebani seorang hambanya kecuali sesuai dengan kemampuan hamba tersebut.

    nice post bunda. blog walking lagi nih.

    terimakasih Arsha
    pemahaman seperti Arsha inilah, yg membuat kita bisa mensyukuri apapun yg dihadapi dlm hidup🙂
    salam

  6. yanto says:

    sejuk sekali baca artikelnya😀 , semoga saja kita selalu punya jalan untuk menyelesaikan setiap masalah yang dihadapi.

    karena dgn masalah lah kita mendewasakan diri,
    bila kita mampu mengambil hikmah dibalik nya🙂
    salam

  7. dalam hidup semua juga pasti punya masalah….
    dan maslah tersebut adalah suatu acuan buat hidup kita untuk menjadi yg lebih baik dimasa yang akan datang,,,,,
    like this artikelnya bun……..

  8. iya betul jangan banyak mengeluh… tapi harus lebih banyak bersyukur ya.. bagus nih tulisannya Bunda…

    terimakasih banyak , semoga bermanfaat🙂
    salam

  9. sip bund !!
    masalah memang akan selalu ada selama kita masih hidup !!
    like artikel bund😀


    dan, masalah juga yg mendewasakan kita ya Dea🙂
    salam

  10. dinia says:

    Setuju, masalah diberikan oleh tuhan ke pada tiap individu manusia sesuai dengan kapasitas kemampuan masing. Dan tuhan tidak mungkin memberikan cobaan diluar kemampuan kita . Sungguh Blog bunda penyejuk hati

    visit me diniavlexa@blogspot.com

    Karena hanya Allah swt yg paling tahu yg terbaik utk kita🙂
    salam

  11. gavee says:

    Bener bunda…. Masalah akan selalu ada, kita tumbuh dan berkembang dari masalah, dan sudah sepatutnya kita berterima kasih atas masalah yang kita miliki.

    dan selalu memohon doa , agar masalah tsb ada hikmah yg terbaik didlmnya🙂
    salam

  12. arc74 says:

    semakin banyak menguasai masalah semakin hebat….”

    bila disertai sabar, tabah dan ikhtiar🙂
    salam

  13. monda says:

    Bundaa peluuk, pas untuk aku saat ini

    sinih peluk2 BuMon …..🙂
    semoga segera terselesaikan dgn baik ya BuMon sayang🙂
    salam

  14. alamendah says:

    Setuju banget, Bunda. Bersyukur atas setiap kesempatan dan masalah yang kita terima bisa menjadi obat jitu.

    dan rasa syukurlah yg membuat kita semakin kuat ya Mas Alam🙂
    salam

  15. diananeeh says:

    Pas banget Bun sama apa yang aku rasakan sekarang,,,,,terimakasih Bun atas nasihatnya,,,
    Allah lebih tau takaran yang pas untuk kita melebihi diri kita sendiri, dan Allah tidak akan memberikan masalah diluar kemampuan hambanya,,,

    Smoga Bunda selalu dalam keadaan sehat,,,,^_^

    semoga segera selesai dgn baik dan hikmah yg didapat juga berharga ya Diana🙂
    Diana juga selalu sehat dan sukses yaa…….
    (peluk)
    salam

  16. Bundaaaaa…
    selalu berasa adem kalo abis mampir kesini🙂

    Harus banyak bersyukur ya Bun🙂
    dan gak boleh berprasangka ama Allah🙂

    yah…
    mudah mudahan aku berhasil pergi ke Korea deh Bun…
    *yang terakhir emang gak nyambung sih…hihihi..*

    berprasangka baik selalu ya Bibi sayang🙂
    ( pingin ikutaaaaaaannn………ke Korea…..)😛
    salam

  17. maminx says:

    kalau gak ada masalah gak kan belajar ya bunda. karena banyak hikmah di setiap persoalan. bener ya bunda Allah mah gak akan ngasih masalah yang diluar kemampuan kita ya, semua sudah sesuai takaran, subhanallah bunda

    salam🙂

    bener Mamin, Allah swt lah yg Maha Tahu yang terbaik utk hamba NYA
    salam

  18. Nchie Hanie says:

    Dan dari permasalahan itu kita dapet belajar ya Bun..
    Dan dapat mengambil hikmahnya..

    sepakat Nchie sayang …
    selalu ada hikmah dibalik masalah …..
    salam

  19. Nchie Hanie says:

    Bundaaa..
    peluk peluk..
    semoga sehat selalu..

    peluk Nchie cantik juga…..🙂
    Nchie sayang juga selalu sehat yaaa……….
    salam

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s