Sebuah perubahan tak harus dilakukan dalam skala besar. Dalam skala kecil, perubahan sekecil apapun sangat berarti.

Pada suatu hari yang cerah, sinar senja tampak cantik di langit sebelah barat.
Sayangnya, senja yang indah itu tak seindah dengan apa yang terjadi di daratan, karena terjadi hal yang luar biasa di sebuah pantai.
Tampak ribuan bintang laut tergeletak di sepanjang garis pantai.

Sebuah hal yang tidak biasa, karena bintang laut sangat jarang ditemukan di sepanjang pantai, apalagi dalam jumlah ribuan.
Ini semacam kejadian alam.

Seorang peselancar melihat ribuan bintang laut dengan wajah bingung, tidak tahu harus berbuat apa untuk mengembalikan bintang laut tersebut ke habitatnya.
Tak butuh waktu lama hingga sang peselancar mengambil sebuah bintang laut lalu melemparnya ke arah laut.
Satu persatu bintang laut dilempar agar bisa kembali ke habitatnya.

Ada seorang pemuda yang menyaksikan hal itu, dia mengatakan,: “Kau pasti sudah gila! Percuma saja kau lakukan itu, jumlah bintang laut terlalu banyak. Yang kau lakukan tidak akan membuat perubahan apapun,”

Sang peselancar tetap melakukan aksinya melempar satu persatu bintang laut ke arah laut.
Kemudian dia berhenti sebentar, menatap sang pemuda lalu meraih satu bintang laut,: “Tentu saja aku telah membuat satu perubahan, untuk bintang laut yang satu ini,” kemudian bintang laut itu terlempar dan kembali ke habitatnya.

Sahabat, jika ada kebaikan yang bisa Anda lakukan, sekecil apapun, maka lakukanlah.
Sekalipun di depan mata tak tampak perubahannya, kebaikan sekecil apapun akan membawa perubahan bagi yang menerimanya.

Salam

Gambar diambil dari sini

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

22 responses »

  1. Masbro says:

    Inspiratif.. jempol buat Bunda dan kisah di atas🙂

  2. Setuju banget… perubahan harus melalui hal yang kecil. Bagaimana kita ingin mendapatkan berkah / kerjaan yang besar, kalau tugas / tanggung jawab yang kecil tidak kita selesaikan. Artikel yang sangat memotivasi. Thank

  3. mulai dari hal kecil kita harus melakukan hal yg positif….
    dan di suatu hari nanti pula kita mendapatkan dampak perubahannya….
    nice to artikel bun………

  4. wah,,,bener artikel diatas,,,membuat tambah semangat dalam menjalani hidup ini

  5. mari kita berbuat baik…🙂

  6. bener banget bund setuju lah, sekecil apapun itu bkalan terasa hasilnya, di banding kita cuma diam aja ga menghasilkan apa2,,,,,,, tetap semangat

  7. Sekecil apapun dihitung Malaikat, kalo kecil…kecil…tapi sering jadinya kan banyak

  8. Fiyaa says:

    dorongan semangat lewat tulisan ini bener2 aq butuhkan bundaaa… huhuhuhu
    Sedang berada di masa-masa, nggak tau mau berbuat apa, tapi merasa banyak sekali yang harus dirubah😦

  9. Meskipun perubahan kecil gapapa ya Bun~ hihi

  10. prih says:

    Terimakasih Uni, melakukan yang bisa kita lakukan ya sekecil apapun dan secara global ternyata sedang menjadi bagian dari merenda perubahan. Salam

  11. Lidya says:

    lakukan.mulai sekarang walaupun kecil ya bun

  12. Imelda says:

    Betul sekali bun… sedikit-sedikit bisa menjadi bukit kan?
    TFS

  13. Perubahan butuh proses,tidak bisa sekejap kecuali mukjizat

  14. Evi says:

    Betul Bun, melakukan perubahan sedikit demi sedikit gak berat, jadi pasti bisa semua orang lakukan. Nah yg sedikit ini lama-lama jadi habit. Pada suatu titik di depan, saat kita menengok ke belakang, kita pasti takjub betapa banyak yg telah kita lakukan. Met siang Bunda🙂

  15. Arman says:

    nice story.. bener banget.. untuk mau melakukan perubahan yang penting harus mulai. walaupun sekecil apapun. daripada gak melakukan sama sekali?

  16. Yunda Hamasah says:

    Iya Bun, seringkali perubahan yang tak terlihat mata itu justru sangatlah berarti🙂

    TFS ya Bun🙂

  17. wahh ini bisa menjadi suatu inspirasi buat saya !! makasih ya bund !!

  18. jadi ingat 3M nya aa’Gym bund, mulailah dari diri sendiri, mulailah dari hal yang kecil dan mulailah saat ini juga..🙂

  19. iya iya… perumpamaan yang sangat baik Ibu… terima kasih…

  20. indra kh says:

    Setuju bunda, meskipun kebaikan yang kita lakukan dianggap tidak bermanfaat banyak bagi orang lain, minimal perbuatan itu bisa jadi teladan buat anak-anak.

  21. Orin says:

    Aih…orin jd terinspirasi menuliskan sesuatu Bun…terima kasih ya ^-^

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s