Memang benar tak ada manusia yang sempurna.
Inginnya sih hati selalu bersih, tetapi selalu ada saja hal-hal negatif yang mengotori hati.

Sebelum makin keruh, ketahuilah 5 macam hal yang bisa mengotori hati:


1. Iri hati
Sifat ini membuat kita selalu merasa tidak senang dengan kesenangan, kebahagiaan, keberuntungan, dan kesuksesan orang lain.
Kita pun cenderung berusaha menyaingi orang itu dengan berbagai cara.
Bahkan, terkadang kita ingin merusak kesenangan itu.

Namun, jika rasa iri lebih kepada ke arah kebaikan, seperti ingin sukses agar dapat menyebarkan ilmu di kemudian hari atau iri untuk menyebarkan kebahagiaan kepada orang lain, boleh-boleh saja, lho.

2. Provokatif
Sifat ini membuat kita berusaha untuk selalu memengaruhi orang lain melakukan tindakan yang kurang baik.
Misalnya, menulari kebencian kita kepada orang lain atau memanas-manasi dengan tujuan menimbulkan permusuhan atau melahirkan kebencian dengan orang itu kepada orang lain.

3. Menebar fitnah
Inilah kegiatan menyebarkan kejelekan orang lain sehingga nama baik orang itu tercemar atau membohongi seseorang agar menimbulkan kebencian

4. Berburuk sangka
Buruk sangka adalah sifat yang selalu mencurigai atau menyangka orang lain berbuat buruk tanpa disertai bukti yang jelas.

5. Ingkar janji
Penyakit hati ini berupa sikap tidak bertanggung jawab atau mangkir atas amanat atau kepercayaan yang telah dilimpahkan orang lain kepada kita.

Biasanya disertai bohong dengan mengobral janji.
Orang yang sering ingkar janji berisiko tidak disukai orang di sekitarnya dan kemungkinan besar tidak akan dipercaya lagi untuk mengemban suatu tanggung jawab di kemudian hari.

Bagaimana menurut anda para sahabat tersayang, apakah ada “penyakit-penyakit” hati lain yang patut dihindari supaya hati kita bisa senantiasa bersih?
Mari berbagi disini ……

Salam

Gambar diambil dari sini

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

21 responses »

  1. mengatasi penyakit itu cuman kita harus lebih nyadar diri dan banyak istigfar insya alloh kita akan dijauhi dari penyakit itu…
    maksih artikelnya bun…..

  2. aku hanya bisa bilang astagfiruloh….
    mudah”an aku dijauhin dari itu semua…

  3. Semoga kita di jauhkan dari penyakit hati seperti diatas…amiinn….

  4. semoga di jauhkan dari sifat sifat diatas deh…

  5. bener tuh bun, itu penyakit hati yang paling bahaya, apalagi yang menebar fitnah, hemmm udah deh kalo orang itu udah kemakan fitnah yang di fitnah itu ada yang bisa nyampe meninggal,,

    lagian fitnah kan menurut agama juga gede dosanya, bener kan bun ?

  6. ada bund sombong juga termasuk dalam penyakit hati kan ?? hihi

    tapi pasti nya yang lebih bahaya itu ya menebar finah !!
    karna fitnah itu merugikan orang lain kan ada pepatah mengatakan fitnah lebih kejam dari pada pembunuhan ( berarti ngbunuhn aja ) hihi… yaaaaaaa ngggak gitu juga kaleeeeee #jeless😀

    makasih yaaa bund..

    yup, sombong memang masuk salah satunya ,Dea
    ngebunuh ? kalau bunuh nyamuk mungkin gpp😀😀
    malah bisa dpt penghargaan dgn gelar ” Pahlawan anti nyamuk” hahaha …….😛
    salam

  7. ~Amela~ says:

    semoga kita selalu diberi kesehatan lahir dan batin.. dijauhkan dari penyakit fisik maupun hati..
    memang bunda, kelima penyakit itu sungguh menyeramkan… mampu mengikis kebahagian sedikit demi sedikit

    setuju Mel, juga menyusahkan orang lain,
    terlebih diri sendiri, jadi kurang bersyukur ya….😦
    salam

  8. ,Gagal move-on itu termasuk penyakit hati kah, bun? hehehe

    gak Bunga…..
    gagal move on, mungkin krn kita belum siap 100%
    nanti kalau dicoba lagi, insyaAllah akan berhasil,
    yg penting gak patah semangat Bunga🙂
    salam

  9. budiastawa says:

    Bunda, sungguh saya masih punya salah satu dari kelima penyakit hati itu. Yaitu yang nomor 5. Bukan karena sengaja, tapi lupaaaaa…. Gimana ya Bunda, ngobatinnya….?


    hahaha….kalau lupa , gak masalah Bli,
    kan bukan disengaja ingkar janji nya🙂
    ngobatinnya ? mungkin dgn membuat reminder , biar gak lupa lagi sm janjinya tadi itu🙂
    salam

  10. Wah penyakitnya bahaya banget


    iya, bahaya buat diri sendiri juga orang lain😦
    salam

  11. 5 hal itu saja dah bikin hati kita korengan ya Bun,

    semoga kita terhindar dari penyakit hati yang mematikan ‘HATI’ kita🙂

    jangan sampe deh ,Yunda😦
    ikut mengaminkan doamu, Yunda sayang …….
    salam

  12. Hanggar PS says:

    iri boleh saja asalkan jangan dengki itu hala yang saya dengar dari seorang pembicara training kemarin, namun iri untuk kebaikan tentunya


    ya , sepakat…..kalau rasa iri utk menambah semangat dan kebaikan, kenapa gak ?🙂
    salam

  13. lozz akbar says:

    saya pingin jadi orang Iri dan Provokatif Bun.. Tapi untuk kebaikan..🙂

    met sore Bunda


    pastinya Uncle bakal tambah sukses ,aamiin
    salam

  14. marsudiyanto says:

    Terkena salah satu saja sudah berbahaya, apalagi kalo kena lima2nya ya Bun…
    Jangan sampai deh!


    astaghfirullah, sepakat Pak Guru …
    semoga Allah swt menjauhkan semua penyakit hati ini dr diri kita ,aamiin

    salam

  15. Lidya says:

    iri sama bunda, bunda sudah punya buku hehehe

    kan sebentar lagi Lidya nerbitin buku juga🙂
    nanti bunda pesen satu ya bukunya…🙂
    salam

  16. Arman says:

    iya bener2 harus menjaga hati dari ke5 hal tersebut ya…

    karena pasti yg akan susah kita sendiri juga ya Arman, krn penyakit hati ini😦
    salam

  17. ded says:

    Mudah2an kita dijauhi dari penyakit hati (rohani) yang bunda sampaikan. begitu juga penyakit hati lahir seperti hepatitis …
    Amiiinnn………


    aamiin, aamiin ya Rabb…..
    salam

  18. fitrimelinda says:

    selamat pagi bunda..
    benci itu termasuk penyakit hati bukan bund???
    semoga kita dijauhi dari penyakit hati ini ya bunda sayang..🙂


    Pagi juga Fitri sayang………
    iya, benci itu kyknya masuk penyakit hati juga😦
    ikut mengaminkan doamu Fitri sayang ….
    (peluk)
    salam

  19. 'Ne says:

    selamat pagi Bundaaa😀

    hiks iya tuh penyakit hati memang cuma bikin hati jadi keruh.. aura jadi negatif.. semoga kita selalu mampu dan sadar untuk sering2 membersihkannya ya Bund😀


    Pagi juga ‘Ne ….
    ikut mengaminkan doamu, ‘Ne🙂
    salam

  20. ada lagi Bund…. ujub/bangga diri di dalam hati, ini lebih berbahaya.🙂

    iya ya Mel, ngeri banget kalau kita punya penyakit ujub ini😦
    Semoga Allah swt menjauhkan kita dr penyakit hati apapun ,aamiin
    salam

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s