And it’s too late, too late to change the time But it’s not too late to change your mind….
( Lagu Michael Jackson)

It's Too Late To Change The Time  -The Jackson 5

Ketika membaca lirik lagu It’s Too Late To Change The Time yang dikumandangkan oleh Michael Jackson ini, saya terperanjat pada kalimat di atas.

Dikatakan bahwa sudah terlambat untuk mengubah waktu, namun belum terlambat untuk mengubah pemikiran kita.

Kecenderungan manusia adalah sebaliknya.
Manusia lebih suka kalau sekitarnya yang berubah, bukan dirinya.
Benar atau betul?!

Ketika keadaan tiba-tiba terasa sulit dan menyesakkan, maka manusia berharap agar keadaan segera berubah.
Namun, kenyataannya, keadaan akan tetap sama, jika kita tidak mengambil tindakan untuk mengubahnya.

Keadaan berubah atau tidak tergantung kita, bukan tergantung keadaan atau orang lain.

Hubungan friendship yang dingin bisa menjadi hangat kembali jika kita mau melakukan sesuatu.
Pekerjaan di kantor dapat diselesaikan jika kita berbuat sesuatu, yah menyelesaikannya.

Masalah yang ada tidak perlu disesali berlarut-larut, namun daripada membuang waktu untuk memusingkan mengapa hal itu terjadi, lebih baik kalau kita mulai memikirkan solusinya.

Kita tidak bisa mengubah apa yang telah terjadi, misalnya hal buruk yang pernah kita lakukan.
Namun, kita bisa mencegah hal tersebut terulang kembali.
Kita bisa melakukannya yaitu dengan menata dan mengatur pemikiran kita.

Jadi, jika saat ini Anda merasa perlu melakukan perubahan yang radikal dalam kehidupan Anda, lakukanlah!

Milikilah tekad yang kuat, semangat yang baru, dan fokus yang benar.

Lakukan sedikit demi sedikit hal-hal yang dapat menyebabkan terjadinya perubahan itu.
Ingat, hidup ini proses, bukan instan.

Jika belum melihat hasilnya, tetaplah tekun melakukan.
Perubahan memang sulit untuk dijalani, namun tetap lakukan sampai hal itu menjadi kebiasaan  yang mendarah daging.

Jika kita tetap tekun, kita akan melihat hasilnya.
Tidak akan sia-sia segala jerih payah yang kita lakukan.
Keep on fire, pals!

Salam

Gambar diambil dari sini

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

21 responses »

  1. Teppy says:

    kebiasaan berteman dg greeny (rokok menthol) adalah hal tidak baik bagi kesehatan n lingkungan… tau banget… tapi sulit sekali tuk menghentikannya… sebenarnya karena gak niat aja kali ya… Un…🙂

  2. syafruddinmoha says:

    harus belajar lagi ini kayanya… TQ

  3. Budi Arnaya says:

    Dari pada meributkan kesalahan mending cari solusi ke depannya perubahan itu memang tidak secara revolusi ya bunda, namun lebih kepada evolusi. kalau bukan diri kita siapa lagi yang akan berubah…terima kasih banyak motivasi indahnya Bunda

  4. prih says:

    Trimakasih Uni, postingan yang menginspirasi perbaikan diri. Salam

  5. cepi says:

    lima jempol deh buat bunda atas post nya,,,,ajiiib tenan


    hehehe…kenapa gak 10 aja sekalian?😛
    (ngelunjak…. )😀
    salam

  6. mama hilsya says:

    “Milikilah tekad yang kuat, semangat yang baru, dan fokus yang benar”

    pas banget buat aku, Bun…secara hari gini masih suka ngga fokus
    TFS pokoknya …

    salam sayang

    hayyah….Hilsya paling bisa deh🙂
    makasih juga ya Hilsya🙂
    kapan jalan2 lagi?
    salam

  7. betul sekali… perubahan harus dimulai dari diri sendiri ya….


    jangan mengharapkan hal/orang lain berubah lebih dulu
    salam

  8. Niat dan tekad sangat diperlukan untuk melakukan perubahan yang kebih baik dalam hidup kita ya Bun..

    sepakat banget dgn Uncle🙂
    gak mudah memang, tapi harus ,agar kita bisa lebih menghargai/menikmati hidup ini
    salam

  9. Pakde Cholik says:

    Manusia memang cenderung ingin enaknya kan mbak.
    Gak mau kerja keras tapi mau dapat uang banyak, akhirnya masuk penjara.

    Btw, masakan iwake yellow ngumpet dimana mbak kok gak ada ?

    Salam hangat dari Surabaya

    sepakat Dhee….
    gak tau tuh Dhee….
    ada beberapa artikel yg hilang , kenapa ya?
    (kok malah balik nanya?)😛
    salam

  10. Mood says:

    Satu kata yang saya ingat disini dan saya perlukan adalah fokus. Ya fokus dalam berproses, karena dalam banyak keinginan hidup, fokus sangat diperlukan biar tetap konsisten pada tujuan dan tidak terombang ambing dalam banyak tujuan itu sendiri.

    Thank’s sharingnya bunda.

    Salam.. .

    fokus itu gak mudah, namun bukan berarti gak mungkin ya Mood🙂
    salam

  11. LJ says:

    ya mam.. perbaiki diri terlebih dahulu.
    makasi sudah diingatkan.

    peluktjium.


    mamih sekalian mengingatkan diri sendiri juga Mak🙂
    *peluk rindu*
    salam

  12. marsudiyanto says:

    Ketika parameter yang satu sudah tak mungkin kita ubah, maka masih ada hal lain yang bisa kita sesuaikan.
    Sama seperti dalam persahabatan Bun
    Ketika kita susah mengubah kebiasaan buruk sahabat kita, kitalah yang harus mengubah cara.
    Bukan berubah ikut2an nggak baik, tapi merubah cara pendekatan kita.
    Ada banyak cara, ada aneka metode…
    Salam!


    sepakat, Pak Guru
    ada banyak jalan menuju Roma🙂
    salam

  13. Salam, Bunda..smg sehat dan bhgia. Berubah itu mmg pnting trutama utk kita pribadi masing2. Di saat keterpurukan terutama hal trsebut sgt diperlukan🙂

    alhamdulillah, terimakasiyh banyak utk doamu,Hendra
    doa yg sama juga utkmu🙂
    kita lah yg harus berubah lebih dulu, sebelum mengharapkan hal/orang lain berubah
    salam

  14. utk masa lalu memang sebaiknya hanya di jadikan cermin aja yg sesekali kita melihatnya🙂

    itulah mengapa kaca spion hanya kecil saja Myra
    seperti tulisan bunda disini
    salam

  15. Orin says:

    Benar atau Betul? Tepat sekali itu mah Bun heuheu…

    senengnya kalau Orin yg komen🙂
    selalu tepat kitu ……hehehe😛
    salam

  16. alamendah says:

    Sebuah langkah kecil memang terlihat gak berarti namun jika disusul dengan langkah demi langkah lainnya pasti akan lebih jauh dari sebuah lompatan panjang sekalipun

    langkah kecil lah yg menghasilkan langkah besar, gitu ya Mas Alam?
    apa kabar?
    semoga selalu sehat ya
    slm hangat utk klrga🙂
    salam

  17. Pakacil says:

    semacam guru saia dulu bilang. “fakta itu penting, tapi apresiasi terhadap fakta jauh lebih penting”. apresiasi terhadap sesuatu adalah kuncinya. menurut beliau. saia cuma sepakat.

    bunda pingin ikutan belajar juga sama Gurunya , Pakacil🙂
    salam

  18. iya bund !! makasih ya ..
    aku aja sering tidak menyadari klo diri aku sendiri juga blum tentu benar !!
    mulai dari sekarang aku akan belajar untuk hidup lebih baik lagi !
    thanks ya bund !!

    yuk, kita belajar sama2 ya Dea
    bunda juga kudu sering2 nih instrospeksi diri🙂
    salam

  19. Makasih Bun, renungannya hihi
    Kesindir nih aku,
    Harus belajar lebih baik lagi😀😀

    bunda juga kudu belajar lg utk instrospeksi diri ,Una🙂
    salam

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s