Artichoke

Rasa kagum terhadap keindahan bunga sungguh tak terkatakan, mulai dari keharumannya, keindahan kelopaknya yang warna-warni sampai bentuknya yang unik membuat kita tak henti bersyukur atas ciptaan Tuhan yang sungguh indah itu.
Keindahan bunga ini ternyata tak hanya bisa dinikmati oleh mata saja, tetapi dikecap rasanya dengan lidah. Wah benarkah?

Ya, benar! Ada beberapa jenis bunga yang justru tak hanya sedap dipandang, tetapi sedap dirasakan dalam menu masakan.
Tak hanya sedap saja, berbagai khasiat bunga juga membawa manfaat bagi kesehatan.
Bunga apa sajakah itu?

Brokoli

Sayuran berwarna hijau yang merupakan bunga ini merupakan sayuran yang kaya akan vitamin A, kalsium, potasium, kalium, zat besi dan selenium ini. Atas kandungan isotiosianat, brokoli dan bunga kol ini ditengarai dapat mencegah perkembangan sel kanker.

Bisa ditumis, dikukus, direbus atau bahkan mengonsumsinya dalam keadaan mentah sebagai salad.
Rasanya manis, segar dan sehat untuk kita.

Bunga Kol/ Kubis bunga

Merupakan bagian dari bunga kubis, si kuning cantik yang lezat ini juga merupakan sumber vitamin dan mineral yang cukup lengkap.
Bunga kol ini bisa mencukupi 77% kebutuhan vitamin C pada tubuh.

Selain itu, bunga yang lezat sebagai campuran sup atau tempura ini mengandung sumber penting protein, thiamin, riboflavin, niasin, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, zink, kalium, vitamin B serta beberapa asam penting untuk tubuh.

Namun hati-hati mengonsumsinya, terlebih dahulu rendam bunga kol ini di dalam air larutan garam agar ulat-ulat kecil yang biasa bersarang di dalamnya keluar, sebelum mengolahnya atau memakannya sebagai salad.

Bunga Turi

Kebanyakan dari kita mungkin tak menyangka bahwa bunga putih yang sering ada di pinggir jalan ini lezat sekali rasanya.
Biasa dicampurkan dalam pecel, bunga Turi ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Kandungan kalsium, zat besi, vitamin A, menjadikannya sebagai bunga sehat yang layak untuk dikonsumsi.
Dan bunga turi ini baik untuk memperlancar ASI lho!

Asparagus

Ada mungkin diantara sahabat pecinta sup asparagus yang biasa dipadukan dengan potongan kepiting, atau sebagai teman makan steak bersama kentang dan wortel. Nikmat bukan?

Tak salah lagi, bunga sekaligus batang ini memang merupakan pilihan menu makanan istimewa.
Banyak dikemas dalam kaleng, Asparagus yang mengandung asam folat, rendah kalori, tidak mengandung lemak dan kolesterol serta sedikit kandungan natrium ini akan menjadikan kita sehat.

Sifat diuretiknya akan membantu Anda melancarkan pencernaan, dan atas kandungan senyawa kimia di dalamnya membuat asparagus menjadi bunga yang mampu memperkuat dinding kapiler.

Artichoke

Bunga yang berasal dari benua Eropa ini terkenal sebagai menu makanan spesial yang kaya akan kandungan serat.
Selain itu, Artichoke juga mengandung Thiamin, riboflavin, niasin, vit B6, Vit C, kalsium, zat besi, magnesium dan beberapa zat lain yang memperlengkap kandungan gizinya.

Artichoke yang saat ini mudah ditemukan dalam kemasan kalengan baik untuk pencernaan, dan akan membantu memperlancar pencernaan.

Nah, sahabat tersayang, mungkin ada yang bisa menambahkan tentang bunga yang bisa dimakan dan manfaatnya bagi tubuh kita ??
Yuuuuk……berbagi disini …. jangan malu-malu yaaaa………

Salam

Gambar diambil dari sini

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

13 responses »

  1. Orin says:

    Hampir tiap minggu pasti ada menu masak brokoli Bun😀

  2. ded says:

    Kalau saya suka bunga kecombrang dan bunga pepaya Bun. Klo bunga aspragus, bunga kol atau brokoli sudah pasti suka. Ulat yang ada pada sayuran/buah menandakan sayuran/buah itu layak dimakan….🙂

    wah bener Ded, kecombrang dibikin sambel juga enak lho🙂
    bunga pepaya , kalau bunda suka ditumis ala masakan menado gitu, maknyusss. ….. 🙂
    salam

  3. rynari says:

    Bunga pepaya gantung dan bunga pisang uni Ly. Selamat memasak bunga. Salam

    iya Ry, bunda juga suka bikin bunga pepaya ini ditumis,
    ala masakan manado, kalau bunga pisang belum pernah nyoba …😦
    apa Ry punya resep utk membuat masakan bunga pisang ini ?
    mau juga dong bunda dikasih resepnya😛
    salam

  4. monda says:

    bunga enak semuanya itu bun, sehat pula kan

    iya bener BuMon …
    apalagi kalau brokoli yg cuma dikukus gitu,
    rasanya masih kreces2 crunchy ya…enak banget …🙂
    salam

  5. Bundaaaaa…

    aku gak mau komentar banyak tentang bunga atau tanaman apa pun…
    soalnya setiap menanam apa pun di rumah dipastikan tewas dengan sukses…hihihi…
    *sindrom males nyiram*


    hahaha….kalau tanaman dan bunga , kita senada seirama dong Bi…
    gak ada yg berhasil …. hahaha😀😀
    salam

  6. test komen lagi

    Lulus …..😛

  7. ~Amela~ says:

    di sini sering lihat asparagus kalengan, cuma ga tahu cara masaknya bunda..

    lagi pingin brokoli dan atau kembang kol. tapi entah kenapa ga pernah ketemu tiap kali ke pasar

    kenapa galk googling aja ,Mel
    pasti banyak ragam cara masak asparagus yg maknyuss…🙂
    ooo….susah ya Mel utk dpt brokoli atau kembang kol di Bau Bau?
    kalau aneka ikan , mungkin malah banyak ragamnya ya Mel ….
    salam

  8. i like vegetable’s !!!…. kalo kol termasuk bunga bukan bund ???


    iya Dea, bunga kol, bukan kol nya sayang🙂
    sama dong kita ya , really loves vegetables …🙂
    *tos akh*
    salam

  9. Yunda Hamasah says:

    Bunga sedap malam Bun, untuk kuah tekwan🙂


    iya ya, bunga sedap malam juga bisa utk campuran dlm sop kimlo ya Yunda🙂
    salam

  10. Saya suka yang kembang turi Bunda..
    sedep kalau dibuat pecel,heheheh

    sepakat Prit, tapi kalau di tangerang ini agak susah juga tuh dapetnya😦
    salam

  11. brokoli enaknya dimakan hanya disiram dengan air panas… lebih renyah.. ini adalah menunya orang orang yang penganut raw food.

    oh gitu ya ?
    dgn rasa yg crunchy, tentunya vitaminnya juga gak banyak terbuang ya
    salam

  12. LJ says:

    tes dulu ya mam.. drtd ditolak mulu klo komen di wp.

    itu Asparagus gak ada di bukik sini mam.
    klo brokoli dan bunga kol, banyaaakkk..!

    semua sehat dan bermanfaat.


    oh, gitu ya Mak ….?
    kenapa yaaa………
    banyak juga yg bilang gituh ..

    nanti mamih dibikinin ya Mak
    sayur brokoli sama bunga kol🙂
    enaknya diapain ya Mak ….
    (mengkhayal makan masakan brokolinya eMak)😛
    salam

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s