Ada lima hal penting tentang time management yang wajib kita ketahui:

1. First of all,
Manajemen waktu bukanlah ‘anugerah’ yang kita dapatkan sejak lahir.
Thankfully, it’s a skill that we can learn.

2. Time management adalah
bagaimana Anda mencari kombinasi paling tepat untuk porsi pekerjaan, relationship, hobi, lifestyle, keluarga, dll.
Semakin terpenuhi kebutuhan-kebutuhan ini dalam skala prioritas kita, kita pun semakin bahagia.

3. Miliki motivasi.
Contoh: bayangkan, kita memiliki dua jam ekstra per hari untuk kekasih, keluarga atau proyek pribadi  (untuk menulis buku, misalnya).
Dengan mengetahui benefit apa yang akan kita nikmati nantinya, kita akan menghindarkan diri dari predikat ‘penunda’ dan lebih fokus memaksimalkan waktu.

4. Beware,
Poin ini akan mengubah mindset kita.
Istilah ‘manajemen waktu’ mau tak mau membuat kita berpikir bahwa waktu dapat dikelola.
But actually darling, it’s not.
Waktu ya waktu: 24 jam sehari, 7 hari seminggu.
Waktu tidak bisa dibagi, karena yang seharusnya kita kelola adalah…

5. Manajemen diri (self-management!)
Ubah pola pikir  dari ‘mengatur waktu’ menjadi ‘mengatur diri’, demi manajemen hidup (life-management) secara keseluruhan.

Semoga bermanfaat, karena sayapun saat ini sedang mencoba menerapkan hal hal diatas untuk diri sendiri…………..

Salam

Gambar diambil dari sini

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

23 responses »

  1. Mr. Kleepon says:

    Betul, yg harus dipelajari adalah ‘Prioritas’, kita harus belajar mana yg harus lebih di prioritaskan terlebih dahulu.

  2. Lusia says:

    nice info….
    Salam kenal…

  3. kei key says:

    untuk membuat kita disiplin makasih bunda

  4. saya sih selalu punya masalah dengan menunda nunda waktu nih… semoga cepat sembuh dengan membaca artikel ini ya…

  5. prih says:

    Trimakasih Uni Ly tipsnya, tukbelajar mengelola waktu anugerahNya. Salam

  6. riri says:

    tips yg menarik,, perlu diterapkan…

  7. Penentuan skala prioritas itu perlu. singkirkan semua yang bisa merusak waktu kita.
    Jika kita ngeblog sambil membuka FB, dijamin akan berlama-lama di FB.
    Tak kalah penting; jangan menunda pekerjaan penting karena asyik dengan yang tak penting
    Terima kasih tipsnya
    Salam sayang selalu

  8. maminx says:

    makasih bunda tips time management nya. saya sendiri masih merasa gagal mengelola waktu yang efektif🙂. atau masih sering ngaret lah dll, hehe.

  9. ajeng says:

    perlu dicontoh nih….bunda

  10. rizalean says:

    wah..tips yang sangat penting.

    dalam keseharianku di jam kerja sebagai buruh IT ini, dalam sehari bisa melakukan tiga kali meeting *ok, yg ini emang ekstrim*, menyelesaikan dokumen, surat menyurat, ngetwit, baca blog *he he*… kalo pas lagi riweuh ato ringem, bisa ada yang missing.

    time management-ku sangat terbantu dengan calendar.google.com. malah, sebenarnya, setiap hari calendar google ini dulu yang kubuka untuk pastikan nggak ada yg keliwat. juga selalu kuupdate bila ada permintaan appointment atau sekedar kunjungan mitra ke kantor. dan calendar yg ku-update dari netbook akan automatically synchronized dengan android Flexi-ku.

    benar sekali Bunda, time management itu sesuatu yang bisa dipelajari.

  11. marsudiyanto says:

    Saya akan belajar satu persatu sampai genap kelima2nya…

  12. lidya says:

    pertama hrs dari diri sendiri ya bun kalau mau memperbaiki semua

  13. toko online says:

    asyik ada juga info kaya gini…makasih ya bun. apalagi kalo di dampingin blog coment kaya gini.

    langsung bookmark ah.

    oh ya. ada kontak person ga?

  14. ~Amela~ says:

    hehehe,. bunda, lagi2 aku tersentil..
    iya nih, mel masih berantakan ngatur waktunya, sering keteteran di sana dan di sini..

  15. Phie says:

    sama, Bun.. saya harus terus belajar, masih banyak ketinggalan.
    terima kasih sudah diingatkan🙂

  16. Arman says:

    manajemen waktu emang penting banget ya… kalo gak, bisa kacau semua…🙂

    salam kenal balik ya bunda…🙂

  17. ysalma says:

    kata mereka yang sukses, yang membedakan mereka dengan yang lainnya,
    percepatan dirinya dengan management waktu dan diri yang baik, benar sekali ya Bund.

  18. alfhyans says:

    good job bunda untuk postingnya kali ini..
    memang inti pokoknya mengacu ke management diri..
    love it, dan aka diusahakan untuk diterapkan,,
    makasih sharingnya bun🙂

  19. Ngai says:

    siippphhh.. siap laksanakan..!

    makasi sharingnya ya Mam.

  20. vizon says:

    Setuju sekali dengan poin kelima: self-management.. Itulah poin pentingnya. Karena sesungguhnya, apa yg ada di dunia ini sudah berjalan sesuai peruntukannya masing-masing, tinggal kita saja lagi yang harus bijak mengatur semuanya..

    Tips yang bermanfaat sekali, Bunda.
    Terima kasih banyak

    Salam

  21. Wong Djember says:

    Sangat bermanfaat Bunda, akhir² ini jadwal saya morat marit gara² gak bisa mengatur waktu,

    Selamat pagi Bunda,,,

  22. Aim says:

    Ini penting buat saya yang seringkali meremehkan waktu. Terima kasih Bunda..

  23. Ne Margane says:

    ini penting banget yang saya butuhkan Bunda.. soalnya sering merasa kekurangan waktu, padahal banyak juga waktu yang terbuang sia-sia..

    makasih postingannya🙂

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s