Secara tegas hadits Nabi saw mengatakan bahwa sholat dhuha adalah bagian dari cara seorang hamba mengetuk kuasa Allah swt untuk membuka rizki yang datangnya dari Allah ta’ala.

Rasulullah bersabda di dalam Hadits Qudsi, Allah SWT berfirman, “Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan empat rakaat shalat dhuha, karena dengan shalat tersebut, Aku cukupkan kebutuhanmu pada sore harinya.” (HR Hakim & Thabrani).


Adapun tipsnya supaya bisa mengerjakan dhuha dengan khusyu’ dan istiqomah adalah sebagai berikut;

1. Niat melaksanakan sholat dhuha, niatnya ditanamkan sejak pagi hari sebelum memulai aktifitas keseharian. Jika belum bisa ikhlas atau kalau masih belum bisa juga, ya lakukan saja dengan berbagai motivasi. Yang penting harus melakukan dhuha dengan paksa dulu.

2. Kalau sudah berjalan secara otomatis setiap harinya, selanjutnya adalah memeliharanya secara kontinuitas (keistiqomahan) itu dengan baik. Dalam keadaan apapun jangan pernah ditinggalkan. Ketahuilah watak psikis manusia secara umum adalah ketagihan, kalau sudah terbiasa melaksanakan dhuha kemudian sesekali tidak dilaksanakan dikhawatirkan akan keterusan.

3. Kalau sesekali terasa berat, maka perintahkan kepada hati, bahwa persendian manusia berjumlah 360 sendi, semua persendian setiap harinya menuntut untuk disedekahi.
Imam Ahmad dan Abu Daud dari Buraidah bahwa Rasulullah saw bersabda, ”Dalam tubuh manusia itu ada 360 ruas tulang. Ia harus dikeluarkan sedekahnya untuk tiap ruas tulang tersebut.”

4. Salah satu bentuk sedekahnya adalah berdzikir kepada Allah swt minimal sejumlah persendian tersebut, lalu apa hubungannya dengan dhuha?. Dalam dhuha ada banyak bacaan ayat qur’an, setelah dhuha ada beberapa bacaan-bacaan yang mana bacaan-bacaan itu bisa dianggap sebagai sedekah.

Salam

Note:
Saya menulis inipun untuk menambah semangat dan keistiqomahan menjalankan sholat dhuha .

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

22 responses »

  1. niat yang dibangun sangat sulit sekali bun, mungkin yang sudah rutin menjalaninya sama sekali bukan beban. . .

  2. Memulainya mungkin sulit, makanya harus dipaksakan dulu, nanti kalau udah terbiasa rasakan manfaatnya.

    Terima kasih bunda

  3. arRa II says:

    terimakasih sudah mengingatkan, insyaAllah kita diistiqomahkan akan shalat dhuha..

  4. oscorner says:

    sangat ingin sekali melaksanakan nya.. semoga saya bisa ya bun..amien..
    memang sholat dzuha luar biasa

  5. thanks buat pencerahannya bunda🙂

  6. nancy says:

    ya tiap aku di sekolah pada pagi hari, tiap guru mesti mengajak sholat dhuha !! jadi manfaat itu ya baru tau aku ?

  7. mama hilsya says:

    ‘disentil’ nih gara gara masih belang bentong…*malu*
    padahal cuma disuruh sebentar ya Bun.. masya Allah mau jadi apa aku ini..

    TFS, bunda..

  8. irmarahadian says:

    terima kasih bunda….
    sdh mengingatkan….:)

  9. benar sekali kita harus membiasakan diri melaksanakan shalat dhuha


    untuk memberikan sedekah pd tiap ruas tulang ditubuh kita ya Dudunk

    salam

  10. asikkk
    postingan baru
    alhamdulilah akhirnya bunda eksis lagi di dunia myaa:)

    whuahaha….blm tentu juga lho Iroh …
    maklum penyakit malasnya masih akut nih😀
    salam

  11. ~Amela~ says:

    akhirnya bunda posting lagi di blog ini..
    aduh jadi malu.. udah lama ga ngebiasain sholat dhuha.. harus dibiasain lagi ni


    iya ,Mel
    mudah2an bsok2 gak malas posting lagi😛
    bunda jg nih, msh hrs berusaha utk istiqomah Mel,
    yuk, sama2 usaha…🙂
    salam

  12. monda says:

    Hari Sabtu ketemu Inon langsung wawancara, kok blog bunda nggak bisa dibuka.
    Alhamdulillah bisa ke sini lagi.

    Musti ingat2 ini, aku musti dipaksa dulu nih bunda. Masih suka malas…


    hahaha….langsung wwncara dr sumber terpercaya ya BuMon😀
    padahal akunya aja yg lg malas dan gak ada ide😦
    salam

  13. Ejawantah's Blog says:

    Alhamdulillah aku sduah bisa menikmati tulisan Bunda disini kembali. Selamat berkarya kemabli di blog yang penuh dengan inspirasi ini Bun.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah’s Blog


    Alhamdulillah, terimakasih banyak Indra🙂
    semoga saja penyakit malas up date nya gak kumat lagi🙂
    sehat dan sukses juga utkmu, Indra
    salam

  14. new world says:

    thanks ya..bunda..


    sama2, terimakasih juga🙂
    salam

  15. Alhamdulillah,, senang skali bunda nulis lagi di sini..😀

    terimakasih bunda, diingatkan lagi tentang pentingnya shalat dhuha,
    insya Allah, smoga bisa istiqomah melaksanakan dhuha ini.


    alhamdulillah, Ruri
    tapi sakit malasnya msh akut juga nih …heheh 🙂
    ikut mengaminkan doamu, Ruri
    salam

  16. marsudiyanto says:

    Selamat menulis lagi Bun…
    Berkali2 saya kesini, Bunda nggak ada
    Mungkin lagi bikin puisi.
    ——————————
    Terima kasih pencerahannya, saya nggak bosan2nya belajar memperbaiki diri…
    Salam!


    terimakasih, Pak Guru..🙂
    hehehe…bukaaaan, memang lagi kumat malasnya😛

    sama2 Pak Guru, aku juga msh terus berusaha utk lebih baik lagi Pak Guru🙂
    salam

  17. mylitleusagi says:

    alhamdulillah..
    mamih kembali menulis..
    postingan ke 1001🙂
    *pelukkk mamihhh


    terimakasih banyak nak….
    (peluk inon juga) 🙂
    salam

  18. Purwanto says:

    Lama tak silaturahim ke rumah Bunda…
    Alhamdulillah di Kantor saya sudah banyak yang mulai saling menulari virus sholat dhuha…
    salam kangen bunda


    bunda jg lama gak silaturahim ketmpt Mas Pur😳
    dan, lama juga gak up date tulisan disini….
    Alhamdulillah, semoga bisa terus istiqomah ya Mas….
    salam kangen juga🙂
    salam

  19. Herizal says:

    KELEBIHAN SOLAT DUHA ,KUNCI KEMURAHAN REZEKI DAN KEBERKATANYA REZEKI KITA ITU .

    Diriwayatkan daripada Abu Hurairah r.a katanya:
    Kekasihku Rasulullah s.a.w telah berpesan kepada aku dengan tiga perkara:
    Berpuasa tiga hari pada setiap bulan,
    mendirikan sembahyang sunat Duha sebanyak dua rakaat dan
    mendirikan sembahyang Witir sebelum aku tidur.
    (Hadis riwayat Imam Bukhari).

    Selepas memberi salam baca Doa Nabi Besar Kita s.a.w.

    Berdoalah :

    ” Ya Allah bahawasanya waktu duha itu waktu duhamu, kecantikan ialah kecantikanmu , keindahan itu keindahanmu, kekuatan itu kekuatanmu ,kekuasaan itu kekuasaanmu dan perlindungan itu
    perlindunganmu “.

    ” Ya Allah jika rezekiku masih di atas langit , turunkanlah dan jika ada di dalam bumi, keluarkanlah, jika sukar mudahkanlah, jika haram sucikanlah,jika masih jauh dekatkanlah, berkat waktu duha, keagungan,
    keindahan, kekuatan dan kekuasaanmu, limpahkanlah kepada kami segala yang telah engkau limpahkan kepada hamba-hambamu yang soleh .”

    Firman Allah s.w.t.Untuk Manusia ,

    Katakanlah, “Solatku, perkerjaanku, hidupku dan matiku untuk Allah , Tuhan sekalian alam. Tiada sekutu bagi-Nya.Demikianla h yang telah diperintahkan kepadaku, dan aku di antara yang awal-awal tunduk.”
    (Al-An..am, 162-63)

    Dilakukan Solat Sunat Duha ketika matahari sedang naik iaitu antara jam 9.00 pagi hingga jam 11.00 pagi . Jumlah rakaat tidak terbatas dari dua rakaat sehingga 12 rakaat. Tiap dua rakaat dengan satu salam .

    Lafaz niat :
    “Usolli Sunnatal Dhuhaa Rak’ataini Lilaahi Ta’ala, Allahu Akhbar ”
    Sahaja aku solat sunat duha dua rakaat kerana Allah Ta’ala”

    Selepas membaca Al- Fatihah pada rakaat pertama baca lah surah As-Syams .
    Pada rakaat kedua selepas Al-Fatihah baca surah Ad-Duha .
    Semasa sujud akhir bacalah surah Ad-Duha 1 kali (Kalau Kuat keimanan sebanyak 40 kali semasa sujud akhir )
    Selepas memberi salam baca Lah Doa Nabi Besar Kesayangan Kita s.a.w ini .

    Berdoalah :

    ” Ya Allah bahawasanya waktu duha itu waktu duhamu, kecantikan ialah kecantikanmu , keindahan itu keindahanmu, kekuatan itu kekuatanmu ,kekuasaan itu kekuasaanmu dan perlindungan itu perlindunganmu “.

    ” Ya Allah jika rezekiku masih di atas langit , turunkanlah dan jika ada di dalam bumi, keluarkanlah, jika sukar mudahkanlah, jika haram sucikanlah, jika masih jauh dekatkanlah, berkat waktu duha, keagungan, keindahan, kekuatan dan kekuasaanmu, limpahkanlah kepada kami segala yang telah engkau limpahkan kepada hamba-hambamu yang soleh .”

    Firman Allah s.w.t.Untuk Manusia ,
    Katakanlah, “Solatku, perkerjaanku, hidupku dan matiku untuk Allah , Tuhan sekalian alam. Tiada sekutu bagi-Nya.Demikianla h yang telah diperintahkan kepadaku, dan aku di antara yang awal-awal tunduk.”

    (Al-An…am, 162-63)

    Wa’lah’hu’alam .

    Subhanallah………..
    terimakasih banyak utk komen yg benar2 melengkapi tulisan ini Mas.
    Semoga kita semua bisa istiqomah menjalani sholat dhuha ini ,aamiin
    salam

  20. LJ says:

    Pagi Mam..

    betapa bahagianya halaman ini disentuh lagi oleh jemari bijakmu.
    terimakasih untuk sedekahnya pagi ini Mam, luv always.


    pagi, eMakku tersayang………..
    alhamdulillah Mak, tulisan utk mengingatkan diri sendiri ini Mak🙂
    luv u as always…
    *pelukrindu*
    salam

  21. Terima kasih untuk tausyiah Dhuhanya 😉

    Link Bunda sempat lama hilang diblogku, hanya ada SERAMBI PUISI, hari ini muncul lagi ^^

    Sehat selalu ya Bun…

    sama2, terimakasih bu dokter🙂
    bunda juga sambil mengingatkan diri sendiri🙂
    selalu sehat juga ya bu dokter .
    salam hangat utk keluarga
    salam

  22. vizon says:

    Memulai sesuatu itu memang tidak mudah, tapi jauh lebih tidak mudah adalah tetap konsisten dengan apa yang sudah dimulai. Tips dari Bunda tersebut, menjadi salah satu pengingat saya untuk tetap konsisten dengan apa yang sudah dikerjakan.

    Terima kasih bunda..🙂


    Alhamdulillah, Nyiak
    semoga kita semua bisa terus istiqomah menjalani sholat dhuha ini,aamiin
    salam

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s