Sudah lama Rika menganggur, puluhan lamaran telah disebar, belasan kali menjalani tes, namun belum juga mendapat pekerjaan.
Dalam ketidak pastian ia nyaris putus asa, sampai suatu hari tergerak lagi saat mendengar ada lowongan posisi operator telegraf pada perusahaan telekomunikasi.

Meski belum pernah mengoperasikan mesin telegraf, sewaktu kecil ia diajari kode morse oleh ayahnya.

Alangkah kagetnya Rika menjumpai kantor itu sudah penuh pelamar .
Tak ada orang di meja resepsionis, kecuali kertas pengumuman yang mengharuskan para pelamar mengisi formulir yang tersedia, lantas diminta menunggu perintah selanjutnya.
Lewat celah pintu ruangan direktur yang terbuka separuh, terdengar bunyi mesin telegraf.…….tit…..tit………..tit………….tit…….dengan jelas.

Setelah mengisi formulir Rika menunggu.
Hatinya gelisah ia ragu menghadapi pesaing begitu banyak, dengan usia rata rata lebih tua dari dirinya, pasti mereka lebih berpengalaman.
Ia bulatkan tekad, lalu melangkah masuk keruangan direktur itu.
Beberapa saat kemudian Rika keluar ruangan dgn wajah berseri seri diikuti oleh direktur itu.

Kepada para pelamar yang masih menunggu, direktur berkata: ” terimakasih atas partisipasi anda sekalian.
Saya telah menerima salah seorang diantara anda menjadi pegawai, silakan yang lain pulang ”

Pernyataan itu segera menimbulkan kegaduhan.

” Kami semua menunggu disini sejak pagi.
Belum satupun dipanggil wawancara, bagaimana bapak bisa langsung menerima lamaran gadis yg baru datang dan menyerobot masuk tanpa permisi pada kami”

” Ketahuilah para bapak dan ibu sekalian.
Selama anda menunggu disini, sesungguhnya mesin telegraf  itu sudah berulang kali menyiarkan pengumuman pada anda semua :……..”Apabila anda memahami pesan ini silakan masuk ke ruang kantor.
Anda akan menerima pekerjaan ini”

Kesempatan ada dimana mana .

Penting bagi kita selalu waspada atas apa saja yg terjadi disekitar kita.

Ini persis seperti pernyataan pengarang Inggris abad ke-18  Sir Arthur Helps, penulis drama King Henry the Second :

”Keberuntungan tak selalu melayang rendah sehingga mudah untuk ditangkap. Begitu pula kesempatan baik tak akan datang dengan cara yang kita inginkan”.


Salam.

Gambar diambil dari sini

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

91 responses »

Comment navigation

  1. Wow…. simple but it’s true. Bagus banget artikelnya. Kesempatan ada namun terkadang harus dibarengi dengan keberuntungan. Terima kasih bunda….

  2. irmarachmasari@gmail.com says:

    Nasehat yang baik untuk diri sendiri, kesempatan baik memang seringkali berkedok kerja keras, dan sesering itu juga kita sibuk menghindarinya.
    Terima kasih Bunda sudah mengingatkan ananda :*

  3. Bagus2 artikelnya bisa untuk bacaan diwaktu senggang

  4. Ann says:

    Sebagai orang yang lagi nyari kerja, tulisan ini memompa semangat.
    Thanks Bu

  5. kimbut says:

    kesempatan dan keberuntungan,
    semoga saya menjadi manusia yang selalu diberi kesempatan dan keberuntungan, amin

  6. wah… tulisan yang membangkitkan semangat. Aku kutip kata bijaknya yang terakhir untuk facebook ya Bun… hehe

  7. qboe_ajja says:

    .gan nne gw dda website untuk dapetin uang dengan mudah
    .kita hanya perlu join jja, dan ajak semua teman qta untuk gabung di website ini
    .
    .dijamin bukan tipuan
    .lw gx percaya silakan jja coba dengan cara mengklik link dibawah ini
    .tapi sebelum nya dihapus dulu ea semua tanda **
    .http://www*.**AWSurveys**.*com?R=qboe_ajja
    .teman gabung disini ea
    .mohon bantuan nya
    .

  8. rendy says:

    kesempatan & beruntung, atau lg beruntung, yg penting persiapan nya kan??
    keren nih cerita, buat djadiin renungan

  9. berbagi says:

    Keberuntungan hasil dari usaha yang kita lakukan, nice info sangat menginpirasi saya. trims.

  10. sino leather says:

    tidak ada kesempatan dan keberuntungan yg datang tiba-tiba. maka dari itu manfaatkan kesempatan dan maksimalkan keberuntungan yang ada. salam hangat dari sino leather

  11. Sangat inspiratif…. Waspada memang perlu, jangan sampai tidak menyadari peluang di depan mata…

  12. Scaffolding says:

    Jujur saya sendiri baru tau bentuknya mesin telegraf, selama ini cuma tau kegunaannya,hee..unik juga tuh buat koleksi,:D

  13. jangan sia-siakan kesempatan dan keberuntungan yang kita dapat. . . .
    gunakan dengan bijak. . .

  14. kesempatan dan keberuntungan ndak semua orang dapetin..🙂

  15. abi_gilang says:

    Berarti harus selalu waspada disegala kondisi ya bunda!! Sampe nggak kepikiran koq bisa gitu ceritanya he he he???

  16. andipandora says:

    kadang kesempatan saja tidak cukup, tapi juga dibutuhkan keberuntungan…

  17. Santi aja says:

    berpikir positif adalah kebiasaan seseorang untuk meraih keberuntungan, jangan berputus asa, karena usaha kesempatan selalu kita raih, terima kasih atas artikelnya sangat inspiratif, moga sukses selalu

  18. kios obat says:

    keberuntungan emg selalu datang tanpa kita mengetahui sebelumnya..benarkan bunda?!

  19. Ejawantah's Blog says:

    Inspiratif Bun !

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah’s Blog

  20. kesempatan jarang datang 2 x dan keberuntungan hanya milik meraka yang mau berusaha,
    terimakasih dengan adanya artikel ini saya mendapat pengetahuan baaru yang sanga bermanfaat

  21. Jadi teringat waktu gue baca komik Legenda naga. Keberutungan ataupun kesempatan itu tidak terjadi secara kebetulan. Ambil misal seseorang yang menemukan uang di jalan. tidak mungkin dia akan beruntung menemukan uang tersebut kalau tidak ada seseorang yang “merelakan” uangnya jatuh kemudian diambil dan diketemukan orang tersebut.

  22. salam kenal ya bunda worry,,baru kunjungan pertama ni bunda🙂

  23. Pakde Cholik says:

    Wah bagus sekali ya hidden test kayak gitu
    salam hangat dari Surabaya

  24. bunda kemana sudah lama tdk update lg.

  25. marsudiyanto says:

    Updatenya kok mulai jarang Bun
    Knapa?

  26. Ditter says:

    Wow, sangat menginspirasi, Bun!
    Kesempatan memang ada di mana-mana, ya. Dan kita harus peka supaya tidak kehilangan kesempatan itu begitu saja….

  27. elfarizi says:

    Selain faktor luck, Rika memang pantas mendapatkannya😀
    Salam kenal, Bunda … saya senang tulisan-tulisan reflektif di blog ini😀

  28. ceritanya simpel.. tapi maknya dalam …

  29. Salam kenal bun… Sebenarnya saya termasuk orang yang kurang tertarik dengan kata “beruntung”. Hehehe… Seperti dalam cerita yang bunda tuliskan di atas, menurut saya Rika sudah memiliki bekal tersendiri, yaitu “sewaktu kecil ia diajari kode morse oleh ayahnya”, nah bekal itu dilengkapi dengan respon + tanggapan yang positif terhadap lingkungan sekelilingnya. Hal itulah yang membuat dia memiliki nilai lebih dibanding dengan pelamar2 yang lain…

    Selalu “waspada”, tanggap terhadap lingkungan sekeliling kita, selalu sigap, dan sikapi segala sesuatu dengan positif…

  30. Ibad durohman says:

    Sangat bagus.
    Memberikan gambaran bahwa keberuntungan haruslah diraih,bukan datang dgn sendirinya.

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s