Tentang tulisan mengenai vegetarian kemarin,  sahabat saya Nik  mengatakan :

nique
nicamperenique.me x
nicamperenique@gmail.com
110.5.99.134

bun, tiap hari juga makan sayur, pasti banyakan sayurannya daripada nasi, cumaaaaaaaaaaaaaaaa kok saya blom tega ninggalin telur ayam dan ayamnya??? ikan dan daging sangguplah musuhan tapi 2 jenis itu … blom sanggup saya bunda xixixi … padahal pengen banget lho bisa vegetarian .. apakah ini pertanda NIAT kurang teguh? Hiks …

Tentunya Nik sekarang gak usah khawatir karena tak bisa meninggalkan telur dan ayam dalam menu masakannya sehari hari, karena ada beberapa jenis vegan yang masih bisa memakan ayam dan telur seperti Nik , yang disebut juga Partial Vegan.

Inilah beberapa jenis Vegan yang biasa diketahui dimasyarakat :

1.Semi Vegetarian, ialah orang yang hanya memakan daging pada waktu menghadiri suatu pesta atau pertemuan.

2.Vegetarian Sebagian (partial Vegetarian), yaitu orang yang tidak memakan daging merah yang berasal dari hewan mamalia seperti lembu, kambing, dan babi, tetapi memakan ikan, ayam, telur dan susu, disamping sayur-mayur, kacang-kacangan, dan makanan nabati lainnya.

3.Lacto Ovo Vegetarian (Latin: Lacto=susu, Ovo = telur), ialah orang yang tidak memakan daging dari semua kenis hewan apapun termasuk tidak memakan daging ikan, tetapi memakan telur, mengkonsumsi susu, dan hasil produksi susu disamping sayur-mayur, kacang-kacangan, dan makanan nabati lainnya. Jenis ini disebut Lactovarian.

4.Lacto Vegetarian, ialah orang yang tidak memakan segala jenis daging hewan, ikan dan telur, tetapi mengkonsumsi susu dan hasil produksi susu, sayur-mayur, kacang-kacangan, dan makanan nabati lainnya. Jenis ini disebut Lactarian.

5.Total Vegetarian (Vegetarian Murni), ialah orang yang sama sekali tidak memakan segala jenis daging hewan, ikan, telur, susu dan hasil produk susu, bahkan tidak memakai produk yang diolah dari tubuh hewan, misalnya apa saja yang terbuat dari kulit hewan. Mereka hanya memakan sayur-mayur, kacang-kacangan, dan makanan nabati lainnya. Jenis ini disebut Fruitarian, karena menurut anggapan mereka hasil nabati adalah buah-buahan bumi.

Salam

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

13 responses »

  1. Lyliana Thia says:

    wah Bunda.. pas banget topikny… aku emang lg kepikiran jd vegetarian, tapi blm bisa ninggalin ikan dan telur.. hihihi… jd bisa ya jd partial vegetarian.. hehee…

    Bunda…


    iya tuh Thia , sama kayak Nik juga🙂
    jadi aja partial vegan…..
    tapi gpp kok, yang penting sehat, iya kan??🙂
    salam

  2. Imelda says:

    saya mungkin sudha termasuk semi vegan tuh. Hanya makan daging waktu makan di luar/pesta. Soalnya daging mahal sih bun hahahaa


    aku cuma makan daging kalau udah kepepet gak ada makanan lain lagi🙂
    makanya aku bilang diriku bukan vegan, tapi flexitarian …..hehehe…….😀😀
    salam

  3. Agung Rangga says:

    berarti saya masih sama kayak kak Nik bun…🙄


    kayaknya gitu deh Rangga , gpp kok , ya kan?🙂
    salam

  4. owwh, jadi ada jenis2nya sendiri-sendiri ya bun,
    Kalau saya brarti belum benar2 vegetarian, meskipun tiap hari makan sayur2an, tapi tetep aja masih suka sama daging & telur… hehe, Tapi ga setiap hari, yang hampir tiap hari ada ya sayurannya..


    iya, begitulah kira2 Ruri
    ada beberapa jenis vegan 🙂
    ya gpp, yg penting kan selalu sehat , jadi vegan atau bukan🙂
    salam

  5. Ooo emang ada jenis2nya ya Bun, aku baru tahu lengkapnya disini😉

    Aku belum sanggup Vegetarian ;(

    hehehe…begitulah Yunda🙂
    gak usah , kalau memang gak sanggup Yunda🙂
    salam

  6. Lidya says:

    saya masih cinta ayam bun🙂


    gak dicemburuin sama ayam jago ,Lidya ?😛
    salam

  7. muamdisini says:

    wah..kalo saya mah belum sanggup jadi vegetarian bunda…
    tapi kan golongan darah saya O, katanya diet yang baik untuk golongan darah ini adalah memakan daging merah, asal gak berlebihan…
    jadi dinikmati aja..hehehehe


    sepakat Muam, gak terlalu penting kok, jadi vegetarian atau bukan, yang paling penting selalu sehat , ya khan?🙂
    salam

  8. kalau saya masuk yang mana ya soalnya semua di makan siihh hee


    hahaha….mungkin termasuk pemakan segala …😀
    salam

  9. Abi Sabila says:

    Rekan kerja saya ada yang vegetarian, tapi saya tidak tahu pasti dia masuk kategori yang mana.

    Kalau Sabila malah susah sekali makan sayuran, Bunda. Apalagi buah. Sudah dicoba berbagai cara, tetap saja tidak mau. Hal ini sudah sejak kecil. Berbagai jenis vitamin coba dikonsumsi, tapi tetap saja. Apalagi sekarang yang saya sendiri tidak bisa memasak, hampir tiap hari menunya berputar dari ayam – telur – tempe, ketiganya adalah favorit Sabila. Ada saran, Bunda? Terima kasih sebelumnya.


    wah, sayang ya kalau Sabila kurang suka sayuran dan buah ,Mas Abi
    gimana kalau diakalin dgn dibikin jus atau dicampurkan dlm camilan, seperti bakwan sayur atau crocket sayur gituh ?
    ( hehehe….kudu masak nih kayaknya Mas Abi)😛
    salam

  10. Orin says:

    Orin jg Bun, ga bisa ninggalin bakso *tsaaah* hihihi, memang diusahakan sayuran + buah2annya lebih banyak, tapi tetap ga bs disebut vegan yaa😀


    hahaha….tukang bakso langganan Orin pasti seneng deh 😛 )
    salam

    • nique says:

      ngebaso sebulan sekali pasti, maks.2 .. engga diatur tapi seingetku emang gitu jadi ceritanya ngebaso klo kangen Bun😀

      ehehee..jadi dah ada jadwal ngebakso ya Nik😛
      salam

  11. Una says:

    Pengen jadi vegetarian -,-
    Hehehe…


    hayo Una, dimulai dari sekarang …🙂
    salam

  12. nique says:

    ooh begitu ya Bun … hehehe … sip lah, sudah tercerahkan niy sekarang
    jadi makin semangat, sedikit lagi sebenernya langkah jadi fruitarian yah, soale saya kan ga minum susu, terkendala sama telor dan ayam thok! eh baso masih doyang ding, itu kan daging sapi ya hahaha … mental lagi deh, masih jauh ternyata xixixi

    kalau mau jadi vegan ,yg manapun jenisnya, gak usah dipaksa kan Nik, bunda juga masih flexitarian kok:mrgreen:
    yang masih makan daging atau ayam, kalau terpaksa gak ada lagi pilihan …😛
    salam

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s