Kata vegetarian sendiri sebenarnya berasal dari bahasa latin vegetus, yang berarti keseluruhan, sehat, segar, hidup (jadi tak ada hubungannya dengan sayuran).

contoh vegetarian food

Namun sebenarnya pantangan memakan makanan yang berasal dari daging hewan ini adalah salah satu ajaran ahli filsafat Phytagoras, yang kemudian diikuti Plato, Epicurus, Plutarch dan ahli filsafat lainnya.

Anda ingin mulai menjadi vegetarian?
Jangan takut untuk mencobanya.
Semua pasti ada jalannya.
Memang ada orang yang bisa dengan mudah menyesuaikan diri menjadi vegan.
Namun ada juga yang tidak bisa begitu saja menjadi seorang vegetarian.
Berikut ini  tips 8 langkah mudah menjadi vegetarian:

1. Pertimbangkan apa alasan Anda menjadi seorang vegetarian.
Jika Anda sudah yakin, maka bersungguh-sungguhlah.
Anda bisa bergabung dengan milis kelompok vegetarian.
Dari kelompok ini, Anda bisa tahu banyak tentang kehidupan seorang vegetarian.

2.Setelah mantap dengan keputusan Anda, bentuk pola makan baru secara bertahap.
Misalnya perlahan konsumsi daging merah diganti dengan daging ayam.

3.Setelah berhasil, perlahan gantilah daging ayam dengan meat substitute seperti veggie nuggets, veggie hot dogs atau veggiew burger.
Sebenarnya daging pengganti ini dibuat dari jamur, tempe, tahu atau beras yang diolah dengan menambahkan aroma atau rasa daging.
Jadi, rasanya sudah pasti mirip daging.

4.Jangan lupa pilih variasi makanan.
Termasuk kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran.
Ini adalah cara terbaik untuk memastikan Anda memperoleh segala nutrisi yang diperlukan tubuh setelah asupan gizi dari hewan berkurang.
Konsumsilah makanan segar sebisa mungkin.
Setidaknya ini juga membantu proses kelengkapan asupan nutrisi pada tubuh.
Makanan yang dimasak terlalu lama atau dimasak berulang-ulang, kandungan gizinya pun banyak berkurang.

5.Jika Anda berkomitmen untuk menjadi vegetarian atau vegan, sebaiknya konsumsi makanan-makanan terbaik.
Jadi, carilah maknaan organic atau Anda bisa memulai menanam bahan makanan di halaman rumah.
Makan organic ini biasanya tumbuh tanpa pestisida atau atau zat kimia untuk kesuburan.
Anda tak perlu khawatir dengan racun dari makanan.
Lalapan juga bisa jadi pelengkap menu Anda.

6.Tambahkan produk kacang kedelai di menu, kecuali Anda alergi terhadap kedelai.
Kedelai adalah sumber protein yang bagus.
Ditambah lagi kedelai memiliki kelebihan lain bagi kesehatan, yaitu membantu Anda terlindungi dari kanker.

7. Cobalah berkreasi dengan bahan-bahan makanan.
Anda bisa mencoba masakan etnik ala India, China, Thailand, Italia dan Meksiko.
Masakan dari negara-negara tersebut biasanya tak berdaging.

8.Kalau sudah nyaman dengan pola makan baru ini, teruskan.
Namun, jika Anda mulai bingung dengan menu makanan, restoran vegetarian sekarang sudah banyak.
Menunya pun sedap-sedap.
Bisa juga Anda membeli buku resep makan vegetarian.
Selain rasanya lebih pas dengan selera.
Anda juga bisa lebih yakin tak ada kandungan daging di dalamnya dibanding membeli masakan jadi di luar.

Salam

Gambar diambil dari sini

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

16 responses »

  1. ahsanfile says:

    Bunda … koq sekarang banyak postingan yang gak bisa dikomen ya ?
    😀


    kalau mau dikomen bisa di FB ,Ahsan
    karena linknya ke FB dan tweeter juga🙂
    memang sengaja di close krn puisinya masih abal abal …hahaha😀😀
    salam

  2. Imelda says:

    Aku sih mana-mana saja, cuma pusing atur menu masakannya. Sayur di sini muahaaalll banget! murahan ayam deh😀

    yang ada aja ya Mbak EM,
    yang penting tetep enak dan menyehatkan🙂
    salam

  3. terima kasih langkah langkahnya


    sama2, terimakasih kembali🙂
    salam

  4. zoothera says:

    Apa bunda sekarang vegan?
    Temenku ada loh yang menjadi vegan musiman, yakni mengikuti tradisi detoksifikasi di keluarganya. Jadi, dalam setahun, persisnya setiap memasuki tahun baru muharam, mereka memutuskan untuk menjadi vegan selama 40 hari, benar-benar hanya mengonsumsi buah, sayur, teh, air putih dan menjauhi pengawet, soda, minyak, bahkan gula.


    betul sekali, Anies, bunda menjadi vegan sudah sekitar 18tahun🙂
    oh, begitu ya?
    kalau bisa diteruskan gak hanya 40 hari saja, mungkin bisa jadi vegan seterusnya ,
    tapi kok bunda baru tau ya , menghindari soda, minyak dan gula juga?
    salam

    • Lyliana Thia says:

      Bun, apakah benar dgn meninggalkan daging hewan kita bisa lebih sehat ya Bun…? tapi emang tertarik banget menjadi vegan.. krn masalah lambung.. sepertinya daging hewan kurang bersahabat dgn lambung ya Bunda …


      waduh, mestinya kudu Thia atuh yg dokter yg lebih tau jawabannya😳
      kalau bunda pikir sih karena daging hewan itu lebih lama berada didlm lambung kita, dan membuat lambung jd bekerja lebih keras ya Thia, apalagi kalau dagingnya yg banyak lemaknya gituh………..duh, kasian lambungnya 😦
      masalah kesehatan tubuh kita ,kan tergantung dr keseimbangan kita dlm asupan makanan , aktivitas dan olah raga yang kita jalani, setuju Thia?🙂

      ( sok iye banget ya jawaban si bunda …hehehe….)😀
      salam

  5. Orin says:

    Di rumah memang jarang masak daging merah Bun, mahaaal hahahaha😛


    hayyah…bukan cuma mahal, tapi juga kurang baik kalau kebanyakan ya Rin🙂
    salam

  6. maminx says:

    wah saya belum tertarik untuk jadi vegetarian nih bunda. tapi sayuran dan buah buahan jadi makanan favorit sih. makasih nih info nya

    salam🙂

    yang penting sayuran dan buah selalu tercukupi , itu udah bagus banget lho Mamin🙂
    salam

  7. Kalo vegetarian murni kayaknya saya susah ni Bun wkwkwk … cuman kalo sayuran si memang suka banget. Inget temen istri saya bilang “suami lo gampang banget makannya, tinggal diabur aja di kebon jadi dah” katanya wkwkwk

    Namun artikel ini penting, khususnya buat anak saya saya kurang begitu suka dengan sayuran … Ternyata uyah tidak selalu netes ke bawah😀


    tapi, daun telinga dan daun jendela gak ikutan dimakan khan Kang ??😀😀
    salam

  8. lozz akbar says:

    Vegetarian? enggak deh Bun.. saya ini dah kerempeng malah gak makan daging.. pingin kekar deh🙂


    hahahaa…kalau Uncle pingin kekar sih, angkat barbel aja😛
    salam

  9. ichsan says:

    Tak niat vegetarian bunda, lebih suka puasa🙂


    apalagi puasa senen-kamis atau puasa Nabi Daud, pastinya lebih menyehatkan🙂
    salam

  10. nique says:

    bun, tiap hari juga makan sayur, pasti banyakan sayurannya daripada nasi, cumaaaaaaaaaaaaaaaa kok saya blom tega ninggalin telur ayam dan ayamnya??? ikan dan daging sangguplah musuhan😀 tapi 2 jenis itu … blom sanggup saya bunda xixixi … padahal pengen bangetlho bisa vegetarian .. apakah ini pertanda NIAT kurang teguh? Hiks …


    gak jugalah, Nik
    kayaknya gak semua orang lantas bisa berubah jd vegan🙂
    kalau Nik gak bisa meninggalkan ayam dan telurnya itu namanya Partial vegetarian ( salah satu jenis vegetarian)
    salam

  11. Agung Rangga says:

    hmm, ternyata gak terlalu sulit ya jadi vegetarian~😉
    tapi, masih dalam masa pertumbuhan nih bun, jadi harus banyak makan daging + sayur~:mrgreen:

    hehehe…benar sekali, Rangga masih hrs tercukupi seluruh gizi nya ya
    agar tumbuh kembangnya maksimal
    ( hihihhi…kok jd kayak balita aja ):mrgreen:
    salam

  12. ini sih ga takut lagi bunda, karena memang setiap hari tidak bisa lepas dari sayuran.. Namun harus pandai juga membuat variasi agar tidak terjadi kebosanan. Masa tiap hari kacang2an terus.. hehe
    Apa kabar bunda, smoga selalu sehat.

    Alamdulillah, bunda sehat2 berkat doamu Ruri🙂
    iya, harus pandai2 bikin variasi makanan vegetarian ini, agar tdk bosan ,juga gizi tetap terpenuhi
    salam

  13. Bunda apa khabar?

    Aku belum sanggup jadi vegetarian😉


    Alhamdulillah, bunda sehat2 berkat doa darimu Yunda🙂
    bunda juga masih blm jadi vegan asli, masih flexitarian Yunda🙂
    salam

  14. Sangsaka says:

    Pertamaaaaaaaaaaaaxxxx vegetarian:mrgreen:


    bungkuuuussss………… Kang😛
    salam

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s