Daun pandan memang sangat sering digunakan untuk masakan.

Wanginya sangat khas, terlebih ketika dicampur untuk olahan kue dan minuman.

Tapi mungkin tidak banyak yang tahu kalau ternyata daun pandan di zaman dulu sering digunakan untuk merawat kesehatan.

Untuk apa sajakah?

Lemah saraf
Ambil 3 lembar daun pandan segar, cuci, potong kecil-kecil. Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas, saring selagi hangat.

Minum pagi dan sore setelah makan siang.

Mengurangi gelisah
Ambil 2 lembar daun pandan segar, cuci, potong kecil-kecil. Seduh dengan 1 gelas air mendidih, tutup gelas, saring selagi hangat.

Minum sehari sekali setelah makan. Lakukan selama 3 hari.

Rematik
Ambil 5 lembar daun pandan segar, 20 daun serai segar, cuci bersih, tumbuk keduanya sampai halus.

Tambahkan 1 sendok makan minyak kayu putih dan minyak gandapura.

Aduk semua bahan, oleskan pada bagian yang sakit.

Lakukan sampai rasa sakit berkurang.

Menumbuhkan, menghitamkan, dan mencegah uban di rambut
Buat minyak cem-ceman yang terdiri dari 1 lembar daun pandan, 10 lembar daun waru muda, segenggam daun urang aring, 5 lembar daun mangkok, 10 kuntum bunga melati, 1 kuntum bunga mawar.

Cuci bersih semua bahan, potong kecil-kecil.

Rebus semua bahan tersebut dengan minyak wijen, minyak kelapa, dan minyak kemiri (masing-masing 1/2 cangkir) hingga mendidih.

Setelah dingin, saring.

Oleskan campuran minyak dan herbal tersebut pada seluruh kulit kepala sambil pijat ringan.

Dapat dilakukan menjelang tidur, bangun tidur atau pagi dan sore hari.

Setelah selesai, keramaslah dengan air panas.

Selamat mencoba!

Salam

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

18 responses »

  1. dinda'kk says:

    Terimakasih ya mbak infonya, sy jadi tahu, O’ya mbak, apakah unt. comment di blog ini.. gunakan blog WordPress sy, hrs lalui sign n dulu ya? Sy coba cara lama, namun tetap diminta sign in.. jadi bingung. Maklum sdh lama tidak ngeblog.

  2. nayla says:

    oh, ternyata rematik juga bisa disembuhkan dengan daun pandan ya? rematik kalo lagi kumat, wuah ngilu banget, tersiksa rasanya, makasih, ntar coba buat ramuannya

  3. cha says:

    ini…baru bikin minyak cem2an …..tapi kurang daun urang aring dan daun waru……lumayan….biar rambut anak hitam,

  4. daun pandan bisa menumbuhkan rambut dan mencegah uban dirambut??
    apa bisa manjur bun..??

  5. Baju Bali says:

    biasanya sya menggunakan daun pandan untuk masak puding dan kolak kesukaan si kecil
    trims atas infonya bun…

  6. asti says:

    Biasanya aku taruh pandan dalam tempat penyimpanan beras. Baunya yang khas,, dapat membuat beras juga berbau pandan.

  7. Bunda Rynari says:

    Wangi pandan menginspirasi nama beras pandan wangi uni Ly. Trim tlah berbagi, salam

  8. sesekali kalo masak nasi suka ditambahin daun pandan..aroma nasinya jd sedapp

  9. Mood says:

    Banyak sekali ya manfaat daun pandan.
    Thank sharing infonya Bunda.
    Saya pun biasa pakai daun pandan untuk pewangi saat mengukus umpan untuk memancing Bun😛

    Salam.. .

  10. myjayyvyn says:

    Makasih infonya bun..
    Kebetulan rambut dikepala saya mulai botak.. manjur ga ya untuk menumbuhkan rambut🙂

  11. Lyliana Thia says:

    wah aku baru tau Bun salah satu khasiat daun pandan itu untuk mencegah uban dirambut.. ntar coba deh buat keluarga dirumah..

    makasih informasinya Bunda😀

    ohya, selamat Tahun Baru ya Bunda.. ^_^
    semoga harinya menyenangkan..🙂

  12. Evi says:

    Saya sering memasukan daun pandan ke dalam air jahe rebus untuk mengrungi nyeri sendi habis olah raga. Disamping rasa wedang jahenya lebih enak, khasiat daun pandan yg menyamankan itu bikin mood bagus sepanjang hari🙂

  13. ceritabudi says:

    Itu ya gunanya bunda…saya sendiri ngak tau, terima kasih bunda, selama ini saya sering masak tak isi daun pandan, tujuannya biar aroma nasinya wangi aja

  14. Ahmad Alkadri says:

    Akhir-akhir ini saya semakin sering kena rematik… mau nyoba metode di atas, semoga bisa berfungsi, amin,,🙂

  15. Imelda says:

    waaaahhhh pantas dulu ibuku taruh pandan dimana saja, dan suka minum air pandan. Di rumahku ada pandan besar dan pandan kecil (Sutji?) . Tinggal petik aja deh

  16. Lidya says:

    ternyata selain buat masakan wangi bermanfaat juga untuk yg lainnya ya bun

  17. Baha Andes says:

    oh gitu ya bun, disekitar rumah ku banyak tuh. Met tahun baru bunda 1433 H.

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s