Bagi sebagian orang, makan tanpa ditemani cabai dan olahannya terasa kurang memuaskan. Yuk,  berkenalan dengan aneka ragam dan pedasnya cabai agar masakan semakin meriah rasanya!

Cabai gendot

img.ragam dan pedasnya cabai/bundadontworry.wordpress.com

Cabai gendot

Warnanya hijau, bentuknya hampir sama dengan cabai asal Meksiko, yaitu jalapeno. Ukurannya besar dan gendut, namun lebih pendek jika dibandingkan dengan cabai hijau. Rasanya tidak terlalu pedas, jika dibandingkan dengan cabai rawit.

Cabai rawit

img.ragam dan pedasnya cabai/bundadontworry.wordpress.com

Cabai rawit

Cabai yang satu ini menjadi favorit bagi penggemar gorengan, dan makanan lain. Rasanya yang sangat pedas menggigit menjadi kegemaran pencinta rasa pedas. Di pasaran ada tiga jenis cabai rawit yang tersedia, yaitu cabai rawit leutik (bentuknya kecil berwarna hijau), cabai rawit domba (bentuknya lebih besar), dan cabai rawit kecil yang berwarna hijau, yang akan berubah menjadi merah jika sudah tua.

Paprika

img.ragam dan pedasnya cabai/bundadontworry.wordpress.com

Paprika

Cabai yang satu ini memiliki bentuk dan rasa yang sangat berbeda dengan cabai pada umumnya. Bentuknya yang besar dan bulat, memiliki tekstur renyah dan keras. Rasanya tidak terlalu pedas, dan pada bagian dalamnya berongga. Di pasaran tersedia dengan tiga warna yaitu hijau, kuning dan merah. Karena rasanya ramah di lidah, tidak heran jika banyak yang suka mengonsumsi paprika mentah, atau dibuat campuran salad dan pizza.

Cabai

img.ragam dan pedasnya cabai/bundadontworry.wordpress.com

Cabai

Cabai merupakan salah satu jenis cabai yang sering digunakan dalam masakan. Ada empat jenis cabai yang beredar di pasaran, yaitu cabai merah keriting, cabai hijau keriting, cabai merah besar, dan cabai hijau besar. Penggunaannya pun berbeda, rasa cabai merah yang lebih pedas dibandingkan dengan cabai hijau membuatnya menjadi idola di banyak masakan. Lain lagi dengan cabai merah besar, walaupun warnanya sama-sama merah, namun rasanya tidak terlalu pedas. Biasanya cabai merah besar ini digunakan sebagai pelengkap masakan, begitu juga dengan cabai hijau.

Cayenne chili

img.ragam dan pedasnya cabai/bundadontworry.wordpress.com

Cayenne chili

Bentuknya seperti pedang dan sering dipakai sebagai campuran acar. Rasanya cukup pedas dan orang Thailand gemar sekali menggunakannya dalam masakan khasnya.

Yellow banana pepper

img.ragam dan pedasnya cabai/bundadontworry.wordpress.com

Yellow banana pepper

Bentuknya panjang seperti pisang. Terdapat dua warna di pasaran, yaitu merah dan kuning. Sering digunakan untuk membuat acar, kaserol, atau pasta. Cabai ini bisa juga diisi dengan nasi atau daging.

Salam

Gambar diambil dari sini

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

20 responses »

  1. gusti pawana wijaya says:

    saya suka cabe tapi sakit maag saya tidak mengizinkan untuk menikmati sepuasnya.

  2. Una says:

    Waduh kalo bagi saya, pedas merusak rasa hehe😀

  3. ~Amela~ says:

    yang cabe gendot bentuknya lucu bund,, hihihi.. jadi gemes

  4. TFS bun…wah informatif…makan nggak nikmat tanpa cabe…selalu pasti ada item cabe dalam setiap masakan untuk yang dewasa ditempat saya🙂

  5. dmilano says:

    Saleum,
    hmm… apa jadinya saya jika makan gak ada rasa pedesnya samasekali, tentu saya agak gak nyaman. hehehe… saya soalnya suka pedas bun, walaupun pada kesehatan bisa buat masalah, namun sudah kebiasaan dirumah sejak kecil.🙂

    saleum dmilano

  6. Lyliana Thia says:

    aduuuh Bun, cabainya menggiurkan sekaliii…
    padahal cabai itu banyak manfaatnya buat kesehatan ya Bun… sayang bisa menyebabkan maag kambuh jg… hiks…

  7. endipiran says:

    waduh bun…gambar cabainya menggoda bagi saya, yang notabene penikmat makanan pedas. Salam kenal bun…ditunggu kunjungan baliknya ya…..

  8. Orin says:

    Duh…duh…foto2nya fresh bgt Bun, alhamdulillah seger nih siang, sambel membayangkan pedasnya cabai di lidah hihihihi

  9. asti says:

    Tambahan ya Bun.
    Ada lagi cabai “keriting”, bentuknya seperti cabai yang panjang itu, tapi tidak segendut cabai. Dan tampilannya agak seperti keriting gitu, soalnya berlekok-lekok. Dan rasanya agak pedas bila dibandingkan dengan cabai.

  10. makan tanpa sambal berasa kurang sedeeep bunda..😀

    Alhamdulillah, cabai rawit & cabai merah sudah pernah menanam sendiri, dan sekarang pun masih juga nanam cabai..😀

  11. kalo di garut cabe paling terkenal yaitu cabe bungbulang,,,pedddeees banget bun,,,,

  12. riez says:

    makan kalo gak pedes kayak ada yang kurang buat saya…paprika ternyata masuk cabe ya baru tahu…thanks infonya bund

  13. Kalau urusan yang satu ini,berhubungan dengan cabe saya tidak terlalu suka Bun.

    Sukses selalu untuk bunda sekeluarga.
    Salam
    Ejawantah’s Blog

  14. Darmanto Muat says:

    haha.. jadi inget rujakan nih..🙂
    saya kurang berani klo harus makan cabai langsung “ngeletus” kata orang jawa, tapi klo sambelll…haduuuhhh…banyak is rada okey..🙂

  15. dhila13 says:

    waahh aku penggemar cabai lhoo😀

  16. Imelda says:

    ya paprika biarpun menurut orang Indonesia tidak pedas, tapi tidak disukai oleh anak-anak di sini. Kata mereka pedas.
    Cabai gendot tidak pedas? Tapi Jalapeno itu pedas sekali loh…hihihi
    ada lagi cabe rawitnya orang manado….ampuuun deh itu

  17. Ternyata Paprika itu termasuk dalam golongan cabe juga ya Bun… Iya rasanya beda dari yang lain😉

    Kalau cabe gendot belum pernah nyicip😉

    Salam Bunda…

  18. LJ says:

    Mam, aku begitu memuja segala jenis cabe itu,
    meskipun hidung meler, bibir kesemutan
    tetep gak kapok..😛

  19. Yayats38 says:

    Wah itu cabe gendhot .. lama sekali saya gak merasakannya lagi Bun, kalau yang lainnya termasuk sering … termasuk kemarin menikmati pedasnya masakan Menado di rumahnya pakdhe😀
    Trims.

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s