MASAKAN Padang adalah nama yang digunakan untuk menyebut segala jenis masakan yang berasal dari wilayah Minangkabau provinsi Sumatera Barat.

Image.asal usul masakan padang/bundadontworry.wordpress.com

Kota Padang ini juga menjadi sebutan lain untuk etnis Minangkabau serta digunakan untuk menyebut masakan khas yang sering dikenal dengan nama Masakan Padang.

Masakan Padang memang sudah menjadi legenda di negeri ini dan telah tersebar merata keseluruh nusantara.
Begitu juga di negara-negara tetangga seperti Malaysia, Australia bahkan sampai ke Amerika dan Eropa.

Masakan ini dibawa oleh perantau Minang yang bermukim ke daerah lain dan membuat restoran disana.
Bisa dipastikan setiap orang pasti pernah mencicipi jenis masakan Padang.
Masyarakat semulanya membutuhkan makanan untuk kekuatan tubuh yang diperoleh dari bahan makanan yang mengandung karbohidrat.
Mereka menanam padi untuk dimasak menjadi nasi.
Kemudian dilengkapi dengan lauk-pauk yang diperoleh dari binatang ternak yang dipelihara dan hidup di alam.

Resep dasar yang dapat menyajikan cita rasa masakan yang diolah dengan menggunakan bumbu bumbu yang mengandung khasiat tertentu.

Jenis masakan tersebut dapat dikategorikan sebagai berikut, yaitu:
1. Makanan utama
2. Makanan selingan
3. Kue-kue tradisional
4. Aneka minuman khas

Bumbu dalam masakan Padang memegang peranan penting dalam setiap masakan yang memiliki unsur traditional yaitu:

-Santan, sebagai ciri khas masakan Padang diolah menjadi masakan yang gurih dan lezat.
-Cabe, digunakan untuk menghangatkan tubuh dan mengandung anti oksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang berasal dari lemak bahan baku makanan atau santan yang mengandung lemak jenuh.
-Bawang merah dan bawang putih, digunakan agar masakan berasa gurih dengan perbandingan pemakaian bahan 2:1.
-Lengkuas, serai, jahe dan kunyit, sebagai empat bumbu serangkai. Bumbu ini mengandung khasiat obat untuk mencegah gangguan pencernaan akibat penggunaan cabe merah dan cabe hijau.
-Daun kunyit, daun jeruk, daun salam dan daun mangkok, digunakan sebagai pengharum masakan.
Masyarakat Padang didalam mengolah masakan tidak pernah diragukan dalam pemakaian bumbu dalam sebuah masakan sehingga dapat dihasilkan bumbu masakan yang kental dan terasa pekat.

Jenis masakan asli Padang adalah sebagai berikut:
-Masakan yang dibakar: ikan panggang, ayam panggang dan sate Padang.
-Masakan yang direbus: asam padeh ikan, asam padeh ayam, asam padeh daging.
-Masakan gurih dari santan: kalio ayam, gulai ikan, gulai nangka, gulai kacang panjang.
-Rendang: bahan utama yang dibuat dari bahan dasar daging sapi.

Salam

Gambar diambil dari sini

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

18 responses »

  1. ryan says:

    masakan padang … enak…

  2. diananeeh says:

    masakan padang ga ada matinya Bun,,,^_^, enak dan pastinya pedes,,,


    Diana suka juga ya…🙂
    salam

  3. asti says:

    Heemmm ternyata selain enak dilidah, ternyata setiap racikan bumbu-bumbunya juga memiliki beragam manfaat ya???
    Aku paling suka dengan masakan padang yaitu masakan cincangnya. Dagingnya diiris kecil-kecil, dengan kuah bersantan yang nendang banget rasanya.


    masakan daging cincang ini memang maknyus
    krn beragam bumbu …..🙂
    salam

  4. Imelda says:

    aku pernah coba masak ayam bakar padang dan ternyata memang pakai kayu manis sedikit lebih enak drpd tidak pakai


    pingin ikutan nyobain ayam panggang padangnya Mbak EM🙂
    salam

  5. Masakan Padang emang TOP, bumbunya istimewa, lengkap seperti kata Bunda… tapi kalau aku buat rendang masih suka kurang rasa walau bumbunya sudah lengkap, kenapa ya Bun? Yeee… sekalian berguru…

    Aku salut juga Resto Padang dimana2😉


    waduh, bunda juga kurang paham, yg dimaksud kurang rasa apa ya Yunda ?😦
    Yunda kan dah pinter masak yg maknyus2 …..🙂
    masa’ sih kurang rasa???
    mungkin krn lupa gak dikirimin ke bundayaaa… hahaha😀
    salam

  6. Emang masakan padang ga diragukan lagi dan tempatnya hampir dimana2 ada.

    bukan hanya di antero nusantara, namun juga penjuru dunia ya Andes🙂
    salah satunya rendang yg sudah mulai terkenal didunia …………..
    salam

  7. paling pool dengan rendang atau kepala kakap…..udah deh tambuah lagi nasinya😀


    t
    os dulu dong Budi🙂
    bunda juga paling suka gulai kepala kakap🙂
    salam

  8. Evi says:

    Bunda, masakan Padang ini terbantu penyebarannya gara-gara kegemaran suku Minang pada kegiatan merantau. Lah kemana mereka pergi akan membawa masakan khas daerahnya. Saya pernah terkejut menemukan warung masakan padang di pedalaman Banten, yg nota bene nama dusunnya saja tak dikenal malah ada warung makan padang disana..:)

    tepat sekali Evi, krn jiwa perantauan merekalah masakan padang bisa bertebaran dimana mana🙂
    salam

  9. Abed Saragih says:

    Kalau masakan Padang memang terenak dikota saya🙂

    apalagi kalau buat yg seneng makanan pedas2 ya Abed🙂
    cocok banget deh tuh ………….
    salam

  10. Bunda rynari says:

    Persahabatan urang Minang di perantauan sangat kuat ya Uni Ly, juga keukeuh melestarikan budaya, Salam


    bener Ry, dimana aja mereka tinggal, pasti mereka bikin perkumpulan atau paguyuban🙂
    salam

  11. Salah satu keunggulan citra rasa masakan Indonesia terletak pada rasa bumbu yang alami lebih terasa Bun, dan ini sangat memberikan kesan tersendiri bagi lidah para penikmat makanan tersebut.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah’s Blog

    bener Indra, berani bumbu dan memakai banyak rempah2 ya🙂
    selalu sehat dan sukses juga utk Indra🙂
    salam

  12. Una says:

    Makanan Padang tuh di mana-mana ada ya, hehe.
    Aku sih ga suka, karena ga suka pedasss huehehe~

    ada kok Una yang gak pedesnya ,
    telor dadar gembung sama paru goreng …🙂
    salam

  13. marsudiyanto says:

    Masakan Padang tersebar diseluruh Indonesia, dan yang saya tau (terutama yg di Jawa), rasanya nggak jauh beda.
    Saya nggak tau pasti, apakah di daerah aslinya rasa & penyajiannya sama dengan yg di Jawa


    kalau di minangkabau sendiri , cara penyajian bisa berbeda , tergantung dr acaranya Pak Guru
    tapi, kalau di resto nya sendiri, berbeda dgn di Jawa
    kalau di Jawa , biasanya kan dihidangkan sekaligus banyak ragam diatas meja penyajian.
    nah kalau di minangkabau sendiri, utamanya nasi kapau, akan dihidangkan sesuai dgn lauk pauk yg dipilih oleh pembeli🙂
    salam

  14. nique says:

    daon mangkok niy yg blom pernah dipakai dalam setiap masakanku bun
    kayaknya mesti nyari nih, biar tau lezatnya seperti apamasakan gulai ala padang hehehe

    cobain deh Nik, harum dan krenyes2 gituh🙂
    biasanya masaknya utk campuran gulai otak tuh …
    salam

    • LJ says:

      buat yg gak bisa makan otak.. ganti aja bahan gulainya sama tahu dan telor.. pake daun tapak leman dijamin tetap maknyus..

      tahu nya buat mamih ya Mak? hihihi😀
      tambahin tempe juga boleh ya Mak, buat pak tuo …….. hahahaha.😛
      salam

      • monda says:

        Aku ajalah yg temanin emak makan gulai banak, kalau mamih dan pak tuo pantang santan.
        Lajuuu mak

        Hi.,hi.. Di rumah dulu juga mama nyampur gulai otak dgn tahu, abisnya kalau udah gulai otak anaknya makan nambah2, mana cukup otak satu


        BuMon curaaaaang….
        padahal mamih dah nungguin BuMon di Ni Er dibukik kemarin, tapi BuMon gak dateng2 juga sih ,
        padahal gulai otaknya maknyus lho😛
        salam

  15. LJ says:

    Mamih dan Paktuo gak mau santan..😛

    cirikhas masakan padang ya gitu deh mam, bumbunya pol2an..! klo makan makanan jenis gitu tiap hari, eMak juga gak sanggup.. hehhe.


    hehehe…… krn pwool bumbunya ya Mak, makanya maknyuss semua , rasanya oke semua ..🙂
    gak usah tiap hari Mak,
    kalau ketemu mamih aja , kita baru makan masakan padang ditempat mery …hahaha😀😀
    ( teuteup malakin ponakan)🙂
    pak tuo sama mamih kan emang pantang banget santan Mak😛
    salam

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s