Kreativitas bukanlah IQ atau bakat bawaan manusia, bukan pula ilham seperti lampu neon atau sambaran petir yang tiba-tiba muncul saat Anda mencari ide.

Mereka yang kreatif adalah orang-orang yang terus menerus belajar untuk mengeluarkan ide di saat-saat yang tepat.
Seperti yang pernah saya tuliskan disini
Namun seringkali mereka yang mengaku kurang kreatif tidak sadar bahwa mereka sendirilah yang membatasi diri untuk berkembang.
Percaya deh , semua orang termasuk Anda bisa menjadi kreatif asal tahu bagaimana melakukan 4 langkah ini dengan benar!



1. Batasi “Alat” Kreatif Anda

Alat kreatif yang dimaksud adalah hal-hal yang Anda gunakan untuk membuat suatu karya.
Banyak orang mengira lebih banyak alat maka banyak pula ide, namun sebenarnya hal itu membuat orang menjadi sulit fokus.

Misalnya ketika harus memasak sesuatu dengan resep baru.
Jika Anda memiliki berbagai macam bahan masakan di dalam kulkas, maka Anda justru membutuhkan waktu lebih lama untuk memilah-milah bahan atau berpikir ceroboh dengan mencampur aduk semua bahan.
Namun jika bahan di dalam kulkas terbatas, maka justru Anda lebih cepat mencari ide dan membuat berbagai alternatif.

Ingat, kreatif tidak diukur dari segi kuantitas, namun kualitas.
Latih diri Anda untuk fokus dan buang segala opsi yang tidak perlu!

2. Jalani Prinsip, Lupakan Komentar Orang

Jangan buru-buru meminta pendapat ketika Anda sedang dalam proses menyelesaikan proyek kreatif.
Hal tersebut hanya akan menghambat Anda dan membuat cemas.
Jika komentar tersebut buruk, maka Anda akan ragu meneruskan.
Jika komentar tersebut baik, Anda juga harus hati-hati.

Banyak komentar berakhir dengan “Bagus! Tapi coba tambahkan ini” atau “Saya suka karya kamu, saya harap hasilnya bisa sebagus karya si A.”
Komentar semacam ini tanpa disadari malah akan menghambat sisi kreatif Anda.
Lakukan segala hal sampai selesai, baru dengar pendapat orang.
Hal ini bertujuan untuk melihat seberapa jauh Anda mampu berkembang.

Ingat bahwa kebanyakan orang memilih untuk ‘memerangi’ ide baru karena sesuatu yang baru berarti melawan ‘hal-hal yang biasa’.

Tujuan kreatif selalu soal menghasilkan sesuatu yang out of the box, jadi buat apa bertanya pada orang-orang yang tidak suka perubahan?

3. Jangan Terlalu Perfeksionis

Hasil kreatif tidak mengenal kata sukses atau gagal.
Banyak seniman yang membiarkan karya mereka memiliki cacat, karena mereka tahu manusia sendiri tidak sempurna.
Mereka yang bekerja keras menampilkan sesuatu yang perfect, justru menghilangkan aspek istimewa dari karya mereka.
Banyak karya yang terlihat ‘belum jadi’ terlihat sangat kreatif dan inspirasional.

Picasso melukis sesuatu secara abstrak, tidak sempurna seperti lukisan realis.
Namun Ia justru dijuluki jenius!
Maka Anda harus mulai berpikir bagaimana ide yang anda rasa buruk dikembangkan menjadi sesuatu yang kreatif.

Kreatif adalah proses, bahkan sebuah ide yang buruk dapat memberikan output yang istimewa jika Anda tahu caranya.

4. Abaikan Tren

Tren alias mainstream adalah musuh terbesar kreativitas.
Dalam musik misalnya, banyak sekali musisi yang mengikuti apa pun tren yang sedang in demi mendapatkan ketenaran dan uang secara instant.
Biasanya mereka yang populer malah cenderung tidak kreatif.

Misalnya, siswa paling populer di sekolah adalah mereka yang dandanannya meniru artis televisi dan mencontek gaya bicara gaul .
Jika Anda ingin benar-benar tampil unik, tinggalkan tren!

Itulah empat cara untuk menumbuhkan kreativitas dalam diri Anda.
Jangan tunda untuk mencoba, karena ada jutaan ide bersembunyi dalam diri Anda sedang menunggu untuk ditemukan!

Salam


Gambar diambil dari sini

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

20 responses »

  1. Y0Y0 says:

    Aduh Bunda inspiratif juga yah.. saya suka dengan yang no 3. Hasil Kreatif tidak mengenal kata sukses dan gagal… wah super sekali …


    alhamdulillah, kalau memang ada bermanfaat🙂
    salam

  2. Una says:

    Wow thanks Bun…🙂

    thanks juga Una🙂
    salam

  3. memang,semua orang bisa menjadi kreatif.
    tapi ada penghalng besar yaitu malas dan mudah menyerah

    malas dan mudah menyerah inilah tantangannya ya🙂
    salam

  4. Bayu says:

    halo bunda. bunda ini kok jago banget sih posting mengenai pengembangan diri. ada background pycology ya bunda. firly juga dari sana tuh. wahh keren


    halo juga Bayu………………..
    waduh, jago gimana sih Bayu ?
    wong ini cuma berbagi apa yg dilihat, didengar dan dirasakan aja kok🙂
    psikologi?? wah, bunda kan gak pernah kuliah sama sekali Bayu😳
    bunda cuma ibu rt yang rajin mengamati sekeliling aja kok ( maklum pensiunan)😀😀
    salam hangat utk Firly
    semoga Firly dan calon baby selalu sehat 🙂
    salam

  5. Seperti halnya tulisan bunda yg bagus2. Aku tidak akan komentar ya setuju, ya tulisan bunda bagus atau apa pujuan itu tapi selagi ada yg bisa aku sharing kan baik itu kritikan maka aku akan mengritik bunda juga…

    Salam pembaca dari pembaca setia🙂


    duh, kok kayaknya Andes ini pinter banget kala memuji😳
    kapan dong kritkannya ???
    salam

  6. Abi Sabila says:

    …Lakukan segala hal sampai selesai, baru dengar pendapat orang…
    Saya sepakat dan sependapat dengan ini, Bunda. Dan mendengarkan orang lain itu perlu, tapi mengikutinya tidaklah selalu, bagaimanapun kita punya prinsip masing-masing.

    dan, juga kudu jeli memilah saran dan kritik ya Mas Abi🙂
    salam

  7. Lidya says:

    percaya diri sendiri ya bun,jangan ikutan tren kalau itu tidak cocokbagi kita


    setuju sangat Lidya
    yg penting jadi diri sendiri ,
    selain nyaman juga membahagiakan🙂
    salam

  8. asti says:

    Kreatifitas memang mahal harganya.
    Jadi ingat sekolah Waldorf (salah satu sekolah di luar negeri) yaitu sekolah tanpa komputer (menghilangkan media teknologi). Anak didik diajarkan kreativitas dengan misalnya mainan di lumpur dan sebagainya. Sekolah ini dipilih oleh beberapa petinggi perusahaan Google, karena mereka beranggapan bahwa anak akan bisa mempelajari teknologi dengan sendirinya tanpa harus kehilangan kreativitas mereka di masa kanak-kanaknya, dan teknologi dapat dipelajari di rumah masing-masing.


    nah, ternyata masing2 orang punya cara sendiri2 utk meningkatkan sisi kreativitas ini ya Asti🙂
    salam

  9. point yg pertama itu bun yang buat saya sendiri malah memang benar2 menghambat untuk bisa berkreasi. Kebanyakan referensi malah terkadang jadi bingung, dan akhirnya malah cuma bengong2 aja jadinya. Jadi malah kurang fokus..😀

    padahal yg penting fokus ya Ruri ,
    baru si ide bisa mengalir lancar🙂
    salam

  10. Abed Saragih says:

    Berkunjung pagi2 hanya untuk memberi senyuman persahabtan🙂


    terimakasih utk kunjungannya Abed🙂
    salam

  11. boyin says:

    saya suka bengong berjam jam supaya ide kreatif saya muncul….bener banget tuh bunda…

    kadang2 si ide juga bisa muncul tiba2 ya Mas Boy🙂
    salam

  12. maminx says:

    kreatif adalah sebuah proses, mantap sekali bunda itu kalimatnya.

    insyaAllah saya kembangkan terus kreatif dalam diri.
    salam😉

    yuk, sama2 kita berkreatif ria Mamin🙂
    salam

  13. zignaels says:

    kreatif itu emank pnting yach…!

    banget, tidak saja bagi diri sendiri, juga utk sekitar kita🙂
    salam

  14. Ahmad Alkadri says:

    Setuju banget sama yang nomor empat tuh… jangan takut untuk meninggalkan tren/mainstream

    pas banget dengan apa yg dilakoni oleh Ahmad sekarang ya🙂
    salam

  15. ~Amela~ says:

    aah, perfeksionis itu..
    kadang malah males nyoba ide2 kreatif karena takut hasilnya ga sesempurna bayangan saya


    hehehe…padahal no body’s perfect ya Mel😛
    salam

  16. Mas Jier says:

    saya masih belajar untuk menjadi kreatif bunda. Dengan tips ini semoga makin mengasah kemampuan untuk makin kreatif.


    lho, Masjier itu sudah kreatif sangat kok🙂
    salam

  17. Kreativitas sepertinya jg akan meningkat jika kita banyak membaca, melihat dan mendengar. Begitu ya bunda

    sepakat sangat Evi🙂
    jadi jangan pernah berhenti utk berkreatif ria🙂
    salam

  18. aryakmdn says:

    dalam hidup secara umum juga tidak selamanya kita harus mengikuti tren orang yang hidup normal. Jadi sangat sepakat dan merasakan juga..saat kita berbuat diluar kebiasaan orang-orang…penuh tantangan.


    penuh tantangan, krn biasanya orang agak tidak nyaman ketika menghadapi sesuatu yg baru, yg belum diketahui ya Arya🙂
    salam

  19. @cikvee says:

    menjadi kreatif adalah pilihan…..

    salam kenal bunda

    salam kenal juga .Yonia
    terimakasih utk kunjungannya ………..
    salam

  20. Kreatifitas adalah sebuah proses, thanks Bunda…


    tepat sekali, Yunda🙂
    terimakasih juga Yunda…………….
    salam

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s