Bahasa cinta seorang anak adalah sebuah cara komunikasi yg sesuai dengan anak agar anak benar2 merasa dicintai sehingga anak merasa selalu mendapat motivasi.
Kata kuncinya adalah benar-benar, karena ada anak2 yg tahu orang tuanya sayang dengannya tetapi sang anak tidak benar2 merasa dicintai.


Ada beberapa bahasa cinta, pada setiap anak ada satu bahasa cinta yg paling dominan:

Sentuhan fisik.
Memberikan sentuhan fisik seperti pelukan, ciuman di pipi, elusan di kepala, bermain yg melibatkan sentuhan fisik dll

Kata2 pendukung.
Kata2 positif dan mendukung pd anak, misalnya:”wah luarbiasa, ternyata Adi sangat pandai.”
Tdk hanya ketika berhasil, ketika anak sedang gagal, adalah waktu yg tepat bagi ortu mendukung dengan kata2 positif sehingga anak selalu mendapat support.

Waktu berkualitas
Melakukan aktifitas bersama dengan anak tanpa ada orang lain, sehingga anak merasa mendapat porsi perhatian dari orang tua dan merasa menjadi bagian penting dari kehidupan ortu.

Hadiah.
Memberikan hadiah kesukaannya ketika dia berhasil melakukan sesuatu yg baik

Layanan.
Melayani kebutuhan apa yg penting baginya.
Di saat anak sedang asyik belajar, tiba2 anda datang dengan membawakan minuman kesukaan anak, tentu dia akan bahagia dan merasa anda benar2 mendukung aktifitas dan mencintainya.

Anak yang merasa dicintai akan meningkatkan harga dirinya, kepercayaan diri juga meningkat, anak lebih ceria dan hubungannya dengan orang tua jauh lebih berkualitas.

Salam

Dari berbagai sumber
gambar diambil dari sini

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

21 responses »

  1. mey says:

    ini tak simpen jg bun🙂

  2. Una says:

    Trims Bun, aku bisa menerapkan ini ke adikku hehe.


    alhamdulillah, terimakasih juga Una🙂
    salam

  3. andinoeg says:

    senangnya jadi anak yg selalu dicintai dan dihargai orang tuanya

    semoga kitapun memperlakukan anak2 kita seperti itu juga ya Andi🙂
    salam

  4. Wow tulisan yang menginspirasi Bun…
    Termasuk BBM tadi juga jadi menginspirasi he he
    Trims Bun atas advisnya🙂
    Salam


    alhamdulillah Kang🙂
    hahaha…BBM an juga becanda melulu ….. cuma ngakak dowang Kang😀😀😀
    salam

  5. masih dengan sentuhan fisik bunda… tetapi insya Allah nanti akan bisa semua teraplikasi.

    iya Mbak Henny, dgn satu pelukan yg hangat ya🙂
    salam

  6. nia/mama ina says:

    Bunda…aku berusaha banget melakukan ke 5 point diatas untuk anak2ku supaya mrk tau emaknya begitu mencintainya…….


    pastinya Nia sudah melakukan ke 5 hal tsb diatas , bunda yakin🙂
    salam

  7. Darmanto Muat says:

    betul bunda…, yang amat nyata ntar klo dah besar, biasanya si anak yg tumbuh kembang dari keluarga penuh cinta, maka stelah dewasa ia akan mencintai ortunya dg alasan ortunya emang ortu yg jempol abis.. tapi nggak sedikit anak yg nggak care ma ortunya lantaran emang ortu ngebiarin ketika dia kecil, balas dendam kasarnya, dan kita berlindung dari sikap yg demikian..karena ortu adl ortu dan tetap ortu,,, benarkah bunda..??

    tetap menginspirasi bunda..!!
    salam,

    tepat sekali ….dan, se ratus buat Mas Darmanto 🙂
    anak2 yg besar dlm kasih sayang dan cinta yg melimpah,
    akan mudah sekali berbagi kasih dan cinta pd orang lain
    dan, mereka inipun, anak2 yg berbahagia ya Mas🙂
    salam

  8. asti says:

    Mengantarkan anak ke sekolah termasuk salah satu bahasa cinta kan Bun???


    pastinya begitu Asti, asal jgn nganterinnya sambil ngomel atau cemberut😛
    salam

  9. Siap laksanakan😉
    Thanks ya Bundaaa…

    hehehe…terimakasih banyak juga ya Yunda🙂
    salam

  10. nique says:

    iya ya Bun
    seperti Egi yang over pede😀

    karena Biuda nya juga melimpah dgn kasih sayang dlm bahasa cinta🙂
    salam

  11. bahasa cinta itu, utuk sementara akan saya coba praktekkan untuk keponakan2, sahabat, dan semua orang2 yang saya sayangi bunda..😀


    sepakat Ruri, bahasa cinta dgn ikhlas itu memang menakjubkan dan membahagiakan🙂
    salam

  12. hilsya says:

    nambahin Bun, aku selalu manggil sayaang..

    kok bunda gak dipanggil sayang juga sm Hilsya ? hiks 😦
    salam

  13. lozz akbar says:

    komen dengan mengucapkan selamat sore yang tulus termasuk bahasa cinta kan Bun?🙂

    setiap hari Uncle kan selalu menebarkan bahasa cinta ,
    bukan cuma utk bunda saja, tapi juga pd semua sahabat2🙂
    salam

  14. LJ says:

    lunch bareng berdua aja ama nanda..😛

    dan, kencan ke Taruko bduaan sama eMak tersayang ….🙂
    (jadi kangeeen eMaaaakk….hiks …😦 )
    salam

  15. Bayu says:

    ohhh gitu.persiapan diri sebelum jadi bapak. sangat recomended baca postingan bunda. ohhh baru tau kalo hadiah itu ternyata penting juga ya. makasi ya bunda

    hadiah itu penting banget Bayu
    walaupun tdk hrs mahal, tapi anak2 merasa sangat dihargai🙂
    Pastinya Bayu dan Firly nanti bisa lebih dr bunda dong, ya kan ?🙂
    salam

  16. Orin says:

    Bahasa cinta yg manis… suatu saat akan Orin praktekkan Bun😉


    sekarang di praktekkin sama Aa dulu aja ya Rin😛
    salam

  17. Dipraktekan ya Bun.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah’s Blog

    alhamdulillah, agar anak anak kita tau bahwa kita mencintai mereka , apa adanya ya Indra🙂
    selalu sehat dan sukses juga utk Indra
    salam

  18. Lidya says:

    ikutan tips dari bunda Lily ah🙂 thanks bun

    hahaahaa…padahal Lidya mah udah ,mempraktekannya pd Pascal dan Alvin🙂
    salam

  19. aryakmdn says:

    Ditengah rata-rata orangtua jaman sekarang yang selalu sibuk, semua mesti berbenah dan belajar. Untuk diri dan perkembangan anak-anaknya.

    karena anak anak generasi penerus ya Arya
    yg perkembangan mereka adalah cerminan dr cara ortu mendidik , membimbing dan menebarkan kasih sayangnya🙂
    salam

  20. Asem nih dhila sudah nyundul duluan….

    Bunda aku rasa aku akan siap menjadi seorang tua dengan membaca tulisan bunda yg membimbing seseorang untuk bisa lebih baik. Semoga suatu saat nanti bisa mengaplikasikannya ya bun.

    hahahaa…kok Dhila jadi sasaran Andes ..😀😀

    bunda ikut mendoakan , semoga saja kelak bila Andes sudah punya buah hati,
    tentunya akan merawat dan mengasihi nya dgn ikhlas , aamiin
    dan, bunda yakin, Andes pasti bisa🙂
    salam

  21. dhila13 says:

    dan senyuman😉


    senyum Dhila yg paling manieesszz…🙂
    salam

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s