Kreativitas Anda bisa mendadak mampet karena rutinitas ataupun stress. Asah dengan lima cara ini, dan Anda akan terkagum-kagum dengan diri sendiri!

Banyak orang berpikir bahwa tingkat kreativitas adalah anugerah dari Tuhan yang tidak semua orang memilikinya.
Tapi tahukah Anda, kreativitas adalah hal yang bisa dikembangkan oleh siapapun dengan mudah!

Jika  memiliki waktu senggang, mulailah membiasakan diri dengan latihan kreatif berikut ini;

1. Representasikan

Lihat sebuah gambar dan pikirkan 50 atau 100 kata yang bisa merepresentasikan gambar tersebut.
Lalu gunakan semua kata-kata itu untuk membuat sebuah cerita.
Bebaskan diri Anda dengan membuat cerita yang tidak masuk akal.

2. Gambar dari sebuah garis

Buatlah berbagai macam gambar kartun dari sebuah garis lurus.
Lihat seberapa kreatif Anda mengembangkan gambar.
Bila Anda terbiasa doodling atau mencorat-coret hanya gambar wajah saat bosan, maka Anda jelas bukan orang kreatif.

3. Buat jurnal metafor

Buatlah sebuah jurnal yang berisi deskripsi segala hal yang Anda lakukan menggunakan metafor.
Setiap hari, usahakan membuat metafor baru.
Contohnya ketika Anda melihat seorang pria tampan, tulis dalam jurnal, “Pipinya terlihat empuk seperti pantat kalkun.”
Ini akan melatih Anda mengombinasikan berbagai ide dan pengetahuan yang Anda punya.

4. Pakai lirik lagu

Jawab pertanyaan-pertanyaan standar dengan lirik lagu yang berbeda untuk setiap pertanyaan.
Misalnya Anda menulis, “Siapa namamu?”, “Apa yang kau lakukan kemarin malam?”. “Apa itu cinta?” lalu jawablah sekreatif mungkin dengan berbagai lirik lagu.

5. Kombinasikan ide

Pilih dua obyek yang berbeda, misalnya pohon dan pintu.
Beri deskripsi masing-masing obyek, seperti apa kegunaannya, terbuat dari apa, dan bagaimana bentuknya.
Lalu saling tukar deskripsi tersebut dan buat pertanyaan seperti, “Bagaimana cara membuat pohon menjadi pintu?”

Lakukan satu dari 5 latihan di atas selama paling sedikit setengah jam setiap hari dan rasakan manfaatnya menjadi “si kreatif”.

Seperti kata Steve Jobs, pendiri Apple Inc., kreativitaslah yang memisahkan antara pemimpin dan pengikut.

Nah, itu berarti jika kita mulai mengasah kreativitas dari sekarang, maka kita juga dalam proses mempersiapkan masa depan yang terbaik bagi diri kita sendiri, setuju ? atau sahabat2 mungkin punya contoh lain untuk mengasah kreativitas? monggo, silahkan berbagi disini …………..

Salam

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

21 responses »

  1. […] menerus belajar untuk mengeluarkan ide di saat-saat yang tepat. Seperti yang pernah saya tuliskan disini Namun seringkali mereka yang mengaku kurang kreatif tidak sadar bahwa mereka sendirilah yang […]

  2. Kombinasikan ide, keren ni caranya Bunda… aku cobain ya😉

  3. harus dicoba nih bunda, saya paling kreatif kalo memasak, bila ga ada bumbu ini pake yg itu, hehehe masuk kreatif ga ya bun?

    trimksh tips nya

    uhuy ….hebatnyaa….🙂
    jadi pingin ikutan nyicipin masakanmu Fitya🙂
    pasti maknyusss……………..
    salam

  4. kayanya aku belum kreatifitas,,,


    wah, Ajeng itu penuh kreativitas gitu kok🙂
    salam

  5. ysalma says:

    saya kurang kreatif nih Bund,
    perlu di coba, sapa tau memberi warna kehidupan.

    ah, emak itu sukanya selalu merendah, seperti ilmu padi ya mak ?🙂
    salam

  6. arif says:

    klo saya biasanya digambar dulu, misal pake mindmap😀

    kreaif banget itu Rif, gak semua orang bisa kayak gitu lho🙂
    salam

  7. benar sekali bunda,,
    kita diberi jatah waktu yang sama sehari 24 jam, namun hanya dengan berdaya kreasi tinggilah yang nantinya bisa menjadikan kita berbeda dari yang lainnya.
    Mengembangkan daya kreasi merupakan salah satu bentuk rasa syukur atas nikmat berupa akal pikiran yang Allah titipkan kpada kita

  8. Waduh ini info bagus bunda…. saya coba praktekin yang bikin gambar dari garis lurus….whallalalala….dunia ternyata enggak bulat😀

    thx bunda
    salam blognoerhikmat

    alhamdulillah, semoga ada manfaatnya Budi🙂
    salam

  9. maminx says:

    mantap bunda pasti saya praktekkan nih cara-cara nya. jangan sampai kreatifitas kita terkubur ya. padahal potensinya luar biasa kalau di asah🙂


    sepakat Mamin, kalau tdk diasah, akan tumpul dan tdk kreatif lagi yaaa……..🙂
    hanya bisa manggut2 kayak ayam sayur …hahaha😛
    salam

  10. dhila13 says:

    ayo kita jadi org kreatippp!:mrgreen:

    seperti Dhila sayang yg selalu kreatif🙂
    salam

  11. wibisono says:

    bermain game dan melakukan karya seni sebenarnya juga dapat mengasah kreativitas juga..😀
    salam kenal bunda..

    yak , benar sekali Wibi………
    salam

  12. LJ says:

    haduwwhh mamih, aku bener2 jauh dari kreatif niyh.. tidak kreatif dan tidak ekspresif.. **mau latihan tereak spt yg diajar ayah wkt itu.


    hayyah…eMak mah selalu bilangnya begituh 😛
    padahal eMak itu orang yg paling kreatif khaaaan….🙂
    (peluk rindu)
    salam

  13. lozz akbar says:

    bermain pantun kayaknya juga bisa mengasah kreatifitas Bunda🙂

    bener banget Uncle🙂
    ajarin bunda berpantun dong …hahaha😀
    salam

  14. monda says:

    Jurnal metafor itu wah menurutku bisa bikin ancur orang yang jadi korban ha..ha…, asl nggak terpublikasi


    hahahhaa….jadi pingin tau BuMon nulis apa ttg jurnal metafor ini😛
    salam

  15. aryakmdn says:

    I see, I will bunda


    hope you’ll do it in amazing ways ,Arya🙂
    salam

  16. hilsya says:

    TFS, bunda.. saat ini dalam kondisi kalut.. kadang saya ga bisa menjawab hal simpel dan sepele yg sebenernya jadi ‘makanan’ sehari-hari..

    sama aja dgn bunda kok, Hilsya
    kalau lagi gak mood atau kalut, juga gak bisa mengerjakan hal2 sepele sehari2🙂
    salam

  17. marsudiyanto says:

    Saya tertarik dengan yg nomor 5 Bun…


    oh, sangkain bunda ,Pak Guru mau nambahin yg nomer 6 nya😛
    salam

  18. clararch02 says:

    jadi inget kalo coret2 suka bikin bunga atau amor, hehehe… kucing anjing kerbau juga bisa, tergantung yang ada di pikiran🙂

    nah tuh kan, Clara memang sudah sangat kreatif🙂
    salam

  19. Imelda says:

    Aku baru bisa kreatif memasak dengan menggunakan bahan yang ada hehehe


    padahal Mbak EM itu seorang ibu, istri juga dosen yg sungguh kreatif sangat🙂
    salam

  20. mandor says:

    dari paparan di atas, mungkin hanya nomer 1 saja yang pernah aku kerjakan bunda. Yang lainnya belum, jadi masih layak untuk dicoba ke 4 cara berikutnya.


    gimana sih Pak Mandor ini ?
    padahal Mbok Djum kan dah sering banget ngasih tau Pak Mandor ….
    nanti bunda bilangin Mbok Djum lho …😛
    salam

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s