Hobi adalah suatu hal yang digemari bahkan digilai dan dimiliki oleh semua manusia.
Dan semua orang memiliki hobi yang berbeda-beda.
Namun, tahukah Anda dengan mengeksplor hobi bisa membuahkan kelebihan tersendiri buat Anda?
Ya, dengan menyalurkan bakat sesuai hobi memberikan ilmu dan kemampuan serta menjadi alternatif profesi Anda:

Kuliner dan Memasak

Mencicipi hampir semua masakan sembari berwisata tentu sangat menyenangkan, ditambah lagi Anda memang senang memasak.
Dua hal ini jika digabung akan klop: pengalaman pernah mencicipi aneka masakan dan juga bisa memasak, maka Anda dengan mudah mengetahui masakan apa yang sekiranya menjadi favorit orang banyak, spesifik dan bagus untuk dijadikan peluang usaha (warung makan, resto, cafe, catering).
Dan bukan tidak mungkin bisa menjadi seorang chef.

Fotografi

Tertarik dan menyukai bidang satu ini tidak ada salahnya untuk serius mendalaminya dengan mengambil kursus fotografi serta ikut perkumpulan para fotografer.

Jika sudah pede dan memang Anda menguasainya, cobalah untuk training di majalah, koran, studio foto.
Kemudian ketika CV (curriculum vitae) bertambah, saatnya untuk beranjak menjadi kontributor fotografer majalah, dan media yang berhubungan (koran, PH, studio).

Fashion

Berawal dari senang mengamati mode/tren terkini, terampil mix and match busana sehingga selalu tampil modis.
Kemudian mencoba membuat baju made in sendiri (sesuai kepribadian). Ingin serius melakoninya, cobalah mempelajarinya di sekolah mode.
Ada beberapa alternatif profesi dalam bidang ini: perancang busana, atau desainer, fashion editor, pengamat mode.

Membaca dan menulis

Banyak hal yang kita ketahui ketika membaca (apapun itu).
Nah dengan wawasan luas serta ditambah senang menulis, arahkan ke bidang yang berkompeten dalam hal ini adalah media (cetak, elektronik) dengan menjadi penulis, reporter, presenter, dokumentasi, copywriter.

Travelling

Menjelajahi tempat yang belum pernah didatangi dan merupakan tujuan wisata sangat menggairahkan.
Sebuah petualangan dan pengalaman yang tak ternilai.
Momen terindah dan tak terlupakan jika Anda bisa bertandang ke negeri seberang atau pun dalam negeri yang memiliki alam dan fenomena yang indah.

Berbekal cerita dan kumpulan foto-foto travelling ini Anda bisa menjadi kontributor atau penulis lepas majalah atau jika koleksi sudah lengkap kenapa tidak mencoba mengumpulkannya dalam sebuah buku karya sendiri?

Ada pepatah yang mengatakan “Lihatlah yang dekat, tak perlu yang jauh”, hal ini kiranya memberi pesan kepada kita untuk menggali apa yang ada pada diri sendiri, tak perlu yang muluk (cukup dimulai dari hobi), setuju sahabat2??

Salam

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

32 responses »

  1. teppy says:

    Hobi yg menjadi pekerjaan adalah hal terindah… membuat hidup selalu fun n enjoy…
    Hobi ku adalah fotografi n trevelling… keduanya menjadi pekerjaan ku n sekaligus aku bisa mengatakan pada dunia vahwa Tanah Air ku adalah tempat terindah dg alam n budaya nya serta kehidupan masyarakatnya…
    Semua tertuang dlm foto n melalui perjalanan keliling tanah air serta festival2 budaya yg aku organize…
    Setuju Un… ayo kita kembangkan hobi kita…

  2. Keren juga tulisannya. yang pasti menyalurkan hobi bisa membuat kita lebih ‘happy’ dan tentunya bisa nambah ilmu juga kalau hobinya positif. Asal bukan yang negatif aja yah.😀

    pastinya begitu, yg positif🙂
    salam

  3. lebih seneng menulis dan membaca nih bunda… hehe, soal yg lain malah gak mahir.😀

    wah hebat dong Hanif
    siapa tau bisa jadi penulis buku yg hebat yg banyak manfaatnya utk yg membaca🙂
    (eh, dah jadi penulis buku khan ya Hanif? )

    salam

  4. sebagian hobi dikembangkan di blog.
    meski menyita waktu hiikss


    kok hiks tho Dewi ??
    bagus dong, dari ngeblog banyak lho yg sukses…..🙂
    salam

  5. Bayu says:

    saya hobi nya ngegame. tapi sekarang ngak bisa. karna ngak ada waktu. hmmm. hobi bisa buat hidup lebih hidup


    lho kok jadi kayak iklan tho Bayu ? hahahahaa😀
    kalau gituh, Bayu bisa dong menciptakan game2 baru yg seru2… ya gak sih ?🙂
    salam

  6. pa Tuo says:

    Mamiihhh… kalo ke Bogor beliin bibit Anggur Brazil ya bisa tanem di pot (tabulampot) asik tuh bisa salurin hobi sekaligus bisa menikmati buahnya yang ngga bikin tensi naik..😀😀

    iya kalau pak tuo yg tanem pasti tumbuh subur banget🙂
    kalau mamih kan geli sama tanah …hiks😦
    salam

  7. ysalma says:

    Hobbnya maunya travelling Bund, tapi duitnya cekak😀


    yah, eMak kok gituh,
    kemarin ini kan juga sering travelling🙂
    salam

  8. asti says:

    Ide yang menarik nich!!!!
    Memang sekarang banyak sekali orang yang sukses dengan didasari dengan hobi.
    Kalau aku suka memasak….

    nah tuh, Asti bisa bikin catering atau buka resto🙂
    salam

  9. Nchie says:

    Aku hobinya masak Bun..
    Tapi pengen buka warung makan..
    Takut ga lakuuuu…

    Pengen jadi chef..
    Chef dirumah aja
    buat Olive dan papanya.


    kalau Nchie yg buka warung, pasti rameeee…..🙂
    kalau dirumah saingan dong jadi chef sama Papa Olive😛
    salam

  10. Wow idenya maknyush neh🙂
    Banyak yang sukses yang beranjak dari hobby🙂
    Trims Bun inspirasinya.
    Salam

    salah satunya Kang Yayat
    yang sukses dr hobi ngeblog🙂
    (salut deh pokoknya )
    salam

  11. dhila13 says:

    aku juga pengen bun ngembangin hobby.. tapi yaa masih setengah hati hehe.. padahal klo serius bisa keren jdnya ya bun..

    pastinya gituh Dhila, apalagi tulisan Dhila kan bagus2
    pernah dpt penghargaan segala🙂
    nanti kl memang ada waktu, ditekuni dong ya Dhila sayang🙂
    salam

  12. Hai..blognya keren lho…saya udah baca beberapa konten…
    salam kenal..nama saya Kak Zepe.
    Saya juga punya sebuah blog yang membahasa segala sesuatu tentang dunia anak.
    Khususnya tentang lagu anak-anal..
    Kalau mau tahu lebih lengkap, silakan bergabung di blog saya.
    Ada di

    http://lagu2anak.blogspot.com

    Sekalian ikut serta dalam mengembangkan lagu anak di tanah air yang kian merosot…
    Mohon dukungannya untuk mensukseskan gerakan ini.
    Salam cinta lagu2anak…

    hai juga Kak Zepe…. 🙂
    semoga selalu sukses dlm menciptakan lagu anak
    yg memang semakin langka yaa…😦
    salam

  13. nique says:

    bundaaaaaaa

    kok pas banget nih, saya udah dari kapan tau pengen njajal jait menjahit, tapi sama suami engga boleh nih, soale udah kecapekan kerja katanya. padahal kan klo mencoba sesuatu yang baru itu justru bisa mempengaruhi suasana hati kan ya bun yaa … *ngadu.com*


    xixixiixi….itu khan krn Aa sayang sm Nik🙂
    takut nanti Nik malah kecapekan …..
    dan kapan2 kalau dah diijinin sama Aa , insyaAllah Nik bisa jd desainer handal🙂
    salam

  14. armanrachim says:

    ia, yah,,.
    saya juga sering berpikir hobi saya apa yah… ?

    eh ketemu blog, jadinya saya suka menulis di blog.
    lama lama rupanya itu jadi menyenangkan..

    sambil menulis, sambil bermimpi bisa menulis buku juga..

    salam bunda.

    nah khan, melalui blog, bisa menulis dan dijadikan buku
    selain bermanfaat utk orang lain, juga berpahala lho Arman🙂
    salam

  15. lozz akbar says:

    kalau saya hobi ngopi Bun.. makanya saya buka warung di FB..

    met malam bunda🙂


    selamat siang, Uncle🙂
    wah, bunda sangkain hobinya Uncle selain jd satpam dumay , bukannya naik gunung ?😛
    salam

  16. Setuju Bundaaaaa… dan aku termasuk orang yang belum maksimal mengembangkan hobby ‘berkebun’ku…

    ayo dooog, Yunda
    hobi berkebun nya diseriusin, siapa tau bisa jadi eksportir pohon , bunga dan buah🙂
    salam

  17. Bunda Rynari says:

    Setuju sahabat (jawaban baris terakhir postingan ini)
    Apapun yang dilakukan dengan hati akan enak dinikmati
    Salam


    🙂
    dan, insyaAllah hasilnya bisa lebih maksimal ya Ry🙂
    salam

  18. Asop says:

    Fotografi!😀

    iya pastinya, tuh diblog khusus foto
    hasil foto2nya Asop , keren2 deh🙂
    salam

  19. Bun, kalau aku sdg asyik menekuni fotografi. Karena sedang mengembangkan kemampuan menulis, walau cuma di blog, kayaknya fotografi penting deh untuk menunjang. Hobi yg saling menunjang itu ternyata asyik banget Bunda🙂


    pastinya memang asik, Evi🙂
    ayo dong, Evi bikin buku ttg fotografi….yakin deh, pasti ok🙂
    salam

  20. keren bun,,
    saat ini memang lagi seneng2nya membaca dan menulis, ditambah lagi seneng2nya jeprat-jepret meskipun masih camdig biasa…😀
    Lagi mencoba ngumpulin hasil jepretan yang mnurut saya bagus. Semoga saja ada peningkatan dengan trus mau belajar ya bunda..

    alhamdulillah, nanti Ruri bisa jd fotografer handal🙂
    dan menerbitkan buku ttg fotografi ,aamiin
    salam

  21. kakaakin says:

    Sama kek kakak saya, Bunda…
    Beliau suka main keyboard (alat musik). Sekarang malah jadi tukang servis keyboard😀


    bisa sekalian juga ciptain lagu lho itu Kak🙂
    salam

  22. Lidya says:

    hahaha lucu baca komen putri usagi, ada tipsnya gak tuh bun untuk mengimbangi galau🙂
    hobi saya ngutak ngutik yang ada dilaptop, tapi waktunya makin berkurang,Insya Allah kalau anak-anak sudah lebih besar bisa lebih dikembangkan lagi

    udah tuh Lidya, dah dikasih tipsnya ke inon😛

    nah, Lidya pastinya nanti jago deh dibidang IT🙂
    juga bisa sukses di bisnis online,aamiin
    salam

  23. nh18 says:

    Hobby saya musik …
    Alternatif profesi … Tentu ngamen dooonnnggg …
    (tapi yg duitnya banyak ….)
    Hehehehe

    Salam saya

    nungguin Mas Enha rekaman lagu anak2…..🙂
    dgn aransemen yang pastinya eylekhant ………
    salam

  24. Bila segala sesuatunya berawal dari kesenangan dalam menjalankan suatu pekerjaan atau pun kegiatan, maka hal itu akan membawa diri kita pada ujung pintu keberhasilan yang dapat menghasilkan sesuatu ya Bun.

    Sukses selalu untuk Bunda sekeluarga.
    Salam
    Ejawantah’s Blog

    bener Indra, pekerjaan yg berawal dr hobi, pastinya lebih menyenangkan dan menarik🙂
    dan,hasilnya pun bisa maksimal …….
    selalu sehat dan sukses juga utkmu, Indra
    salam

  25. Orin says:

    Uhuk, sedang mencoba ke arah sana Bun, semoga bisa berhasil😀


    pingin cepet2, dah gak sabar nunggu launching bukunya Orin🙂
    salam

  26. Mama Kinan says:

    TFS Bun..waduh bun kok hoby saya selain menulis dan membaca kok nggak jelas yah…masak iya karena kewajiban ….fotografi..ini pingin juga tapi blom kesampaian punya kamera SLR, terus kalo fashion enggak kayaknya..nggak ngikutin mode..travelling iya kalo ada uang..hehehe…
    wah semoga bisa kesampaian terlaksana dengan baik dan bisa berkembang dan dikembangkan…semua hobby saya..:) *maruk nieh ceritanya bun..:)

    khan Mama dah nulis hal2 yg menarik di blog🙂
    kalau hobi foto gak usah pakai DLSR dulu Mam, yg penting niat ,
    dan hasilnya pasti ok🙂
    traveling juga yg deket2 aja dulu Mam,
    yg gak perlu biaya banyak🙂
    pokoknya bunda doakan yg terbaik deh utk Mama🙂
    salam

  27. mylitleusagi says:

    biar rame comment lagi,,
    gak deng hobi inon menulis…
    semoga aja cita2 inon jadi penulis kesampaian ya


    mamih cuma bisa mendoakan yg terbaik utk inon ….😛
    (peluk2)
    salam

  28. mylitleusagi says:

    hobi inon galau…
    ngembanginnya gimana yee😛

    udah tauk…..
    kembangkannya bersama ayam dunk akh !!😀😀
    salam

  29. mylitleusagi says:

    pertamaxxx

    bungkuuuusss……………….. “P

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s