Dan saat kita percaya kita dapat melakukan sesuatu dengan kekurangan kita, maka di sanalah keajaiban terjadi…

Di sebuah panggung, duduklah seorang violist yang tak dapat melihat.
Matanya buta sejak masih kecil, namun ia punya semangat yang luar biasa.
Malam itu, ia diberi kesempatan yang langka untuk tampil di depan orang banyak.
Tentu saja ia gugup dan takut.

Setiap hari, ia selalu berlatih dengan keras untuk konser malam tersebut.

Tak sedetik waktupun ia buang untuk melupakan latihan.
Ia pernah berkata pada ibunya, bahwa konser itu adalah impiannya.
Ia akan sangat bahagia dapat menyuguhkan alunan lagu merdu bagi penonton, hanya itulah keinginannya.

Ia pun mulai duduk, memegang biolanya dengan sangat terampil dan segera memainkan sebuah komposisi lagu.
Para penonton ada yang memperhatikan, namun tak sedikit pula yang sibuk dengan ponsel atau berbincang dengan teman di sebelahnya.
Sampai di pertengahan lagu, tiba-tiba dua dawai biolanya putus.
Lagupun terhenti.
Suasana menjadi hening… pandangan semua penonton ada padanya.

Ia kemudian berdiri.
Perlahan, diletakkannya kembali biola di antara bahu dan dagunya. Kemudian, dengan sisa dawai yang ia miliki, dimainkannya lagu indah improvisasi dari nada yang ada.

Tentu saja kedengarannya tak seperti komposisi aslinya.
Namun, justru lagunya kini membuat semua penonton terdiam, terpaku dan terpukau oleh lagu yang dibawakannya.

Violist itu telah kehilangan dua dawai penting pada konsernya, tetapi ia tak mau impiannya hancur hanya karena hal tersebut.
Ia berusaha keras menyelesaikan penampilan dengan sisa dawai yang dimilikinya, dan ia berhasil dengan sebuah keajaiban di dalamnya.

Banyak kehilangan yang juga kita alami, seperti halnya sang violist. Namun, apakah kemudian kita akan membiarkan kehilangan tersebut menghentikan langkah untuk meraih impian?

Salam

Gambar diambil dari sini

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

25 responses »

  1. teppy says:

    Tidak akan pernah berhenti berusaha meraih impian walau kendala mungkin menjadi penghalang… terus semangat.
    Thanks inspirasinya Un…

  2. Bung Eko says:

    Jawaban saya, tidak! Apapun yang terjadi saya bakal terus memperjuangkan impian sampai terwujud. Terima kasih untuk cerita yang sangat menginspirasi ini, Bunda.๐Ÿ˜€

  3. Una says:

    Nice post mbak.
    Suka banget sama kalimat terakhirnya. :’)

  4. monda says:

    tak ada akar rotanpun jadi
    tak boleh putus semangat ya bun, memang susah tapi tetap harus usaha

    sepakat BuMon, tidak ada yg mudah, bila menghadapi kehilangan,
    namun gak ada salahnya tetap berusaha maksimal ya๐Ÿ™‚
    salam

  5. Orin says:

    Aaah…Bunda, merinding pas baca kalimat terakhirnya, pernah merasa begitu hiks…


    sekarang sudah mantaf khan Orin sayang๐Ÿ™‚
    dah gak gituh lagi ………….
    salam

  6. Tuhan maha Adil bunda, setiap yang hilang dari kita pasti bukan yang terbaik untuk kita, pasti akan ada gantinya itupun seandainya manusia bisa menyadarinya…

    karena dgn kehilangan, Allah swt akan menggantikan dgn yg lebih baik bagi kita ya Mbak Henny๐Ÿ™‚
    salam

  7. andinoeg says:

    walau memiliki kekurangan tapi gak boleh menyerah dan putus asa

    sepakat dgnmu, Andi๐Ÿ™‚
    salam

  8. irfan handi says:

    Ikut menikmati tulisan bunda.๐Ÿ™‚


    alhamdulillah, semoga ada yg bermanfaat Irfan๐Ÿ™‚
    salam

  9. lozz akbar says:

    jangan sampai langkah terhenti karena ada onak dan duri

    met siang Bunda๐Ÿ˜‰

    selamat malam, Uncle
    harus tetap semangat ya Uncle …….. ๐Ÿ™‚
    salam

  10. Evi says:

    Saat kehilangan kita selalu mendapat sesuatu yang baru. Yang baru ini jika suatu saat akan hilang juga..Siklusnya cuma seperti ini hilang-berganti sesuatu yang baru -hilang..Begitu terus berulang-ulang. Disini kan tantangannya, seperti bermain biola dengan dua dawai.bagaimana deal dengan situasi terbaru..


    karena kehidupan akan terus berlanjut ya Vi๐Ÿ™‚
    yuk, semangat terus , walau kehilangan sesuatu , krn akan datang gantinya , insyaAllah yg lebih baik lagi :
    salam

  11. rina says:

    huhuhu… makasih bunda sudah mengingatkan…*instropeksi diri

    terimakasih juga Rina
    sekalian utk mengingatkan diri bunda sendiri juga๐Ÿ™‚
    salam

  12. mylitleusagi says:

    *kecup*
    *Nyengir*
    kehilangan pada awalnya menyakitkan namun pada akhirnya akan terbiasa..๐Ÿ™‚ (*you know what i mean mam)

    gak tuh, mamin gak tau what do you mean nak ???? ….. ๐Ÿ˜›
    (peluk2)
    Salam

  13. Mirip banget kejadiannya Bun dengan yang saya alami baru-baru ini, habis kehilangan sesuatu .. tapi lanjut aja ya Bun he he
    Trims pesannya … top๐Ÿ™‚

    innalillahi, semoga kehilangan itu akan dpt gantinya yg lebih baik lagi ya Kang ,aamiin๐Ÿ™‚
    salam

  14. Dalam keadaan sulit sekalipun kita harus memberikan yang terindah, walau tak mudah akan kucoba Bunda… Bahagia bisa sempat BW kemari, salamku Bunda๐Ÿ™‚


    sepakat, tidak mudah pastinya Yunda, namun tetap usahakan semaksimal mungkin , gitu ya Yunda ?๐Ÿ™‚
    bunda juga bahagia dgn kedatangan Yunda disini๐Ÿ™‚
    (peluk2)
    salam

  15. susisetya says:

    kehilangan itu hanyalah bagian dari hidup yang harus kita lewati, yang terpenting bagaimana cara kita menyikapinya…

    dan cara menyikapinya bagi tiap orang berbeda ya Susi
    salam

  16. Ria says:

    dalam hidup, kehilangan sering, kegagalan kdang suka menghatui tapi kalau kita tetep semangat dan pantang menyerah pasti BISA ya bun!

    Terima kasih bunda udah ngingetin ini….

    cup cup…

    anyway oleh2 dari bukit mana?๐Ÿ˜€


    bener banget Ri, kehilangan dlm hidup sebenarnya hal biasa
    cara menghadapinya yg perlu dipelajari….

    cup cup sayang juga ๐Ÿ™‚
    oleh2 cerita bukik ada di rumahnya bundo di ladang jiwa Ri๐Ÿ™‚
    salam

  17. Adi Nugroho says:

    hmmmm, bacanya saja langsung trenyuh bun, benar sekali.. Perlu ada perenungan tentang ini..

    Salam..

    jangan kelamaan merenungnya ya Adi๐Ÿ™‚
    salam

  18. hidup harus terus dijalani dan tak boleh surut dengan keputus asaan. hal ini biasanya menimpa orang yg kehilangan orang yang dekat dengan dirinya, misalnya ada sanak keluarganya yang telah tiada.
    Berlarut-larut meratapi atas kehilangannya justru akan menambah keterpurukan.
    Ikhlaskan saja yg telah tiada, dan lanjutkan dengan sisa-sisa yg ada.

    Salam dari sahabat2 di Brebes bunda..๐Ÿ™‚


    karena kita sendiri lah yg memutuskan, ingin maju atau malah surut dlm perjuangan hidup ya Ruri
    salam hangat kembali utk sahabat2 di Brebes, Ruri๐Ÿ™‚
    salam

  19. Abi Sabila says:

    Pelajaran berharga juga saya dapatkan dari buku “Mengapa Aku Berbeda, Ayah?” karya Agnes Davona ( penulis Surat Kecil Untuk Tuhan ). Sungguh membaca tiga tulisan ini ( dua buku + tulisan Bunda ) muncul rasa malu dalam diri, mengapa mudah berputus asa sedangkan nikmat Tuhan tak terhitung jumlahnya.

    Sekedar informasi, kontes menulis Endorsement for Abi Sabila masih digelar sampai tanggal 4 November 2011. Ditunggu partisipasinya dan terima kasih sebelumnya.

    kadang manusia memang selalu menginginkan kesempurnaan ya Mas Abi,
    walau Allah swt telah menyediakan segalanya utk kita ………………
    semoga kita semua menjadi manusia yg selalu penuh rasa syukur ,aamiin

    terimakasih utk info nya Mas Abi๐Ÿ™‚
    salam

  20. bahaandes says:

    sangat-sangat memotifasi untuk aku dan mungkin untuk semua agar tetap semangakat-pantang menyerah…..

    Semangat Pagi Bunda *Senyum manis buat Bunda*

    akh, senyum manisnya Andes, bikin semangat bunda๐Ÿ™‚
    terimakasih ya Andes ………
    salam

  21. pa Tuo says:

    Renungan pagi hari yang indah, makasih Mamih sayang..

    terimakasih juga pak tuo ku sayang๐Ÿ™‚
    salam

  22. nique says:

    seringnya memang terlalu ngurusin yang ga ada, sehingga mengabaikan yg ada – yang jika dimaksimalkan mestinya masih bisa meraih tujuan yang sebenarnya ya Bun


    bener Nik, yg ada aja dulu dimaksimalkan ya, siapa tau malah hasilnya hebat๐Ÿ™‚
    salam

  23. dhila13 says:

    hmm…. bunda selalu bisa mengaitkan hikmah dibalik masalah yg ada.. suka!๐Ÿ˜‰

    hayyah….Dhila ini, pinter banget kalau dah muji si bunda ๐Ÿ™‚
    salam

  24. Imelda says:

    Wah sebuah renungan yang indah sekali bunda. TFS

    terimakasih Mbak EM. ๐Ÿ™‚
    semoga kita bisa seperti si pemain biola ini ya,aamiin
    salam

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s