Shrimp Carbonara

Pasta yang berasal dari Italia memang sudah amat akrab dengan lidah orang Indonesia. Namun sudah tahukah Anda cara menghidangkan dan menyantap pasta? Apakah kita harus menyantapnya dengan sendok dan garpu, atau garpu saja? Yuk, kita cari tahu.

Cara menghidangkan pasta
1. Di Italia, biasanya saus dituang saat pasta sudah siap disantap. Jadi, tidak dimasukkan saat memasak.
2. Garpu adalah alat utama untuk makan. Namun dulu orang Italia menggunakan tangan untuk makan spaghetti, sebab dianggap sebagai makanan rakyat biasa.
3. Spaghetti biasanya disajikan di atas piring cekung untuk mempermudah penggunaan garpu.
4. Pasta panjang seperti spaghetti, macaroni panjang, dan fettucine, bisa dipadukan dengan semua jenis saus sepertibolognese dan Aglio e olio.
5. Pasta tebal seperti fettucine, fusilli, dan ravioli, cocok disajikan dengan saus carbonara dan saus alfredo.
6. Pasta berongga atau bertekstur seperti penne, rigatoni, dancannelloni, cocok dicampur dengan saus krim, potongan jamur dan sosis, sehingga saus bisa berkumpul dalam rongga dan lebih meresap.
7. Pasta kecil seperti anelli dan farfalline cocok dimasak dalam sup sehingga bisa dimakan dengan sendok.

Cara menyantap pasta
1. Gunakan garpu untuk menyuapkan pasta ke mulut.
2. Sendok hanya digunakan sebagai alas untuk menggulung pasta, kecuali untuk pasta yang dimasak menjadi sup.
3. Di Italia, menyuapkan pasta dengan sendok atau memotongnya dengan pisau dianggap tidak sopan.
4. Sebelum menyantap pasta, kita bisa menambahkan bubuk cabe kering, keju parmesan, minyak zaitun, atau saus tabasco, untuk memperkuat rasanya.

Salam

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

21 responses »

  1. Pakde Cholik says:

    Saya agak kurang suka dengan pasta. Enakan rujak cingur kayaknya.
    Terima kasih tipsnya mbak
    Salam hangat dari Surabaya

  2. jadi kepingin buat spageti ni bunda hehe

  3. william says:

    terima kasih bunda atas informasinya dan baru tahu saya kalau ada aturan kalau pakai garpu atau pisau dianggap tidak sopan

  4. bloqaditaaz says:

    oh gitu ya bunda saya jg pernah lihat di korea drama Pasta

  5. ternyata ada aturannya ya Bun …
    sip lah ilmunya
    makasih Bunda

  6. Ria says:

    huaaaaaaaa…aku agak susah kalo buat spaghetti atau fettuccine, soalnya kalau orang ada yang mo bantuin aku rewelnya setengah mati. Padahal buat sausnya kan gampang yang bun hehehehe cuman itu kalo banyak yg bantuin malah kadang jadi berantakan😀

  7. Evi says:

    Oh memotong dan menyantap pasta dengan sendok ternyata tak sopan toh? Baru tahu. Thanks atas infonya Bunda🙂

  8. Orin says:

    Glek…jadi laper bgt nih Bun…

  9. Ejawantah's Blog says:

    Itu gambar fotonya hasil masakan Bunda sendiri ya ?
    Mantapzzz……
    Lezattozzzz…….

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah’s Blog

  10. Una says:

    Waaaaaa… gambarnya bikin ngiler…

  11. pa Tuo says:

    Liat gambarnya jadi ngiler…😀😀
    **Mamih jadi berangkat kapan? titip salam buat penunggu Istana Rajo Basa

  12. Ternyata bisa ditambahkan minyak zaitun ya Bun, jadi sehat dung😉
    *asli baru tahu ini Bun, thanks yaa…

  13. kalau dibawa ke jepang, garpunya diganti pake sumpit ya bun..😀

  14. Imelda says:

    aku paling cerewet soal merebus pasta. Ngga suka kalau terlalu lembek. Harus ardente hehehehe.
    Aku pernah tidak makan spaghetti di sebuah resto di Plaza Indoensia karena kelembekan ;)) (tapi tetap bayar loh)
    Sejak itu aku tidak mau makan spaghetti di Indonesia

  15. agussupria says:

    wah pasti enak pastanya

  16. rina says:

    wahh… berarti saya salah masaknya ya bun… saya biasanya memasukan sausnya ketika sedang masak.. soale biar kecampur banget… pasta indonesia ini mah ya……

  17. Sofyan says:

    siang² mampir ke Blognya Bunda ehh di beri hidangan Pasta kompilt dengan cara memakannya lagi, makasih Bunda #sambil menghayal makan pasti…ssssssttttttt

    Salam..

  18. IbuDini says:

    Bunda….Pastanya bikin aku ngiler, jadi pengen bikin …hmmmm yummy sepertinya tuch bun.
    Ternyata makan Pasta menggunakan sendok gak sopan ya Bun, saya pernah lihat Drama korea tentang Pasta Bun, saja jadi tau jenis2 pasta…dikit tapi mahal ya bun

  19. Lidya says:

    kalau saya buat spaghetti juga sausnya tidak dimasukkan pada saat dimasak bun,saya tuang kalau sudah matang saja

  20. dhila13 says:

    dulu spaghetti dimakan pake tangan? ga pake garpu? *ngebayangin..
    jaman dulu memang agak susah dibayanginnya sama kita yg hidup di jaman kyk sekarang ini ya bun. segalanya serba apa adanya, apalagi untuk rakyat biasa.

  21. hmmm aromanya menusuk hinga bandung nih, bunda🙂

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s