Berbicara tentang pasta, pasti tidak bisa dipisahkan dengan Italia. Memang dari sinilah bahan pangan kenyal sejenis mi pertama kali dipopulerkan.

Lebih dari 600 macam pasta lahir dari tempat kelahiran Marcopolo ini, dan sekarang tersebar hampir di seluruh penjuru dunia. Tak ada salahnya untuk mengetahui beberapa tipenya, kan?

Farfalle: Pasta bentuk dasi kupu-kupu dengan tepi bergerigi. Cocok untuk hidangan salad atau sajian utama dengan saus yang creamy, seperti Mornay Sauce.

Conchiglioni: Menyerupai kulit kerang. Lebih pas untuk isi sup, salad, dan sajian utama.

Cannelloni: Bentuknya seperti pipa berlubang dengan diameter 3cm, panjang + 5cm. Jenis lain cannelloni dengan bentuk lebih pendek dikenal dengan nama rigatoni, sedangkan yang berujung serong disebut penne. Cocok dimasak dengan daging dan keju pada hidangan panggang maupun rebus.

Lasagna: Berbentuk lembaran tipis dengan panjang + 27 cm, lebar 5 cm. Dapat dijumpai dalam tiga warna, kuning untuk hidangan panggang, merah biasanya diolah dengan saus tomat, dan hijau cocok dipadu dengan bayam atau aneka sayuran.

Spaghetti: Bentuknya seperti lidi panjang tanpa lubang. Sangat cocok disajikan dengan saus bolognaise (saus tomat dengan daging cincang). Serupa dengan spaghetti tapi ukuran lebih kecil dan pendek dikenal dengan sebutan vermicelli. Pas diolah bersama hidangan laut, daging, maupun isi sup.

Fusilli: Bentuknya mirip spiral. Biasanya diolah dengan saus krim dengan tomat dan kacang polong.

Macaroni: Pasta bentuk pipa melengkung dengan lubang di tengahnya. Pas untuk hidangan panggang seperti macaroni schotel dan isi aneka sup.

Fettuccini: Bentuknya seperti kwetiau, pipih dan lebar. Dapat dijumpai dalam tiga warna, hijau dari sari bayam, hitam dari tinta cumi-cumi, dan kuning dari telur. Cocok dijadikan sajian utama dengan daging, keju, sayuran, atau seafood.

Salam.

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

27 responses »

  1. gadgetboi says:

    Saya sih nemunya cuman macaroni dan spageti saja😀 yg lain belum kesampaian nyobain bunda:mrgreen:

  2. ~Amela~ says:

    apa pun bentuknya, mel sih nyebutnya makaroni semua..
    kecuali spagheti.. hehe

  3. IbuDini says:

    Bun…makroni yang biasa itu bisa di bilang pasta atau tidak bun.

  4. Lidya says:

    paling sering makan spaggeti & lasagna bun.hmmm yummy langsung laper deh nih

  5. Ahmad Alkadri says:

    Saya ingat pernah makan Lasagna pas di Itali… tapi kurang berkesan, karena pas di sana, entah kenapa saya malah kangen mendoan (selera perut saya bukan perut Eropa kaya’nya😛 )

  6. Ria says:

    kalau pasta, aku suka fettuccine, macaroni dan spaghetti.
    yang lain pernah nyobain tapi yang nyankut lidah untuk bumbunya cuman 3 itu bun😀

  7. Lengkap Bun, aku baru lihat beberapanya, ternyata komplit yack Bun😉

    Hmm kalu kandungan gizinya Bun? apa sama?

  8. hahaha, selama ini dhe cuma tahu bentuknya doang bund, baruu ini tahu dengan lengkap nama2 pasta.. habis yang sering dimakan cuma spaghetti😀

  9. Una says:

    Hehehe rasanya tapi kan sama aja. Rasa tepung.😀😀

  10. marsudiyanto says:

    Pengin nyoba pastanya salah satu ajah Bun…
    Saya belum pernah makan soalnya…😀

  11. Ejawantah's Blog says:

    Mantapzzz….. mak nyuzzzz….! pasti suatu hari kalo aku ketemu sama Bunda pasti enak masakannya.

    Sukses selalu dan salam untuk keluarga Bun.
    Salam
    Ejawantah’s Blog

  12. hilsya says:

    udah familiar semua.. *ehm, jangan2 aku sebenarnya dari italy ya bun? * hihihi

  13. apakah macaroni yg itu sama dengan macaroni yg dikenal pada umumnya bunda?😀😀

  14. kakaakin says:

    Saya suka banget berbagai pasta, Bunda. Sering coba masak di rumah.
    Sekali waktu saya dan sepupu mencoba memasak fetucini, tapi kok lebih enak yang di PH ya, hehe…

  15. Orin says:

    Pas kopdar kemarin ada pasta jg Bun, tapi entah yg mana he he

  16. Danu Akbar says:

    Udah lama nih gak maen tempat bunda.
    Danu hadir lagi nih bunda. hehehe🙂

  17. seperti belum satupun dari nama itu saya rasakan Bunda, kapan-kapan mau donk saya ditunjukkan cara makannya yang benar ya Bun …

  18. Hanya 3 jenis yang saya pernah merasakannya Bun … namun ada yang tidak cocok di lidah saya …
    Makasih Bunda🙂

  19. andinoeg says:

    Jadi laper, mau donk bunda

  20. Nchie says:

    mau spagetti buatan bundaa..
    *songong*..

  21. Dewifatma says:

    jadi laphhheeerrrrr….

  22. Necky says:

    perah dapat informasi bahwa pasta itu asalnya dari negeri cina lho.

  23. Imelda says:

    aku jg suka yang ravioli loh bun, cuma ya untuk yg muslim mungkin tidak bisa makan ya….

  24. riez says:

    Cuma pernah makan Macaroni dan spaghetti…ini cuma beda dibentuk ajakan bun?

    SalamPLUR

  25. dhila13 says:

    lasagnaaa,,, wuiihh aq udh ngebayangin nih buunn.. pengeenn😀

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

