Prancis identik dengan Menara Eiffel, Mona Lisa, fashion tingkat dunia,dan masakan yang luar biasa indah.
Sementara budaya-budaya lain di dunia menawarkan pengalaman mereka sendiri dengan masakan daerah yang unik, dalam kualitas makanan, Prancis adalah raja.

Mereka telah menetapkan standar tinggi kuliner, dan koki Prancis  dengan terampil telah mempresentasikan makanan yang kreatif menjadi suatu bentuk seni.

Cara terbaik untuk mengenal budaya Prancis adalah dengan makanan yang hebat dan bermutu dimana keterampilan memasak, kualitas bahan, dan keaslian semua bergabung dalam tangan kesempurnaan kuliner seorang chef.

Masakan Prancis dimulai dengan memahami dan menggunakan dasar-dasar:

Baquette Prancis

img.kenali budaya prancis lewat makanannya/bundadontworry.wordpress.com

Baquette

Prancis menghargai roti mereka sangat serius. Apakah saat sarapan, makan siang atau makan malam, baguette (kata Prancis untuk roti) selalu di atas meja.
Agak renyah di luar, tapi lembut di dalam, roti ini menjadi kebanggaan bagi orang Prancis dalam keterampilan membuatnya.

Keju terkenal di dunia

img.kenali budaya prancis lewat makanannya/bundadontworry.wordpress.com

Camembert cheese

Atau,  fromage  dalam bahasa Prancis, adalah makanan yang sama pentingnya dalam masakan mereka. Ada dua macam keju Prancis yang dikenal yaitu Brie dan Camembert. Keduanya keju lunak dengan kerak putih.

Walaupun kurang dikenal, namun sama lezatnya adalah Boursin, keju lembut yang dibumbui dengan bumbu ringan. Dalam masakan Prancis juga ada yang dicampur dengan chevre, tart keju khas yang terbuat dari susu kambing.

Dengan lebih dari 400 jenis keju pilihan, fromageries Prancis memiliki sesuatu untuk semua orang. Dan untuk apa keju keju ini bagi orang Perancis? Di atas baquette favorit mereka, tentu saja!

Berbagai macam daging dingin (cold meat)

img.kenali budaya prancis lewat makanannya/bundadontworry.wordpress.com

pate de foigra

Dalam charcuteries, setara dengan toko makanan, pilihan daging dingin menanti Anda. Bersiaplah untuk kewalahan oleh jumlah ham yang dimasak dan diasap, sosis dan pate. Selain itu, ada spesialisasi seperti sosis bir, sosis darah dan Kassler yang terbuat dari daging babi asap.

Makanan Perancis yang tekenal

img.kenali budaya prancis lewat makanannya/bundadontworry.wordpress.com

Coq Au Vin

Tentu saja, masakan Prancis tidak terbatas hanya hidangan roti, keju dan daging dingin ( cold meat). Hidangan daging sapi paling terkenal dari Prancis adalah bouef bourguinon. Anda belum makan ayam sampai Anda sudah mencicipi coq au vin. Dan menu untuk hidangan ikan, Prancis punya 1001 resep.

img.kenali budaya prancis lewat makanannya/bundadontworry.wordpress.com

boeuf bourgignon

Apakah Anda lebih suka anggur-rebus salmon ( wine poached salmon), udang cognac, sup krim lobster, atau coquilles Saint-Jacques (tiram), masing-masing lebih enak dari yang lain dalam masakan Paris.

Makanan Penutup

img.kenali budaya prancis lewat makanannya/bundadontworry.wordpress.com

Crepes

Dalam masakan Prancis, makan tidak akan lengkap tanpa buah.Seperti yang lain, orang Prancis bangga dengan buah2an mereka yang baru tumbuh seperti ceri Montmorency, apel dan pir Groslay Faro, yang tersedia musiman ditiap pasar di Perancis.

Masakan Prancis juga nikmat digabungkan antara buah segar dengan minuman.
Peach direndam dalam Cointreau, ceri dengan cognac, pir dengan Grand Marnier, dan yang tidak pernah diabaikan dalam masakan favorit Prancis, stroberi dengan sampanye.

img.kenali budaya prancis lewat makanannya/bundadontworry.wordpress.com

Chocolate Mousse

Sampai pada makanan penutup, crepes, creme brulee dan mousse cokelat adalah pokok penting dalam masakan Prancis yang telah disalin dengan cara yang unik di banyak negara di dunia.

Prancis bangga bahwa makanan penutup mereka telah menjadi standar keunggulan ketika memuaskan semua pencinta kuliner di dunia melalui makanan penutup khas Prancis.

Salam

Gambar diambil dari sini

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

26 responses »

  1. apriyani91 says:

    bonjour😀 je suis belle. wi u non?

  2. Kurnia says:

    j’taime beaucoup french

  3. oliev says:

    c’est delicieux
    mais on ne trouve pas d’ici

    msih bljar bhasany hehehe
    mgkin ntar bisa ke sna


    la nourriture délicieuse et la mode est l’une des caractéristiques français.🙂

    mudah2an satu hari nanti beneran bisa ke Perancis ya Oliev🙂
    salam

  4. qezzia says:

    Dengan makanan2 kayak gini, perempuan perempuan Prancis itu teteep aja langsing langsing yah *sigh*

    iya, karena mereka memakannya dgn dikunyah perlahan,
    dan mereka selalu senang berjalan kaki setelahnya……….
    salam

  5. ~Amela~ says:

    gambar-gambarnya bikin ngiler

    embeeerrr…………tapi belum tentu juga rasanya maknyus ya Mel …hehehe …😛
    salam

  6. rusydi says:

    saya gak tahu apa bener menggugah rasa, soalnya belum ngerasa. dari cassing-nya keliatan enak. kalo ada kesempatan bunda mesti ngajak2 nyicip neh

    hehehe…itu udah ada , tinggal nyicipin aja kok Rusydi🙂
    salam

  7. dhila13 says:

    olala… c’est delicoux, mamon…😀 je veux manger al!😀

    S’il vous plaît Dhila, a été présenté à Dhila

    Salam

  8. Asop says:

    Wah, crepes itu dari Perancis ternyata!?😀


    iya bener Sop🙂
    salam

  9. wah enak2 ya bun….

    bun, banyak yg nanya aturan penumpang infant di blog-saya…..

    saya nantikan keterangan bunda🙂 *maksa bunda komen di sana* ga sopaaaannnn

    peluk dariku….

    hehehe…iya enak2, tapi belum tentu halal ,Devi sayang😦
    ok, segera meluncur ke tekapeh 😛
    salam

  10. susisetya says:

    ach jadi pengen nyobain nginjak tanah prancis sambil nyicip makanannya bun…kapan yach?


    nanti pasti ada saatnya kalau Allah swt mengizinkan , Susi🙂
    salam

  11. Kontraktor says:

    jadi pingin cobain….hehehe

    silakan lho, dah disajikan tuh disini🙂
    salam

  12. epay says:

    vote buat crepes sama moussenya bun..salam kenal🙂


    sukanya yang manis2 ya Epay🙂
    salam

  13. wah jadi tahu macam macam makanan perancis..ngiler crepesnya itu lho bun…saya suka beli crepes itu kalo pas jalan jalan ke mall, tapi kayaknya nggak seenek yang di gambar bunda itu yah..
    thanks for sharing bun.

    iya Mam, crepes bisa dibuat topping atau isian atau pendampingnya sesuai dgn selera kita🙂
    salam

  14. dessertnya menggoda bundaaaaaaaaaaa.. dan dhe baru tahu kalo roti2 yang seperti itu namanya baquette (susah kali nyebutnya)..😀

    bangeeeet Dheee………..😀
    susah nyebutnya ya, hati2 lidahnya melintir lho Dhe😛
    salam

  15. ngiler deh bun sama hidangan penutupnya….
    sementara cukup ngebayangin dulu, anggap aja tahu tempe yg disantap setiap hari rasanya bisa senikmat makanan dari prancis itu.. hihihih

    salaam

    iya , memang Ruri, desert nya itu bener2 menggoda yaaa…..🙂
    salam

  16. hilsya says:

    weits..bunda. aku sih cukup menikmati gambar kulinernya saja.. banyak yang ga ketelen *selain ga mampu bayarnya :)*

    bener Hilsya, krn enak belum tentu juga halal yaaa….🙂
    salam

  17. yayack says:

    ada 400 jenis keju? Bingung ga ya ngerasainya dengan nama2 yg pastinya bsa membedakan. Kalo prancis sih sudah di kenal dengan pusat kota modenya jadi dari segi sajian menu kuliner juga harus mengikuti karena akan di kunjungi para penikmat eksotis dunia. Di italia juga ga kalah dalam mode dan makanannya hehe…

    memang banyak banget macam kejunya Yayack
    tapi yg terkenal hanya beberapa saja seperti Camembert, Brie dan Gruyere🙂
    salam

  18. Red says:

    satu lagi: Ortolan.

    urung Ortolan adalah burung yang panjangnya enam inci dan beratnya sekitar 2 ons. Warnanya hijau zaitun dan kuning, dengan sentuhan merah di sana sini, sangat cantik. Penyajiannya: Burung ini ditangkap, matanya dibutakan dengan ditusuk, kemudian di beri makan paksa dalam sangkar yang sempit sampai tidak dapat bergerak, dan karena makanan paksa, badannya mengembang sampai dua atau empat kali lipat ukuran bisanya. Setelah dirasa cukup, burung ini akan ditenggelamkan dalam Armagnac (jenis minuman keras) Setelah itu, burung ini disajikan dengan dibakar, dan dimasukkan kedalam mulut dalam kondisi kepala diluar. Yang anda tinggal lakukan adalah menggigitnya, sehingga kepalanya terlepas dan anda mengunyah tubuhnya lengkap dengan semua bagian, tulang dan jerohan lengkap!

    Parah!

    http://www.ecis.com/~alizard/ortolan_recipe.html

    terimakasih Red utk tambahan masukannya🙂
    salam

  19. Red says:

    dii perancis juga ada hidangan yang tidak layak dimakan oleh manusia manapun jika kita tahu cara mereka menghidangkan makanan itu. Namanya Foie gras.

    http://www.borakkosong.com/2011/04/makanan-mewah-di-perancis-iniproses.html

    padahal pate defoigras itu harganya sangat mahal ya Red
    krn angsa yg dipaksa makan dan dikarantina agar hatinya membesar
    ( ini juga prosesnya sadis ya Red)
    salam

  20. Abi Sabila says:

    Sepertinya enak sekali, Bunda. Tapi, apaka lidah saya bisa diajak kompromi dengan makanan semacam ini ya? Hehehe….
    Jadi inget, Sabila pernah bilang pengen jadi presenter wisata kuliner seperti yang ia lihat di tv, katanya enak, sudah jalan-jalan, makan-makan, dibayar pula. Hehehe…

    memang enak Mas Abi, tapi belum tentu halal😦
    Semoga Allah swt memudahkan keinginan Sabila utk menggapai keinginannya ,aamiin
    salam

  21. kayaknya ni Bunda seluruh dunia hafal ya karena dulu sering keliling .. yang paling enak masakan mana Bun selain karedok ? wkwkwkwk

    selain karedok, pastinya tahu sumedang atuh Kang😀😀😀
    salam

  22. Una says:

    Ya Allah itu foto moussenya menggoda banget :9


    sangat Una, bunda aja ikut ngiler juga tuh😛
    salam

  23. LIdya says:

    ah bunda Lily bikin laper aja nih malem2🙂

    sok silakan dicobain Lidya,
    biar lapernya hilang …hahaha….😀😀
    salam

  24. Mood says:

    Semua yang dipoto kelihatan asik asik buat disantap.
    Kapan ya punya kesempatan menikmati makanan kaya begitu😛

    nanti ada saatnya kalau Allah swt mengizinkan ,Mood🙂
    salam

  25. citromduro says:

    betul-betul menggugah rasa
    tarpi saya cukup kenal disini, semoga suatu waktu bisa mencicipi hasil karya cheff perancis yang super hebat

    salam dari pamekasan madura
    semoga bunda sekeluarga senantiasa sehat wal afiat

    semuanya kelihatan menggiurkan ya Mas Citro🙂
    sukses dan selalu sehat juga utk Mas Citro dan keluarga
    salam

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s