Tidak jarang kita melihat si kecil menggigit kuku, menghisap jempol atau mengupil di depan umum. Ingin mencoba menghilangkan kebiasaannya yang kurang baik itu?

Psikolog Dr Pat Spungin menjelaskan, anak kecil tidak mengerti jika kebiasaan buruknya tersebut dapat membuat mereka tidak diterima di lingkungannya.

Maka dari itu, jangan anggap remeh kebiasaan buruk si kecil tersebut. Jika tidak segera ditangani, maka akan terbawa hingga ia dewasa nanti.

Seperti dilansir dari Telegraph, berikut ini lima kebiasaan anak yang sebaiknya dihentikan dan cara membujuk mereka agar mau meninggalkan kebiasaan buruknya itu.

1. Menggigit Kuku
Menggigit kuku bisa disebabkan karena gugup atau bosan. Menggigit kuku dapat membuat jari terluka dan berdarah, parahnya lagi dapat menyebabkan infeksi.
Jika si kecil mulai menggigit kuku bisa jadi dia mulai stres. Alihkan pikiran si kecil dengan menyibukkannya.
Anda bisa memilihkan permainan yang banyak menggunakan tangan, seperti bermain membentuk lilin, menggambar atau bermain pasir.

2. Menghisap Jempol
Menghisap jempol bisa menyebabkan kerusakan gigi dan membuat gigi berjarak. Hasil USG sering menunjukkan, ketika dalam kandungan si kecil sering menghisap jempol.
Sayangnya, kebiasannya itu berlanjut hingga dia kanak-kanak. Hilangkan kebiasaannya tersebut perlahan-lahan dan secara bertahap.
Pada awalnya Anda hanya memperbolehkannya menghisap jempol di rumah, lalu berkurang, hanya pada waktu tidur saja.

3. Mengupil
Membersihkan hidung memang baik, namun jika mengorek hidung menjadi kebiasaan si kecil tentu menjadi tidak baik.
Ketika mengupil, anak-anak sering membuangnya ke dinding, sofa atau pinggiran tempat tidur. Tidak jarang mereka juga memainkan kotoran hidungnya, bahkan memakannya.

Perilaku si kecil ini bisa disebabkan karena dia meniru orang dewasa. Sebuah studi menunjukkan bahwa 91 persen orang dewasa melakukannya, sehingga anak-anak mengikutinya.
Kebiasaan mengupil si kecil juga bisa menyebabkan iritasi di kulit bagian dalam hidung. Untuk menyembuhkannya, orangtua bisa memulaskan petroleum jelly( atau lebih dikenal dengan vaseline)ke hidung untuk melembabkan lubang hidung.

Agar si kecil tidak kebiasaan mengupil, orangtua harus mengubah kebiasaannya terlebih dahulu. Jangan mengupil depan si kecil.
Jika si kecil tetap hobi mengupil, katakan bahwa membersihkan hidung cukup sekali dalam sehari.

4. Memutar-mutar dan menarik rambut
Kebiasan buruk dari anak perempuan adalah memutar rambut lalu menariknya. Menarik rambut sangat membahayakan, karena dapat membuat kebotakan. Jika anak melakukan hal ini, sebaiknya konsultasikan ke dokter.

5. Memainkan Kelaminnya
Beberapa anak senang memainkan bagian kemaluannya. Untuk balita, Anda bisa menyingkirkan tangannya dari kelaminnya dan katakan jangan lakukan hal itu.
Tapi untuk anak-anak katakan, mereka hanya bisa menyentuhnya saat di kamar mandi ( membersihkan diri) .
Hindari memberikan peringatan yang keras, karena mereka belum mengerti jika perilakunya tidak sopan.

Salam

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

43 responses »

Comment navigation

  1. bunda iqbal says:

    ada satu kebiasaan buruk anak saya kl kemauannya ga diturutin suka ngamuk sampe berguling2 dilantai, kdg sampai malu dan kesel dibuatnya, harus dibujukin lama banget baru mo diam… gimana ya..

  2. Necky says:

    kebiasaan ajif saat ini adalah suka marah2 bunda…semoga aja ga keterusan sampai dewasa nanti yah….kohon doanya

  3. epay says:

    naafi suka ngupil, cuma kayanya saya malah jarang, dilarang-larang malah susah deh bun, malah nyengajain diolesin ke baju saya^^’

  4. mey says:

    alhamdulillah…kbetulan aq tdk sampai mngalaminya bun.
    cm adekku yg kbiasaan dr kecil stiap mau tidur hrs ngisap jempol dl. saking sulitnya dirubah, br bs berhenti saat dia sdh ikut pndidikan Polisi🙂 malu kali dia ya bun hihihi

  5. muamdisini says:

    wah…sampe sekarang saya masih suka mengupil bunda…
    kebiasaannya jadi menular ke aisyah…haduuuuh salah ini yah bunda….

  6. lozz akbar says:

    saya ampe sekarang juga masih sering gigit kuku dan ngupil Bun.. apa ini karena kebiasaan saat kecil ya

  7. yustha tt says:

    Sy kdg msh gigitin kuku or muter2 rambut Bun kalo lg stress atau resah. Kalo sadar, kaget sendiri n kuhentikan. Tp kdg gk sadar mulai lg…

  8. Tips17 says:

    Bella punya kebiasaan gigit kuku nich. Kalau sudah ngantuk juga isep jari sambil megang udhel je…
    terima kasih artikelnya yang bermanfaat

    salam hangat dari Surabaya

  9. Mama Rani says:

    Saya punya ponakan, umurnya 1 tahun.. Kalau diajak ngomong gitu dia suka tanggapinnya sambil ngupil…hihi.. dilarang eh dianya marah😀

  10. Nchie says:

    Olive sukanya gigitin plastik..
    Kalo abis makan apa gitu yang di bungkus plastik..
    Pasti deh nyam2 di kunyah2..

    Bun Sukaati deket dari rumah paling 20 menitan *ga macet*
    Kalo nginep,kabar2in bun..
    Pengen kopdar..

  11. rumah dijual says:

    Iya bener bgt tuh Bun…aq punya keponakan, dya sering gigt jempolnya n memutar-memutar rambutnya. Tapi susah bgt dikasih taunya,,hehehe..namanya juga anak kecil ya Bunn:)

  12. Krezna says:

    Kebiasaan buruk memang harus dihilangkan sejak dini, daripada jadi keterusan mpe gedhe

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s